Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Aspirin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.247.888 orang

Aspirin merupakan golongan NSAID yang berfungsi sebagai analgesik (pereda sakit), antipiretik (penurun panas/ demam), dan antiplatelet (menghambat agregrasi platelet). 

Nama lain aspirin adalah asam asetilsalisilat (ASA), aspirin dapat digunakan untuk mengurangi demam, meredakan nyeri ringan sampai sedang, dan pada dosis tertentu dapat menghambat agregrasi platelet.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cara kerja Aspirin

Aspirin memiliki mekanisme cara kerja yang sama dengan golongan NSAID yang lain. Golongan NSAID bekerja dengan menghalangi enzim siklooksigenase (cox 1 dan cox 2). Enzim ini membantu membuat mediator inflamasi dalam tubuh yang disebut prostaglandin. 

Prostaglandin ini akan diproduksi pada tempat-tempat yang mengalami cedera atau kerusakan dan menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Saat efek enzim cox diblok, maka prostaglandin yang diproduksi akan semakin sedikin yang berarti rasa sakit dan peradangan menjadi berkurang. 

Lebih spesifiknya, cox-2 lah yang menghasilkan prostaglandin, sedangkan cox-1 berada alami dalam tubuh yaitu berfungsi untuk melapisi lambung. Dikarenakan asam mefenamat adalah golongan NSAID non selektif, sehingga menghambat cox 1 dan cox 2. 

Hal ini mengakibatkan aspirin memiliki efek samping terhadap gastrointestinal. Oleh karena itu, ketika menggunakan aspirin disarankan untuk makan terlebih dahulu supaya aspirin yang masuk ke dalam lambung tidak langsung bereaksi terhadap permukaan lambung. 

Aspirin sebagai antiplatelet bekerja dengan cara menghambat pembentukan thrombus pada sirkulasi arteri, sehingga mengurangi agregasi platelet.

Manfaat dan efek samping Aspirin

Aspirin bermanfaat untuk meredakan demam dan nyeri ringan sampai sedang dari kondisi nyeri otot sakit gigi, pilek, sakit kepala, pengobatan penyakit stroke dan TIA, pengobatan penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (radang sendi), dan pencegahan infark miokard (penyumbatan otot jantung). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu angioedema, bronkospasma, gangguan gastrointestinal, kemerahan, mual, dll. Bila efek samping ini anda rasakan, segera hubungi dokter. 

Aspirin dikontraindikasikan terhadap pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap obat ini, ulkus peptik aktif, kehamilan (trimester ke -3), anak-anak dibawah 12 tahun, pasien dengan hemophilia atau gangguan hemoragik, asam urat, gangguan ginjal berat atau gangguan hati, dan laktasi.

Dosis dari Aspirin

Aspirin yang  digunakan untuk nyeri dan demam adalah aspirin dengan dosis 325-650 mg pemberian nya dapat digunakan bila diperlukan atau tiap 4-6 jam atau sesuai dengan instruksi dokter. 

Untuk aspirin dengan bentuk salut enterik, dosis yang digunakan adalah 650-1300 mg tiap 8 jam dan tidak diperbolehkan melebihi 3,9 gram/ hari.

Aspirin yang digunakan untuk penyakit stroke iskemik dan TIA diberikan pada dosis 50-325 mg/hari dalam 48 jam kekambuhan stroke atau TIA, kemudian dilanjutkan dengan dosis 75-100 mg/hari.

Untuk penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, aspirin dapat diberikan sampai dosis 3 gram/hari yang dapat dibagi dalam beberapa dosis. Dapat diikuti instruksi dari dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Aspirin sebagai pencegahan infark miokard digunakan dengan dosis 75-325 mg/hari.

Aspirin yang digunakan untuk pemasangan stent memiliki dosis 325 mg yang diberikan 2 jam sebelum pemasangan sten dimulai. Setelah pemasangan stent, dosis yang diberikan aalah 160-325 mg/hari.

Dosis aspirin untuk anak yang mengalami Juvenile Rheumatoid Arthritis, apabila berat badannya <25 kg dosis diberikan sebanyak 60-100 mg/kg/hari tiap 6-8 jam (dengan pemantauan pada serum salisilat 150-300 mcg/mL). Apabila berat badan ≥ 25 kg, dosis diberikan sebanyak 2,4-3,6 gram/hari.

Aspirin untuk anak yang mengalami Penyakit Kawasaki diberikan pada dosis 80-100 mg/kg/hari yang dibagi tiap 6 jam sampai 14 hari dan untuk dosis pemeliharaan 3-6 mg/kg/hari.

Interaksi dari Aspirin

Beberapa obat mungkin berinteraksi dengan aspirin diantaranya adalah acetazolamide; pengencer darah, seperti warfarin, heparin; prednison; metotreksat;  asam valproat; obat herbal, seperti ginkgo biloba

Penggunaan harian NSAID (seperti ibuprofen) dapat menurunkan kemampuan aspirin untuk mencegah serangan jantung/ stroke. Jika anda menggunakan aspirin dosis rendah untuk pencegahan serangan jantung/ stroke, konsultasikan dengan dokter atau apoteker apabila menggunakan obat NSAID. 

Aspirin juga dapat berinteraksi dengan alkohol, analgin, fenilbutazon, kortikosteroid, dan oxyphenbutazone yang dapat meningkatkan risiko luka pada lambung. Aspirin dapat meningkatkan level fenitoin dan dapat menyebabkan asam urat jika digunakan bersama dengan spironolakton. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini