Bundle Branch Block: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 625.305 orang

Bundle Branch Block adalah suatu kelainan jantung berupa hambatan kondisi listrik hingga terputusnya konduksi kelistrikan jantung antara ventrikel jantung kiri atau kanan. 

Terjadinya bundle branch block adalah karena ventrikel kanan atau kira tidak traktivasi impuls cabang. Kondisi dapat menyebabkan sesorang mengeluh nyeri dada yang hebat hingga jatuh pingsan.

Banyak orang tidak mengerti jenis penyakit jantung. Jantung sendiri merupakan organ vital yang ada di dalam tubuh kita. Jantung terdiri dari empat ruang penting yaitu ventrikel kanan dan kiri, serta atrium kanan dan kiri. 

Antara atrium dan ventrkel terdapat katup yang berfungsi sebagai sistem buka tutup antara dua ruang. Jantung berfungsi memompa darah dari dan ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah besar yang menuju pada organ jantung. 

Aliran konduksi listrik di jantung dpaat dijadikan sarana untuk merekam listrik jantung dengan alat EKG sehingga dokter dapat memantau kondisi jantung dan melihat adanya gangguan.

Kelistrikan jantung dimulai dari SA node di jantung. Konduksi listrik dilanjutkan dari SA node menuju ke AV node, dan dilanjutkan ke serabut purkinje. Listrik jantung terus dialiri ke serabut sehingga menunjukkan hasilnya pada perekaman EKG. 

Masalah yang timbul pada Bundle Branch Block adalah terjadi hambatan hingga hentinya konduksi yang terdapat di serabut purkinje.

Gejala Bundle Branch Block

Gejala yang dialami pada penderita dengan kondisi Bundle Branch Block jantung antara lain

  • Nyeri dada yang sangat hebat
  • Hilang kesadaran
  • Terasa ingin pingsan

Terjadinya Bundle Branch Block memang tidak memiliki gejala yang cukup banyak, biasanya seseorang dinyatakan memiliki Bundle Branch Block melalui pemeriksaan oleh dokter di rumah sakit.

Penyebab dan jenis Bundle Branch Block

Bundle Branch Block terdiri dari 2 jenis yaitu Left Bundle Branch Block dan Right Bundle Branch Block

Left Bundle Branch Block (blok cabang berkas kiri)

  • Blokade pada sisi kiri biasanya disebabkan oleh infark miokard, hipertensi, infeksi jantung miokarditis, dan kardiomiopati

Right Bundle Branch Block (blok cabang berkas kanan)

  • Blokade pada sisi kanan disebabkan oleh infark miokard, gangguan jantung kongenital, emboli pulmonal akibat penggumpalan darah dari paru-paru, hipertensi pulmonal, dan miokarditis.

Penyebab di atas merupakan jenis penyakit yang digolongkan sesuai dengan lokasi terjadinya Bundle Branch Block. Resiko terjadinya Bundle Branch Block ini dapat meningkat seiring bertambahnya usia serta riwayat hipertensi dan jantung yang tidak terkontrol.

Diagnosis Bundle Branch Block

Untuk mendiagnosis Bundle Branch Block diperlukan beberapa pemeriksaan jantung seperti:

EKG

  • EKG atau elektrokardiogram berfungsi untuk merekam kelistrikan organ jantung dan mendeteksi adanya kelainan yang menyebabkan perubahan gambar kelistrikan jantung .

Echocardiogram

  • Echocardiogram melakakan sarana gelombang suara untuk menangkap gambaran denyut jantung serta strukturnya dan mendeteksi adanya penebalan otot jantung atau bukaan katup jantung yang tidak bormal.

Komplikasi dari Bundle Branch Block

Komplikasi yang paling berat dari timbulnya Bundle Branch Block pada jantung adalah denyut jantung yang semakin lemah dan dapat memicu henti jantung mendadak

Penanganan Bundle Branch Block

Penanganan penyakit jantung dinilai dari pemeriksaan fisik dan hasil pemeriksaan radiologi echo atau kelistrikan sehingga terapi yang tepat dapat dipilih untuk mengatasi gangguan. Pada Bundle Branch Block terdapat penanganan serta pengobatan yang dapat diberikan antara lain:

Obat hipertensi

  • Obat hipertensi dipilih guna menurunkan tekanan darah sehingga daya kerja jantung dalam memompa darah menjadi berkurang dan menstabilkan tekanan pada pembuluh darah.

Angioplasti

  • Apabila belum menunjukkan perbaikan maka tindakan angioplasti koroner perlu dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah sehingg darah dapat mengalir dengan mudah.

Cardiac Resynchronization

  • Terapi jenis ini juga digunakan pada aritmia jantung. Terapi ini dilakukan dengan memasukan implan pacemaker yang terkoneksi dengan monitor untuk merekam denyut jantung. Dengan alat ini maka denyutan dari kedua bagian jantung dapat tersinkronisasi dengan baik.

Mencegah Bundle Branch Block

Hal mudah yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya Bundle Branch Block pada jantung kita yaitu:

  • Berhenti merokok
  • Olahraga dengan teratur
  • Kurangi makanan berkolesterol tinggi
  • Tangani hiprtensi dan gangguan lain yang dapat memicu serangan jantung. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit