Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Susu Skim vs Susu Murni (Whole Milk): Mana yang Lebih Sehat?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 885.455 orang

Susu Skim vs Susu Murni (Whole Milk): Mana yang Lebih Sehat?

Kalau Anda perhatikan, susu sapi yang dijual di pasaran terdiri dari banyak macamnya. Baik dilihat dari jenisnya, rasanya, kandungan gizinya, hingga proses pengolahannya berbeda-beda. Dari sekian banyak jenis susu yang ada, susu skim dan susu murni (whole milk) cukup diminati banyak orang. 

Sebagian orang lebih menyukai susu skim karena mengandung rendah lemak, sementara sebagian lainnya memilih susu murni karena rasanya lebih segar. Namun, mana yang lebih sehat di antara keduanya? 

Apa itu susu skim?

Susu skim adalah jenis susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit, yaitu kurang dari 0,5%. Rasanya cenderung hambar dan teksturnya lebih encer, sehingga kebanyakan orang sering kali menambahkan gula supaya rasanya lebih manis dan gurih.

Dilihat dari kandungan gizinya, satu cangkir (237 ml) susu skim mengandung:

  • 83 kalori
  • 12,5 gram karbohidrat
  • 8,3 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 0,1 gram lemak jenuh
  • 2,5 mg omega-3
  • 360 mg kalsium
  • 100 IU vitamin D

Bila diperhatikan, kandungan lemak dan kalori susu skim tergolong rendah. Maka tak heran jika jenis susu ini sering dijadikan minuman andalan bagi orang-orang yang sedang diet.

Di sisi lain, susu skim tidak dianjurkan untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah. Hal ini dikarenakan anak-anak masih dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan energi tinggi dari lemak dan kalori susu.

Baca Selengkapnya: Daftar Makanan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Apa itu susu murni (whole milk)?

Susu murni atau whole milk adalah susu yang mengandung 3,5% lemak. Susu murni terkadang disebut sebagai "susu biasa" karena belum melewati banyak proses pengolahan, sehingga jumlah nutrisinya pun tak banyak berubah. Dengan kata lain, jenis susu ini masih tergolong murni dan mirip seperti tekstur susu yang baru diperah dari sapi.

Dalam takaran yang sama (237 ml), susu murni alias whole milk mengandung:

  • 146 kalori
  • 12,8 gram karbohidrat
  • 7,9 gram protein
  • 7,9 gram lemak
  • 4,6 gram lemak jenuh
  • 183 mg omega-3
  • 276 mg kalsium
  • 97,6 IU vitamin D

Karena susu murni tidak melewati proses pengolahan yang rumit, susu murni tidak dapat bertahan lama. Anda dianjurkan untuk langsung meminumnya supaya tidak cepat basi atau terkontaminasi bakteri.

Susu skim vs susu murni, mana yang lebih sehat?

Pada dasarnya, susu skim dan susu murni sama-sama menyehatkan dan baik bagi kesehatan. Namun jika Anda masih penasaran dengan jenis susu mana yang lebih sehat, hal ini tergantung dari kebutuhan masing-masing orang.

Sejak dulu, susu murni alias whole milk selalu dianggap tidak sehat karena mengandung lemak jenuh tinggi. Hal ini ditakutkan dapat memicu kolesterol tinggi, risiko penyakit jantung, hingga berat badan berlebih (obesitas).

Padahal, kenyataannya justru sebaliknya. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi produk susu tinggi lemak, seperti susu murni (whole milk), dapat membantu mencegah kenaikan berat badan

Susu murni mengandung tinggi asam lemak omega-3 dan asam linoleat. Kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk menjaga berat badan tetap sehat dan mengendalikan gejala diabetes tipe-2. Jadi, jenis susu ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal atau mengidap diabetes tipe-2.

Susu murni juga cocok diminum oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak yang minum susu murni alias whole milk diketahui memiliki kadar vitamin D yang cukup, daripada anak yang minum susu rendah lemak. Para ahli menduga bahwa whole milk bisa membantu meningkatkan penyerapan vitamin D secara lebih optimal.

Sementara bagi Anda yang sedang diet, susu skim bisa jadi pilihan yang tepat. Selain rendah kalori, susu skim juga termasuk sumber kalsium yang baik karena mengandung 300 mg kalsium di setiap cangkirnya. Kandungan kalsium tersebut bahkan lebih tinggi daripada susu murni, yaitu 276 mg per cangkir.

Walaupun Anda sedang diet, Anda tidak perlu takut akan kekurangan vitamin dan mineral karena semuanya sudah tersedia di dalam susu skim. Namun hati-hati, walaupun rasanya cenderung hambar, susu skim mengandung gula lebih banyak daripada susu murni.

Anda boleh saja menambahkan gula tambahan atau pemanis, tapi batasi jumlahnya. Alih-alih menurunkan berat badan, terlalu banyak gula bisa meningkatkan asupan kalori harian Anda.

Baca Juga: Kenali Alergi Susu dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini