Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Ketahui Mulut Kering dan Cara Menanganinya

Update terakhir: SEP 22, 2019 Tinjau pada SEP 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.101.360 orang

Apakah Mulut Kering Mengganggumu? Ketahui Penyebabnya Serta Cara Menanganinya

Mulut kering atau disebut juga dengan xerostomia, merupakan suatu kondisi di mana rongga mulut terasa lebih kering dari biasanya. Kondisi ini dialami dengan aliran air ludah yang berkurang.

Biasanya juga dialami ketika dehidrasi, cemas, gugup, dan banyak penyebab lainnya. Terkadang mengonsumsi obat-obatan juga dapat menjadi penyebabnya. Mungkin kondisi ini sangat mengganggu bagi sebagian orang.

Kondisi ini tidak dapat diremehkan karena mungkin saja disebabkan karena penyakit serius yang diderita. Gangguan kesehatan ini tidak jarang juga disebabkan oleh gangguan sarafgt;kepala dan cedera leher.

Beberapa gejalanya antara lain mulut dan tenggorokan terasa kering, sering merasa haus, air liur yang kental, bau mulut, bibir kering, sulit mengunyah dan menelan, nyeri di dalam mulut, gangguan indera pengecap, dan lainnya.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda sehingga perlu bantuan dokter untuk menangani masalah ini.

Penyebab Mulut Kering

Ada beberapa penyebab yang membuat kondisi mulut menjadi kering. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu juga karena kelenjar air liur tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup. Misalnya karena pengobatan kemoterapi yang mempengaruhi produksi air liur.

Penyebab lainnya adalah hidung tersumbat sehingga penderita harus bernapas melalui mulut. Kebiasaan merokok dan minum minuman keras yang berlebihan, sering mengonsumsi obat-obatan. Karena beberapa obat tertentu memberikan efek samping sehingga mulut menjadi kering. Seperti obat-obatan yang dapat mengatasi masalah depresi, neuropati, atau penawar rasa sakit.

Kondisi mulut ini juga tidak terlepas karena penderita dehidrasi, mungkin karena demam, diare, dan lain-lain. Selain itu karena usia, biasanya orang yang lebih tua sering mengalami gangguan kesehatan sehingga dapat menjadi penyebab mulut kering ini. Kondisi kesehatan lainnya yaitu karena HIV/AIDS, stroke, alzeimer, dan lain-lain.

Pengobatan untuk Mulut Kering

Ketika mengalami kondisi mulut yang kering ini sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Dokter akan memeriksa kondisi mulut dan riwayat medis Anda karena mungkin saja disebabkan oleh penggunaan obat. Dokter bisa membantu mengurangi dosis atau mengganti dengan obat lainnya.

Pengobatan yang dilakukan setiap penderita berbeda-beda karena banyaknya penyebab dan tingkatannya. Misalnya untuk kondisi ringan dapat diatasi dengan sering berkumur. Hindarilah obat kumur yang mengandung alkohol karena justru dapat memperparah kondisi.

Beberapa pemeriksaan harus Anda jalani untuk mengetahui penyebab pastinya. Salah satunya adalah tes darah dan tes usure produksi air liur untuk mengetahui apakah produksi air liur cukup.

Bahkan bagi Anda yang mengidap xerostomia dapat diduga karena sjogren’s syndrome yang merupakan penyakit autoimun yang bisa mempengaruhi kelenjar air mata dan kelenjar ludah. Sehingga dokter harus mengambil sampel biopsi untuk diuji.

Pengobatan yang bisa dilakukan di rumah

Salah satu yang dapat membantu untuk mengatasi mulut kering sendiri di rumah yaitu dengan merubah gaya hidup sehat. Caranya antara lain dengan menjaga agar mulut tetap lembab dengan minum air putih yang cukup. Karena terkadang kurang minum menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Cara sepele namun efeknya sangat baik bagi kesehatan. Penderita perlu berhati-hati dengan minuman dan makanan yang mengandung gula.

Lalu, selalu jaga agar bibir selalu lembab dan mulut selalu terasa sejuk. Anda bisa menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride. Selalu lakukan kunjungan rutin kepada dokter untuk mencegah mulut yang kering serta kerusakan gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Anda juga dapat mengonsumsi es batu dan permen karet yang tidak mengandung gula. Mengunyah permen karet dapat menstimulasi kelenjar air liur agar dapat memproduksi air liur yang cukup untuk mulut.

Namun jika penanganan di rumah tidak dapat mengatasinya, maka pilihan terakhir Anda tetap harus datang kepada dokter.

Kondisi memang sangat mengganggu. Beberapa gejalanya dapat membuat Anda tidak nyaman. Ketika mengalaminya Anda harus tanggap apakah itu gangguan kesehatan biasa atau tidak. Karena kondisi ini sendiri juga disebabkan oleh beberapa penyakit serius. Anda harus selalu waspada akan gejala-gejala yang ditimbulkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit