Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kehamilan

Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.604.251 orang

Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan

Kehamilan adalah kabar menggembirakan bagi banyak orang. Banyak orang tak sabar untuk menunggu buah hati mereka lahir

Namun, usia kehamilan manusia berlangsung rata-rata 9 bulan 10 hari. Anda perlu menunggu kurang lebih selama itu untuk bisa akhirnya bertemu dengan sang buah hati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Namun, jangan khawatir. Meskipun belum bisa melihat secara langsung, Anda dapat mengecek perkembangan janin secara rutin. Berikut adalah tahapan yang bisa Anda harapkan terjadi pada buah hati selama ia berada di dalam kandungan.

Bulan 1

Seiring telur yang dibuahi tumbuh, kantung air ketuban akan mulai terbentuk (amniotic sac) terbentuk di sekitarnya, kantung ini membantu melindungi embrio yang sedang tumbuh.

Plasenta juga berkembang. Plasenta adalah tali pusar pada yang mengantarkan nutrisi dari ibu ke bayi, dan mentransfer zat pembuangan dari bayi.

Wajah primitif akan terbentuk dengan mata berupa lingkaran gelap besar. Mulut, rahang bawah, dan tenggorokan juga mulai terbentuk. Sel darah terbentuk, dan sirkulasi akan dimulai. 

Tabung "jantung" mungil itu akan berdenyut 65 kali semenit pada akhir minggu keempat. Pada akhir bulan pertama, bayi Anda kira-kira 0,5cm - lebih kecil dari sebutir nasi!

Bulan 2

Wajah terus berkembang, telinga mulai terbentuk. Kuncup kecil yang akhirnya tumbuh menjadi lengan dan kaki terbentuk. Jari, jari kaki dan mata juga terbentuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sistem saraf (otak, sumsum tulang belakang dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat) terbentuk dengan baik. Organ pencernaan dan organ sensorik mulai berkembang. Tulang mulai menggantikan tulang rawan. Kepala tampak sangat besar jika dibandingkan dengan bagian tubuh bayi lainnya.

Pada akhir bulan kedua, bayi Anda panjangnya sekitar 3cm dan beratnya sekitar 1/30 ons. Sekitar minggu ke 6, detak jantung bayi Anda biasanya bisa dideteksi. Setelah minggu ke 8, bayi Anda disebut janin dan bukan embrio.

Bulan 3

Lengan, tangan, jari tangan, kaki, dan kaki bayi Anda terbentuk sepenuhnya. Bayi Anda bisa membuka dan menutup kepalan tangan dan mulutnya. 

Kuku tangan dan kuku kaki mulai berkembang dan telinga luar terbentuk. Gigi terbentuk. Organ reproduksi bayi Anda juga berkembang, namun jenis kelamin bayi sulit dibedakan pada ultrasound.

Pada akhir bulan ketiga, bayi Anda terbentuk sepenuhnya. Semua organ termasuk kaki dan tangan sudah terbentuk namun masih belum sempurna. Peredaran darah, hati dan sistem saluran kemih sudah mulai bekerja.

Pada akhir bulan ketiga, bayi Anda panjangnya sekitar 12cm dan beratnya sekitar 1 ons. Karena bayi Anda sudah melewati masa-masa kritis, setelah lewat bulan ke 3, kemungkinan untuk keguguran lebih kecil terjadi dibandingkan dengan trimester pertama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bulan 4

Detak jantung bayi Anda sekarang bisa terdengar melalui instrumen yang disebut doppler. Jari-jari tangan dan jari kakinya sudah terpisah dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, dan rambut terbentuk. 

Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Bayi Anda bahkan bisa mengisap jempolnya, menguap, meregang, dan mengekspresikan wajahnya. Sistem saraf mulai berfungsi. 

Organ reproduksi dan genitalia sekarang telah berkembang sepenuhnya, dan dokter Anda sekarang dapat membedakan jenis kelamin anak Anda. Pada akhir bulan keempat, bayi Anda panjangnya sekitar 24cm dan beratnya sekitar 4 ons.

Bulan 5

Anda mungkin mulai merasa bayi Anda bergerak, karena dia sedang mengembangkan otot dan melatihnya. Gerakan pertama ini disebut quickening

Rambut mulai tumbuh di kepala,bahu dan punggung bayi Anda. Rambut-rambut halus ini disebut lanugo. Pada akhir bulan kelima, bayi Anda panjangnya sekitar 25cm dan beratnya dari 1/4 sampai 1/2 kg.

Bulan 6

Kulit bayi Anda tampak berwarna kemerahan, berkerut, dan pembuluh darah terlihat melalui kulit bayi yang transparan.Kelopak mata mulai berpisah dan mata terbuka.

Bayi merespons suara dengan cara memindahkan atau meningkatkan denyut nadi. Anda mungkin melihat gerakan menyentak jika bayi cegukan

Jika lahir prematur, bayi Anda bisa bertahan setelah minggu ke 23 dengan perawatan intensif. Pada akhir bulan keenam, bayi Anda panjangnya sekitar 30 inci dan beratnya sekitar 1 kilogram.

Bulan 7

Bayi Anda akan terus berkembang dan membentuk cadangan lemak tubuh. Pendengaran bayi Anda sepenuhnya berkembang. Dia sering mengubah posisi dan merespons rangsangan, termasuk suara, rasa sakit, dan cahaya. 

Cairan ketuban mulai berkurang. Pada akhir bulan ketujuh, bayi Anda panjangnya sekitar 35cm dan beratnya 1 sampai 2 kilogram. Jika lahir prematur, bayi Anda akan cenderung bertahan setelah bulan ketujuh.

Bulan 8

Anda mungkin merasa bahwa bayi Anda akan menendang lebih sering. Otak bayi berkembang dengan cepat saat ini, dan bayi Anda bisa sudah bisa melihat dan mendengar dengan lebih baik. 

Sebagian besar sistem internal berkembang dengan baik, namun paru-paru mungkin masih belum matang. Bayi Anda panjangnya sekitar 45cm dan beratnya mencapai 2,5 kilogram.

Bulan 9

Bayi Anda terus tumbuh, paru-paru hampir berkembang sepenuhnya. Refleks bayi Anda sudah baik, bayi Anda bisa berkedip, memejamkan mata, memutar kepala, memegang dengan kuat, dan merespons suara, cahaya, dan sentuhan. 

Pada tahap ini bayi Anda sudah siap menghadapi dunia. Anda mungkin merasa bahwa pergerakan bayi Anda berkurang karena semakin sempitnya rongga di dalam kantung amnion. Posisi bayi Anda berubah untuk mempersiapkan dirinya untuk persalinan. Bayi Anda panjangnya sekitar 45-55cm dan beratnya sekitar 3,5 kilogram.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit