Kehamilan

Operasi Kehamilan Ektopik

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 2, 2019 Waktu baca: 3 menit
Operasi Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kelainan pada kandungan dimana kehamilan terjadi di luar uterus. Kehamilan ektopik jarang sekali terjadi di Indonesia. Pada hampir 95% kelahiran, terjadi 5% kehamilan ektopik. Sel ovum yang diimplantasikan di luar uterus dapat menimbulkan resiko kegawatdaruratan yang berat bagi sang ibu. 

Letak kehamilan yang ruptur dapat beresiko mengalami pendarahan berat dan sakit di daerah perut. Kondisi tersebut disebut kehamilan ektopik terganggu. Penanganan untuk kehamilan ektopik dilihat dari lokasi dan ukuran sel telur yang dibuahi di luar rahim. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Sasaran utama penyembuhan kehamilan ektopik adalah mengatasi kondisi abnormal perkembangan janin dengan rangkaian jenis operasi. Penanganan kehamilan ektopik dapat disertai resiko baik ringan ataupun berat. 

Pada proses kehamilan normal,  sel sperma akan masuk ke tuba falopi dan bertemu sel telur. Sel telur yang telah dibuahi akan menuju uterus dan perkembangan janin akan terbentuk.

Pada saat yang sama hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) akan meningkat di darah dan urin. Hasil akan semakin meningat hingga usia kehamilan 10 minggu. Kondisi ini tidak terjadi pada kehamilan ektopik. 

Pada kehamilan ektopik, pembuahan malah terjadi diluar uterus. Tidak ada peningkatan nilai HCG pada usia kehamilan muda pada penyakit kehamilan ektopik.  Pembuahan akan terjadi paling banyak di tuba falopi. Kondisi lain terjadi di rongga perut, serviks.

Kehamilan ektopik sering terjadi pada kehamilan kedua yang mencapai 80%, selain itu hamil di usia tua memberikan resiko 2 kali terserang kehamilan ektopik. 

Faktor internal juga sering menyebabkan kondisi ini, seperti infeksi tuba, kelainan endometrium kongenital, saluran tuba yang tidak teratur, atau adanya massa tumor di sekitar uterus, Penggunaan pil KB yang memiliki kadar progesteron yang tinggi menyebabkan resiko kehamilan ekstopik bila terjadi pembuahan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Gejala Kehamilan Ektopik

Keluhan utama yang timbul pada seseoang dengan kehamilan ektopik antara lain:

  • Pendarahan
    Pada kehamilan ektopik, akan muncul bercak (spotting) darah atau pendarahan ringan dengan warna lebih gelap yang keluar dari vagina. Amenorea pendek sebelum pendarahan akut juga sering terjadi. 
  • Nyeri
    Seseorang dengan kehamilan ektopik dapat merasakan nyeri di sekitar perut terutama di sisi kanan atau kiri
  • Pucat
    Kehilangan banyak darah akibat kondsi ini menimbulkan penampilan pucat.
  • Tekanan darah menurun
    Tekanan darah menurun akibat pendarahan yang tidak berhenti, serta disertai nadi yang cepat dan suhu badan menurun (hipotermia)

Tindakan pada Kehamilan Ektopik

Jika dokter menyatakan bahwa kandungan Anda terjadi kehamilan ektopik. Ini pertanda bahwa Anda membutuhkan penanganan segera sebelum terjadi ruptur atau pecah. Pembuahan yang telah pecah di luar uterus dapat menimbulkan pendarahan yang berat dan mengancam jiwa. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan kuldosentesis untuk melihat apakah terjadi pendarahan pada kehamilan ektopik. Diagnosis akhir sebelum mengangkat ektopik adalah dengan laparoskopi

Pada teknik laparoskopi, dokter akan membuat sayatan kecil di bawah perut dan memasukan kamera kecil untuk melihat organ dalam dan menemukan lokasi terjadinya ektopik. 

Penanganan utama adalah dengan teknik operasi antara lain:

  • Salpingostomi
    Salpingostomi adalah metode operasi yang digunakan untuk kehamilan ektopik ringan di daerah tuba falopi. Hasil pembuahan yang berukuran kurang dari 2 sentimeter dapat diangkat dengan teknik salpingostomi.  Tuba dapat dipertahankan dengan hanya mengeluarkan jaringan pembuahan dari tuba.
  • Salpingektomi
    Salpingektomi adalah metode operasi yang dilakukan khusus untuk kehamilan ektopik terganggu. Salpingektomi perlu dilakukan karena pembuahan yang telah pecah menyebabkan pendarahan berat atau kehamilan ektopik yang berulang.

    Hasil pembuahan akan digunting dan diangkat tanpa tersisa sedikitpun. Bekas guntingan akan dijahit sehingga pendarahan dapat berhenti.
  • Fimbraektomi
    Metode ini dilakukan bila kehanilan ektopik terletak di fimbrae atau ujung luar tuba falopi. Metode ini dilakukan bila ukuran pembuahan sangat besar.

Penanganan paska operasi Kehamilan Ektopik

Setelah operasi dilakukan, Anda akan diberikan konseling mengenai pemakaian kontrasepsi. Kontrasepsi berfungsi untuk mencegah pembuahan baru setelah operasi kehamilan ektopik. 

Anda disarankan untuk kontrol 1 bulan setelah operasi untuk memonitor fase penyembuhan dan mencegah adanya komplikasi khusus. Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi berulang dan suplemen zat besi untuk mengatasi anemia.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Perkins KM, et al. (2015). Risk of ectopic pregnancy associated with assisted reproductive technology in the United States, 2001-2011. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4315158/)
Mayo Clinic Staff. (2015). Ectopic pregnancy. (http://www.mayoclinic.com/health/ectopic-pregnancy/DS00622)
Gyn onc home care after your laparotomy. (2017). (http://www.uwhealth.org/healthfacts/gyn-onc/6081.pdf)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app