Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Fisik

Manfaat Susu Beruang untuk Tipes, Apakah Efektif?

Update terakhir: OCT 16, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.168.825 orang

Manfaat Susu Beruang untuk Tipes, Apakah Efektif?

Saat didiagnosis terkena penyakit tipes, dokter biasanya menyarankan Anda untuk banyak istirahat dan 'libur' sementara dari aktivitas. Hal ini bertujuan agar demam dan gejala tipes lainnya segera mereda, sehingga tubuh pun lebih cepat pulih. Selain itu, Anda mungkin juga disarankan untuk minum susu beruang. Sebab katanya, merek susu yang satu ini dapat membantu mengobati tipes. Memangnya, seberapa besar manfaat susu beruang untuk tipes?

Sekilas tentang penyakit tipes

Demam tifoid atau tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Ketika berhasil masuk ke dalam tubuh, bakteri Salmonella tadi akan menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, dan sembelit atau diare.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Ciri-ciri dan gejala tipes berkembang secara bertahap, biasanya baru muncul 1-3 minggu setelah bakteri masuk ke tubuh. Ini sebabnya, jangan sepelekan gejala demam yang terjadi selama berhari-hari. Apalagi jika disertai dengan sakit perut dan diare.

Baca Selengkapnya: Ciri-Ciri dan Gejala Tipes yang Mudah Dikenali

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab tipes adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Karena itulah, Anda harus lebih cermat dalam memilih makanan dan pastikan makanan tersebut tidak terkontaminasi bakteri sebelum dikonsumsi.

Begitu juga setelah positif terkena tipes, tentunya tidak semua makanan bisa Anda konsumsi. Alih-alih menyembuhkan, salah pilih makanan justru bisa memperburuk gejala tipes yang Anda alami.

Anda mungkin sudah sering mendengar anjuran dari orang-orang di sekitar mengenai beberapa obat tipes alami. Ada yang menyarankan minum obat cacing, lalu ada pula yang menganjurkan minum susu beruang. Katanya, susu beruang dapat membantu mengobati gejala tipes.

Baca Juga: Apakah Kapsul Cacing Bisa Mengobati Tipes?

Nah, sebelum mengupas fakta soal manfaat susu beruang untuk tipes, sebaiknya ketahui dulu kandungan gizi dalam susu beruang.

Apa saja kandungan gizi dalam susu beruang?

Sebetulnya, kandungan nutrisi dalam susu beruang tak jauh berbeda dengan jenis susu pada umumnya. Meski namanya susu beruang, jenis susu ini tetap terbuat dari susu sapi namun cenderung rendah lemak, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai jenis kandungan yang terdapat di dalam satu kaleng susu beruang di antaranya:

  • Maltodekstrin
  • Sari malt
  • Gula
  • Pati modifikasi
  • Pemantap nabati
  • Kalsium karbonat
  • Premiks vitamin
  • Perisa identik alami malt

Susu beruang juga mengandung banyak protein, vitamin, dan lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilihat dari kandungan gizinya, sekaleng susu beruang mengandung:

  • 7 gram lemak total
  • 6 gram protein
  • 9 gram karbohidrat
  • 115 mg natrium
  • Vitamin A
  • Berbagai jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Mineral
  • Kalori

Manfaat susu beruang untuk tipes, apa benar efektif?

Ketika mengalami demam tinggi, tidak semua orang akan langsung tergerak untuk periksa ke dokter guna memastikan gejalanya. Kebanyakan orang memilih untuk menurunkan demamnya dengan cara yang lebih alami terlebih dahulu. Salah satunya dengan minum susu beruang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Ya, banyak orang percaya bahwa manfaat susu beruang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Atas dasar inilah, susu beruang diyakini bisa menjadi salah satu obat tipes alami yang manjur. Namun, apa benar begitu?

Baca Juga: 20 Obat Tipes Tradisional Paling Ampuh

Pada dasarnya, penderita tipes boleh saja minum susu. Akan tetapi, tentu tidak semua jenis susu boleh dikonsumsi. Kalau Anda ingin minum susu saat tipes, pilihlah susu steril yang sudah dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu menggunakan uap panas hingga titik didih 110 derajat Celcius. Beda dengan sterilisasi, proses pasterurisasi ini dilakukan untuk mengurangi jumlah patogen yang dapat memicu penyakit. Menurut sebuah studi dalam jurnal Germs tahun 2012, pasteurisasi adalah cara terbaik untuk menghilangkan bakteri Salmonella typi dan Salmonella paratyphi, alias bakteri penyebab tipes dan paratifus.

Nah, susu beruang ternyata dibuat dengan cara dipasteurisasi. Hal inilah yang membuat susu beruang aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita tipes. Lalu, apa saja manfaat susu beruang untuk tipes?

Melansir dari laman drhealthbenefits.com, susu beruang diam-diam menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Mulai dari membilas racun dan bakteri dalam tubuh, mempercepat pemulihan tubuh, hingga mengatasi gejala tipes.

Namun di sisi lain, manfaat susu beruang untuk tipes secara spesifik masih belum diketahui. Sejauh ini belum ada penelitian khusus yang mampu membuktikan manfaat susu beruang untuk mengobati gejala tipes. 

Perlu dicatat juga bahwa meskipun ampuh mengurangi bakteri penyebab tipes, proses sterilisasi susu juga dapat menghilangkan beberapa vitamin larut air seperti vitamin B dan C. Hal ini tentu saja dapat mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terlebih pada saat Anda terkena tipes.

Namun tak perlu khawatir. Proses sterilisasi susu tidak akan menghilangkan riboflavin (vitamin B2) dan kasein, karena dua nutrisi ini tahan terhadap suhu tinggi. Jadi, Anda masih bisa mendapatkan nutrisi lainnya dari minum susu beruang saat tipes.

Jadi, apa boleh minum susu beruang saat tipes?

Singkatnya, minum susu beruang saat tipes itu boleh-boleh saja. Meskipun manfaat susu beruang untuk tipes belum benar-benar terbukti, setidaknya jenis susu ini dapat membantu menjaga hidrasi tubuh selama sakit tipes.

Yang terpenting, segera habiskan susu beruang begitu Anda membukanya. Tujuannya supaya susu beruang tetap steril dan terhindar dari paparan bakteri yang dapat mengontaminasi susu.

Semakin cepat susu dihabiskan, maka susu yang masuk ke dalam tubuh akan tetap dalam kondisi steril dan murni. Susu beruang juga tidak bisa bertahan lama jika dibiarkan dalam kondisi terbuka.

Perlu diingat juga bahwa minum susu beruang bukanlah satu-satunya cara untuk mengobati tipes. Anda tetap harus banyak istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi supaya tubuh lebih cepat pulih. Selain itu, patuhi semua anjuran dari dokter mengenai obat yang harus diminum selama tipes. 

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Referensi

Livestrong. Food for Typhoid Fever.

Mayo Clinic. (2018). Typhoid Fever.

Sahabat Nestle. Bear Brand Milk RTD.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit