Nyeri Punggung Bawah - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 7 menit

Nyeri punggung bawah adalah adalah salah satu gejala yang membuat seseorang untuk pergi ke dokter. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS) , nyeri punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling banyak berhubungan dengan pekerjaan. Setidaknya 80 persen orang Amerika akan mengalami nyeri punggung bawah dalam hidup mereka.

Kebanyakan nyeri punggung bawah disebabkan oleh cedera, seperti otot keseleo atau terkilir akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Nyeri punggung bawah juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu, seperti kanker sumsum tulang belakang, bantalan tulang belakang (vertebral disc) yang pecah atau hernia tulang belakang (Herniated disc), sciatica, radang sendi, infeksi ginjal, atau infeksi tulang belakang. 

Nyeri punggung akut dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu, sedangkan nyeri punggung kronis adalah nyeri yang berlangsung lebih dari tiga bulan.

Nyeri punggung bawah lebih sering ditemukan pada seseorang yang berusia 30 hingga 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kandungan cairan pada bantalan di tulang belakang berkurang. 

Bantalan tulang belakang atau yang dikenal dengan vertebral disc lebih mudah mengalami iritasi. Seiring bertambahnya usia, kemampuan otot Anda untuk berkontraksi juga berkurang, sehingga membuat punggung Anda lebih rentan terhadap cedera. 

Inilah sebabnya mengapa memperkuat otot punggung dan menggunakan posisi tubuh yang baik dalam melakukan aktivitas sangat membantu dalam mencegah nyeri punggung bawah.

Apa Penyebab Nyeri Punggung bawah?

Strain/ Terkilir
Otot dan ligamen di punggung dapat meregang atau robek karena aktivitas berlebihan. Gejalanya meliputi rasa sakit dan kekakuan, serta kejang otot di punggung bagian bawah. Istirahat dan terapi fisik adalah solusi untuk mengatasi gejala-gejala ini.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Cedera pada vertebral disc
Disk di belakang yang berfungsi sebagai bantalan tulang belakang Anda rentan terhadap cedera. Risiko ini meningkat seiring bertambahnya usia. Bagian luar disc dapat sobek atau dan keluar yang dikenal dengan istilah herniated disc

Herniated disc terjadi ketika tulang rawan di sekitar disk mendorong sumsum tulang belakang atau akar saraf. Sehingga bantalan atau disk yang seharusnya berada di antara tulang belakang, memanjang di luar posisi normalnya. Hal ini dapat mengakibatkan akar saraf terjepit. 

Cedera pada disk biasanya terjadi secara tiba-tiba setelah mengangkat sesuatu atau memuntir punggung. Tidak seperti strain yang terjadi pada punggung bawah, rasa sakit dari cedera vertebral disc biasanya berlangsung selama lebih dari 72 jam.

Sciatica
Sciatica adalah suatu kondisi ketika saraf sciatic terjepit. Saraf sciatic adalah saraf yang menghubungkan tulang belakang ke kaki. 

Jika saraf ini terjepit, maka akan mengakibatkan kondisi kesehatan yang dikenal dengan istilah sciatica. Sciatica dapat menyebabkan nyeri pada tungkai dan kaki. Nyeri ini biasanya terasa seperti terbakar, kesemutan dan tertusuk-tusuk jarum.

Stenosis Tulang Belakang
Stenosis tulang belakang adalah kondisi ketika saluran tempat saraf melewati tulang belakang menyempit, sehingga memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf tulang belakang. Stenosis spinal paling sering disebabkan oleh kerusakan disc di antara vertebra. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Tekanan pada saraf tulang belakang menyebabkan gejala seperti mati rasa, kram, dan lemah. Anda mungkin dapat merasakan gejala-gejala ini pada seluruh tubuh Anda. Banyak orang yang mengalami stenosis spinal menemukan bahwa gejala mereka memburuk saat mereka berdiri atau berjalan.

