Nivolumab: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 21, 2019 Waktu baca: 3 menit

Nivolumab merupakan jenis obat kemoterapi yang digunakan untuk menangani terapi penyakit kanker. Obat ini merupakan imunoterapi yang menargetkan sel kanker dengan cara memblokade aktivitas protein sel kanker. Nivolumab berguna sebagai terapi penyakit kanker seperti kanker kandung kemih, kanker ginjal, dan limfoma.

Nivolumab bekerja langsung bekerja reseptor protein PD-1 (Programmed death) . PD-1 terletak di sel membran dan terdiri dari limfosit CD4 dan CD8, Limfosit B, sel NK (natural Killer), dan sel T regulator. PD-1 berperan penting dalam mengontrol aktivitas Sel T dalam proses inflamasi. PD-2 juga berinteraksi dengan PD-1 dalam menghambat fungsi sel T.  Kondisi ini menimbulkan aktivasi mediasi respon imun dalam melawan sel kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Kegunaan obat Nivolumab

Nivolumab banya digunakan untuk mengobati kanker. Nivolumab mengganggu sinyal sel kanker yang digunakan untuk membelah diri dan mendeteksi perkembangan sel kanker di sistem imun. Beberapa jenis penyakit kanker yang dapat diobati dengan nivolumab sebagai imunoterapi antara lain:

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru tiper NSCLC (Non-small cell lung cancer) adalah jenis kanker paru-paru dengan tipe sel karsinoma yang menyerang kelenjar adrenal (adenocarcinoma). Kondisi ini banyak ditemukan pada perokok dan banyak terjadi pada wanita dibanding pria.

Selain itu ada juga tipe karsinoma sel skuamosa, sel kanker jenis ini menyerang organ bronkus di paru-paru

Kanker paru tipe NSCLC akan tumbuh dan menyebar dengan mudah hingga merusak fisiologis paru-paru. Gejala yang ditimbulkan antara lain:

  • Batuk kering
  • Batuk berdarah
  • Sesak napas
  • Terdengar suara mengi saat bernapas
  • Serak
  • Nyeri tulang
  • Infeksi saluran napas berulang

Limfoma Hodgkin

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Limfoma adalah suatu penyakit keganasan pada kelenjar getah bening di dalam tubuh. Limfoma dibagi menjadi limfoma hodgkin dan nonhodgkin. Pada limfoma hodgkin ini akan menimbulkan gejala yang secara perlahan dapat menyebabkan mematikan terutama pada jenis kelamin laki-laki berusia kurang dari 60 tahun apabila tidak ditangani segera.

Limfoma hodgkin disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker di kelenjar limfa. Sel ini sangat sulit dikendalikan penyebarannya sehingga harus ditangani dengan segera. Perkembangan sel dari limfa akan menimbulkan metastase dari sel limfosit B yang bertugas sebagai sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi yang berkembang secara tidak normal.

Gejala yang dialami pada penderita limfoma hodgkin antara lain:

  • Demam
  • Cepat lelah
  • Berat badan menurun
  • Pembesaran hati
  • Gatal

Melanoma maligna

Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang dan menyerang kulit. Perkembangan sel terjadi di melanosit tempat terbentuknya melanin untuk mencegah kerusakan kulit dari sinar ultraviolet

Gejalanya tidak khas dan terkadang seperti adanya tahi lalat yang muncul tiba-tiba dan semakin lama semakin membesar hingga menyebar ke jaringan kulit lainnya. Melanoma terjadi di bagian tubuh seperti wajah, tangan, dan kaki. Penyebab terjadinya melanoma disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet sehingga berpengaruh pada perkembangan sel pigmen kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Efek Samping Nivolumab

Obat nivolumab memberikan efek samping pada hampir 30% pengguna. Efek samping dapat berlangsung cepat atau terjadi setelah siklus pengobatan selesai. Efek samping yang dapat timbul antara lain:

Dosis Dan Cara Pakai Nivolumab

Obat nivolumab tersedia dalam injeksi intravena. Obat ini diadministrasikan selama 60 menit dan diberikan selama 2 minggu. Dosis dan lama pemberian juga disesuaikan dengan kondisi penyakit. Dosis juga ditentukan berdasarkan adanya penyakit lain atau adanya obat yang digunakan selain pemberian imunoterapi nivolumab.

Pemberian nivolumab yang dikombinasikan dengan ipilimumab dapat membantu proses penatalaksanaan pada terapi melanoma maligna terutama melanoma stage III dan stage IV ( sel kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lainnya).  

Terapi adjuvan lainnya juga dapat membantu mengalahkan pertumbuhan sel kanker.  Pemberian nivolumab tidak dapat memastikan penyembuhan secara total, tetapi ini membantu pasien dengan kanker agar dapat hidup lebih lama karena obat ini dapat membentuk sel imun T sel sehingga dapat menyerang sel kanker.


10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Favorable Five-Year Survival Reported For Patients With Advanced Cancer Treated With The Immunotherapy Drug Nivolumab. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/news/newsroom/news-releases/favorable-five-year-survival-reported-for-patients-with-advanced-cancer-treated-with-the-immunotherapy-drug-nivolumab)
Nivolumab: A Review in Advanced Nonsquamous Non-Small Cell Lung Cancer. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27189706)
Nivolumab in NSCLC: latest evidence and clinical potential. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4346216/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app