GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Atasi Rasa Nyeri dengan Ibuprofen

Dipublish tanggal: Jul 15, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Atasi Rasa Nyeri dengan Ibuprofen

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ibuprofen adalah obat dalam golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drug) yang bertindak sebagai anti nyeri dan anti inflamasi
  • Selain meredakan rasa nyeri dan peradangan, manfaat ibuprofen juga sering digunakan sebagai obat penurun panas atau demam
  • Ibuprofen yamg tergolong sebagai obat bebas terbatas bisa dibeli tanpa resep dokter. Obat ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, sirup, maupun suntikan
  • Penggunaan ibuprofen umumnya digunakan untuk meredakan rasa nyeri haid, mengatasi sakit gigi ataupun sakit kepala, menurunkan demam dan atasi perdangan, serta mengatasi masalah otot dan sendi
  • Klik untuk mendapatkan ibuprofen atau obat nyeri lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Ketika mengalami rasa nyeri, baik yang disebabkan oleh sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, nyeri otot, radang sendi (arthritis), atau terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh, maka dokter umumnya akan memberikan resep obat yang mengandung ibuprofen.

Apa itu obat ibuprofen?

Ibuprofen adalah obat dalam golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drug) yang bertindak sebagai anti nyeri dan anti inflamasi. Manfaat ibuprofen juga bisa digunakan sebagai obat penurun panas atau demam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ibuprofen bekerja dengan cara menghalangi produksi zat alami prostaglandin dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan rasa sakit. Obat ibuprofen sebenarnya lebih ditujukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri penyebab ketidaknyamanan atas penyakit yang dialami tetapi bukan mengobati penyakit tersebut. 

Ibuprofen umumnya digolongkan sebagai obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter dengan dosis yang disesuaikan. Obat ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, sirup, maupun suntikan. Manfaat ibuprofen yang terbilang aman untuk mengatasi rasa nyeri, demam, dan peradangan (inflamasi) juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

5 Manfaat ibuprofen yang perlu diketahui

1. Meredakan nyeri haid

Rasa nyeri haid terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan mungkin mengganggu aktivitas harian bagi sebagian wanita. Rasa nyeri tersebut muncul akibat kontraksi otot rahim sebelum dan selama menstruasi yang menimbulkan tekanan pada pembuluh darah yang berada di bawahnya dalam melapisi rahim.

Hal itu membuat aliran darah ke rahim menjadi terhenti dan menyebabkan rahim mengeluarkan senyawa tertentu yang memicu peningkatan produksi prostaglandin yang kemudian memicu munculnya rasa sakit dan nyeri. Untuk itu, sebagian wanita membutuhkan obat ibuprofen yang dapat membantu meredakan rasa nyeri tersebut dengan mengurangi produksi prostaglandin ketika menjelang dan selama masa menstruasi berlangsung.

Baca juga: Cara Alami Atasi Nyeri Haid

2. Mengatasi sakit gigi

Rasa nyeri akibat sakit gigi umumnya disebabkan karena gigi berlubang, gusi bengkak, abses gigi, menipisnya enamel gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Untuk membantu mengatasi sakit gigi tersebut terkadang dibutuhkan obat pereda nyeri seperti yang terkandung dalam manfaat ibuprofen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, bisa jadi ibuprofen adalah pilihan yang dibutuhkan sebagai obat pereda nyeri seperti yang terkandung dalam manfaat ibuprofen dalam meredakan nyeri akibat sakit gigi.

3. Menurunkan demam dan mengatasi peradangan

Kemampuan ibuprofen dalam menghambat produksi zat alami prostaglandin juga dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh sehingga mungkin menimbulkan reaksi penyebab infeksi atau kerusakan jaringan pada tubuh.

4. Mengurangi sakit kepala

Ada beragam jenis sakit kepala, seperti sakit kepala hormonal karena sedang hamil atau sedang menstruasi, sakit kepala sebelah/migrain, vertigo, atau sakit kepala lainnya. Untuk membantu mengurangi sakit kepala tersebut, obat sakit kepala dengan kandungan ibuprofen yang dijual bebas di apotek maupun toko obat mungkin dapat membantu.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Sakit Kepala Hormonal

5. Mengatasi masalah otot dan sendi

Manfaat ibuprofen lainnya adalah membantu mengatasi masalah otot dan sendi seperti osteoarthritis (radang sendi) ataupun rheumatoid arthritis (rematik). Penderita radang sendi umumnya akan mengalami pembengkakan terutama pada lutut dan siku karena kerusakan jaringan kartilago yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

Sementara penderita rheumatoid arthritis membutuhkan obat ibuprofen untuk mengurangi efek peradangan yang terjadi sekaligus meringankan rasa nyeri. Kondisi rematik sendiri bisa terjadi karena sistem imun tubuh salah mendeteksi dan menyerang sel tubuh yang sehat tepatnya pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan tersebut.

Demikian manfaat ibuprofen yang perlu diketahui terutama dalam membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang dialami. Perhatikan cara penggunaan obat ibuprofen sesuai dosis dalam resep dokter atau petunjuk pada kemasan dengan benar.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Harvard Health Edu. Is it safe to take ibuprofen for the aches and pains of exercise? (https://www.health.harvard.edu/blog/is-it-safe-to-take-ibuprofen-for-the-aches-and-pains-of-exercise-2017080912185)
MayoClinic. Drugs and Supplements. Ibuprofen (Oral Route). (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/ibuprofen-oral-route/description/drg-20070602)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app