Kesehatan Fisik

Berbagai Fungsi Prostaglandin yang Penting Bagi Tubuh

Untuk mempercepat proses persalinan padahal sudah pecah ketuban, dokter bisa melakukan induksi dengan memberikan obat yang mengandung prostaglandin. Hal ini ditujukan untuk mempercepat persalinan. Kemudian fungsi prostaglandin lainnya dalam sistem reproduksi yaitu:
Dipublish tanggal: Sep 28, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Okt 29, 2019 Waktu baca: 3 menit

Prostaglandin menjadi bagian penting dalam tubuh. Zat dengan struktur kimia seperti hormon inilah yang disebut prostaglandin.

 Zat ini berperan penting dalam proses kontraksi dan relaksasi otot polos, sistem reproduksi, proses penyembuhan luka, kesehatan lambung, dan kesehatan ginjal. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Prostaglandin sendiri sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh. Zat ini dihasilkan oleh lemak dalam tubuh.

Prostaglandin dapat diproduksi oleh tubuh dalam saat-saat tertentu ketika dibutuhkan. Kadar prostaglandin sendiri harus seimbang di dalam tubuh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Fungsi prostaglandin dalam sistem reproduksi

Perlu diketahui bahwa prostaglandin diproduksi selama siklus menstruasi. Peran prostaglandin sendiri selama menstruasi berfungsi untuk mendorong otot rahim agar membantu pengeluaran darah menstruasi. 

Sehingga para wanita yang mengalami menstruasi sering mengalami nyeri haid. Biasanya wanita yang mengalami nyeri haid parah disebabkan oleh kadar prostaglandin yang tinggi. 

Sebaliknya ketika kadar prostaglandin sedikit maka nyeri haid tidak terasa.

Selain berfungsi memperlancar dalam menstruasi, prostaglandin juga memiliki peran untuk memperlebar rahim dan mendorong kontraksi rahim pada ibu hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Untuk mempercepat proses persalinan padahal sudah pecah ketuban, dokter bisa melakukan induksi dengan memberikan obat yang mengandung prostaglandin. Hal ini ditujukan untuk mempercepat persalinan. 

Kemudian fungsi prostaglandin lainnya dalam sistem reproduksi yaitu:

  • Mengatur pendarahan yang berlebihan setelah proses persalinan
  • Terminasi atau mengakhiri kehamilan
  • Mengendalikan kondisi saat duktus arteriosus tetap terbuka setelah bayi

Untuk pria, prostaglandin berfungsi untuk obat yang merangsang terjadinya ereksi atau mempertahankan ereksi. 

Peran prostaglandin dalam pembuahan

Pembuahan bisa terjadi jika sperma dapat bertemu dengan ovarium. Peran prostaglandin dalam pembuahan adalah untuk membantu sperma menuju ovarium.

Peran prostaglandin dalam proses penyembuhan

Ketika bagian tubuh ada yang mengalami luka, maka prostaglandin melakukan perannya untuk membantu penyembuhan luka. 

Berikut adalah peran prostaglandin dalam penyembuhan luka:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Prostaglandin akan melakukan tugasnya dalam menyembuhkan luka atau infeksi dengan proses penyembuhan yang ditandai dengan rasa perih, demam, dan bengkak
  • Prostaglandin akan menstimulasi pembekuan darah dan kontraksi dinding pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan yang terjadi dalam tubuh.

Peran dalam kesehatan lambung

Kandungan prostaglandin akan membuat lambung lebih terjaga kesehatannya. Lambung akan semakin mudah terluka jika kandungan prostaglandin berkurang. Lambung yang sudah terluka dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit serius lainnya.

Peran dalam kesehatan ginjal

Peran prostaglandin dalam kesehatan ginjal sangat penting. Bila ginjal kekurangan prostaglandin maka proses kerja ginjal akan terganggu. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Waspadai efek kekurangan atau kelebihan prostaglandin

Mengingat pentingnya prostaglandin dalam tubuh, Anda harus bisa menjaga kadar prostaglandin agar tetap dalam jumlah yang seimbang dalam tubuh. 

Bila tubuh mengalami kekurangan prostaglandin, maka proses kerja di dalam tubuh akan menurun. Sebagai contoh bila tubuh kekurangan prostaglandin, maka proses penyembuhan luka akan semakin lama. 

Kemudian bila tubuh mengalami kelebihan prostaglandin, maka hal-hal yang bisa terjadi yaitu pendarahan terlalu banyak, nyeri haid yang parah, bahkan bisa menyebabkan kanker

Solusi untuk mengatasi kekurangan prostaglandin, dokter biasanya dapat memberikan obat yang mengandung prostaglandin agar kadar prostaglandin dalam tubuh meningkat. 

Namun bagi yang kekurangan zat ini maka obat yang diberikan berupa obat antiradang untuk mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh. 

Namun bila Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obatan, maka konsumsilah makanan yang kaya asam lemak omega 3 seperti ikan sarden, salmon, kembung, dan tahu dapat menjadi pilihan bagi yang ingin menurunkan kadar prostaglandin. 

Kemudian Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E seperti bayam dan brokoli.

Meski prostaglandin memiliki peran yang penting, namun akan menjadi sebaliknya jika kadar prostaglandin terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

Untuk menjaga kadar prostaglandin tetap seimbang, mulailah dengan mengatur pola makan agar tetap seimbang dan sehat. Selain itu, pilihlah cara memasak yang lebih sehat dengan mengukur atau memanggang daripada menggoreng. 

Bila kadar prostaglandin tidak stabil dan menyebabkan kondisi tubuh tidak sehat maka segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 

Jangan berpikir dua kali untuk memeriksakan kesehatan diri agar tidak terjadi hal-hal lain yang tidak diinginkan.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Common and Rare Side Effects for Prostaglandin E1 (Bulk). WebMD. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3758/prostaglandin-e1-bulk/details/list-sideeffects)
NSAIDs: Examples, side effects, and uses. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/179211.php)
Hemabate Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/hemabate.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app