Lengkungan Tulang Belakang yang Abnormal
Scoliosis, kyphosis, dan lordosis adalah beberapa kondisi yang menyebabkan kelengkungan tulang belakang tampak tidak normal. Kondisi-kondisi ini adalah kelainan bawaan dan biasanya ditemukan pertama kali ketika pasien masih berusia anak-anak dan remaja. Kelengkungan yang abnormal memberi tekanan pada otot, tendon, ligamen, dan tulang belakang sehingga menyebabkan nyeri dan postur yang buruk.

Kondisi lain
Ada sejumlah kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah. Kondisi-kondisi ini termasuk radang sendi, fibromyalgia (nyeri pada sendi, otot, dan tendon yang berlangsung lama), spondylitis (radang pada sendi di antara tulang belakang), dan spondylosis (gangguan degeneratif yang dapat menyebabkan hilangnya struktur dan fungsi normal tulang belakang).

Masalah ginjal dan kandung kemih, kehamilan, endometriosis, kista indung telur, fibroid rahim, dan kanker juga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

Bagaimana Mendiagnosis Nyeri Punggung Bawah?

Kebanyakan dokter dapat memulai dengan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan posisi timbulnya rasa sakit. Pemeriksaan fisik juga dapat menentukan apakah rasa sakit dapat mempengaruhi rentang gerak Anda. 

Dokter Anda juga dapat memeriksa refleks Anda dan respons Anda terhadap sensasi tertentu. Pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dapat menentukan apakah nyeri punggung bawah Anda mempengaruhi saraf.

Jika Anda memiliki tanda-tanda kelemahan pada tungkai, dokter mungkin akan memantau kondisi Anda selama beberapa minggu sebelum menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dilakukan karena sebagian besar nyeri punggung bawah bisa sembuh menggunakan perawatan mandiri sederhana.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tertentu seperti tidak dapat menahan BAB atau BAK, kelemahan pada tungkai, demam, nyeri punggung bawah Anda berlanjut setelah perawatan di rumah dan penurunan berat badan tanpa direncanakan, Anda perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini yang muncul bersamaan dengan nyeri punggung bawah.

Tes pencitraan seperti sinar-X, CT scan, ultrasound, dan MRI mungkin perlu dilakukan sehingga dokter Anda dapat memeriksa masalah tulang, masalah vertebral disk, atau masalah dengan ligamen dan tendon di punggung Anda.

Jika dokter Anda mencurigai adanya masalah dengan tulang di punggung Anda, mereka mungkin mengirim Anda untuk pemindaian tulang atau tes kepadatan tulang.

Pemeriksaan Elektromiografi (EMG) atau tes konduksi saraf dapat membantu mengidentifikasi masalah dengan saraf Anda.

Apa Pilihan Perawatan untuk Mengatasi Nyeri Punggung bawah?

Perawatan di rumah
Perawatan di rumah sangat membantu dalam 72 jam pertama setelah rasa sakit muncul. Jika rasa sakit tidak membaik setelah 72 jam menjalani perawatan di rumah, Anda harus segera pergi ke dokter.

Hentikan semua aktivitas fisik Anda selama beberapa hari. Anda dapat meletakan es pada punggung bawah Anda. Dokter umumnya merekomendasikan penggunaan es selama 48 hingga 72 jam pertama, kemudian beralih ke terapi panas. Protokol RICE (Rest / istirahat, Ice/ es, Compress/ kompresi, dan Elevate / angkat) direkomendasikan dalam 48 jam pertama.

Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen ( Advil , Motrin IB ) atau acetaminophen ( Tylenol ), untuk menghilangkan rasa sakit.

Terkadang berbaring telentang menimbulkan lebih banyak ketidaknyamanan. Jika demikian, cobalah berbaring miring dengan lutut ditekuk dan bantal di tempatkan antara kaki Anda. Jika Anda bisa berbaring dengan nyaman, letakkan bantal atau handuk gulung di bawah paha untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

Mandi air hangat atau pijatan seringkali dapat merilekskan otot punggung yang kaku.

Perawatan medis
Nyeri punggung bawah dapat muncul bersamaan dengan sejumlah kondisi yang berbeda, seperti otot tegang, kelemahan otot, saraf terjepit, dan posisi sumsum tulang belakang yang tidak sejajar. 

Ada beberapa perawatan medis yang dapat dilakukan yang meliputi pemberian obat-obatan, penggunaan alat-alat medis, dan terapi fisik. Dokter Anda akan menentukan perawatan apa yang tepat untuk Anda berdasarkan gejala yang Anda alami.

Beberapa obat yang mungkin diresepkan dokter Anda termasuk pelemas otot, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat narkotika seperti kodein untuk menghilangkan rasa sakit, steroid untuk mengurangi peradangan, dan suntikan kortikosteroid.

Dokter Anda mungkin juga menganjurkan Anda untuk menjalani terapi fisik, yang meliputi pijat, peregangan, latihan penguatan otot, dan manipulasi otot punggung dan tulang belakang.

Operasi
Untuk kasus yang parah, pembedahan mungkin diperlukan. Pembedahan biasanya hanya dipilih ketika semua perawatan lain gagal. Pembedahan juga dapat dilakukan pada beberapa kondisi darurat seperti tidak dapat menahan BAB atau BAK dan kehilangan fungsi saraf secara progresif.   

Diskektomi adalah suatu prosedur operasi yang dilakukan untuk mengurangi tekanan pada akar saraf akibat penekanan oleh vertebral disk yang menonjol atau taji tulang. Dokter bedah akan mengeluarkan sepotong kecil lamina yang merupakan bagian tulang dari tulang belakang.

Foraminotomy adalah prosedur bedah yang dilakukan dengan cara membuka foramen. Foramen adalah lubang tulang di kanal tulang belakang tempat akar saraf keluar.

Terapi electrothermal intrapadiscal (IDET) dilakukan dengan cara memasukkan jarum melalui kateter ke dalam vertebral disk dan memanaskannya selama 20 menit. Proses ini membuat dinding vertebral disk lebih tebal sehingga dapat mengurangi tonjolan vertebral disk bagian dalam dan mengurangi iritasi saraf.

Nukleoplasti menggunakan alat mirip tabung yang dimasukkan melalui jarum ke dalam vertebral disk. Tabung tersebut kemudian dapat menghilangkan bagian dalam dari vertebral disk. kemudian menggunakan gelombang radio untuk memanaskan dan mengecilkan jaringan.

Lesi atau ablasi frekuensi radio adalah cara untuk menggunakan gelombang radio untuk mengganggu bagaimana saraf berkomunikasi satu sama lain. Seorang ahli bedah memasukkan jarum khusus ke dalam saraf dan memanaskannya, hal ini dilakukan bertujuan untuk menghancurkan saraf.

Fusi tulang belakang membuat tulang belakang lebih kuat dan mengurangi gerakan yang menimbulkan nyeri. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat vertebral disk di antara dua atau lebih tulang belakang. Dokter bedah kemudian menyatukan tulang belakang dengan cangkok tulang atau sekrup logam khusus.

Laminektomi tulang belakang, juga dikenal sebagai dekompresi tulang belakang, menghilangkan lamina untuk membuat ukuran kanal tulang belakang lebih besar. Prosedur ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Nyeri Punggung bawah?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya nyeri punggung bawah. Melakukan pencegahan juga dapat membantu mengurangi keparahan gejala Anda jika Anda memiliki cedera punggung bagian bawah. 

Pencegahan dapat dilakukan dengan melatih otot-otot di perut dan punggung Anda, menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, mengangkat barang dengan posisi yang benar (menekuk lutut dan memusatkan beban di paha bukan di punggung), dan mempertahankan postur yang tepat.

Tidur di permukaan yang keras dan duduk di kursi yang mendukung tinggi badan Anda. Menghindari menggunakan sepatu hak tinggi. Jika Anda merokok, Anda harus berhenti, karena nikotin menyebabkan degenerasi vertebra disc dan juga mengurangi aliran darah.


55 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kevin Martinez, M.D., lower back pain (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327131.php), 26 November 2019.
William C. Shiel Jr., MD, FACP, FACR, lower back pain (https://www.medicinenet.com/low_back_pain/article.htm).

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app