Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. AHMAD MUHLISIN
Pengobatan

20 Obat Tipes Alami & Tradisional Paling Ampuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 17, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 10 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Penyakit tipes, disebut juga tipus atau demam tifoid, disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi.
    • Gejala tipes meliputi demam, sakit perut, sakit kepala, hingga kelelahan.
    • Penderita tipes dianjurkan banyak minum air putih atau air kelapa untuk mencegah dehidrasi dan menurunkan demam.
    • Oralit menjadi obat tipes alami yang banyak diandalkan, sebab bisa cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.
    • Bawang putih dan cengkeh memiliki sifat antibakteri yang dapat menyingkirkan racun dan mempercepat proses penyembuhan tipes.
    • Beberapa jenis buah seperti pisang, delima, cranberry, jeruk, dan lemon dapat membantu meringankan gejala tipes.
    • Penting dicatat bahwa obat tipes tradisional hanya berfungsi sebagai pendukung, bukan menggantikan obat-obatan medis dari dokter.
    20 Obat Tipes Alami & Tradisional Paling Ampuh

    Ketika terkena gejala tipes, Anda biasanya dianjurkan untuk banyak istirahat hingga rawat inap jika tipes tak kunjung sembuh. Pasalnya, gejala tipes menyebabkan tubuh demam, sakit perut, sakit kepala, hingga kelelahan yang membuat penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Sembari istirahat, Anda juga dapat mengonsumsi berbagai obat tipes alami dan tradisional yang bisa membantu mempercepat pemulihan. Apa saja?

    Sekilas tentang tipes

    Penyakit tipes sering disebut juga dengan tipus atau demam tifoid. Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang menyerang usus halus hingga menyebar ke aliran darah.

    Iklan dari HonestDocs
    Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

    Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

    Iklan obat

    Bila diperhatikan, gejala tipes mirip seperti gejala penyakit DBD sehingga kerap disalahartikan. Pada awalnya, demam tifoid dapat menimbulkan gejala seperti demam, sakit perut, sakit kepala, hingga kelelahan.

    Namun, seiring berjalannya waktu, gejala tipes bisa menjadi semakin parah. Penderita dapat mengalami sembelit (konstipasi), diare, penurunan nafsu makan, muntah, halusinasi, menggigil, ruam pada kulit, mimisan atau keluar darah pada feses, pembengkakan hati, hingga gampang berubah mood.

    Dengan pengobatan yang tepat, gejala tipes umumnya dapat diatasi dalam waktu 2-4 minggu. Maka dari itu, hindari sembarang mengonsumsi obat tipes karena bukannya menyembuhkan, hal ini malah bisa memperparah keadaan.

    Baca Selengkapnya: Obat Sakit Tipes yang Bisa Dibeli di Apotek

    Obat tipes tradisional yang ampuh dan alami

    Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik, analgetik-antipiretik, dan obat tipes lainnya guna membantu meringankan gejala. Selain itu, ternyata ada banyak sekali bahan alami yang juga memberikan efek serupa.

    Namun, perlu dicatat bahwa obat tipes tradisional hanya berfungsi sebagai pendukung, bukan obat tipes utama apalagi menggantikan obat-obatan medis dari dokter. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba berbagai obat tipes alami.

    Iklan dari HonestDocs
    Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

    Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

    Iklan obat

    Berikut ini berbagai cara dan obat tipes tradisional yang ampuh dan efektif meringankan gejala, antara lain:

    1. Kompres air hangat

    Ketika gejala tipes mulai terasa, segera kompres air hangat guna menurunkan demam. Begini cara tepatnya:

    • Ambil lap atau handuk bersih, kemudian rendam dalam air hangat dan peras hingga tak ada yang menetes.
    • Letakkan handuk tersebut di dahi dan ganti secara teratur ketika sudah mulai agak dingin.
    • Anda juga dapat menempelkan lap basah pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti di bagian ketiak, selangkangan, tangan, atau kaki untuk menurunkan suhu tubuh.

    Lakukan kompres air hangat secara teratur agar suhu tubuh dapat segera turun. Hindari menggunakan air es karena bukannya menurunkan demam, malah bisa memperburuk kondisi.

    Baca Selengkapnya: Kompres Panas dan Dingin: Beda Manfaat dan Cara Penggunaan

    2. Tingkatkan asupan cairan tubuh

    Gejala penyakit tipes, seperti diare serta demam tinggi, dapat membuat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan alias dehidrasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak terus-terusan dehidrasi. 

    Minumlah sebanyak 8-10 gelas air putih setiap hari untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus menghilangkan racun. Selain dengan air putih, Anda juga dapat mengonsumsi cairan lainnya seperti jus buah segar, teh herbal, air kelapa, air gula, dan sup.

    Iklan dari HonestDocs
    Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

    Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

    Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan air putih yang direbus matang untuk menjamin kebersihan dari kuman.

    3. Membuat larutan oralit atau ORS

    Oralit merupakan salah satu obat tipes alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Larutan yang disebut juga dengan ORS (Oral Rehydration Salts) ini dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare sekaligus mencegah dehidrasi.

    Untuk membuat oralit sendiri di rumah, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

    • Ambil ½ sendok teh garam dan 2 sendok teh gula. 
    • Larutkan kedua bahan tersebut dalam air.
    • Minumlah secara rutin untuk mengurangi gejala demam tifoid dan mempercepat proses penyembuhan.

    Perlu dicatat bahwa obat tipes tradisional ini tidak dapat menyembuhkan, tapi hanya sebagai cara alami untuk membantu mencegah kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. 

    4. Cuka apel

    Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu Anda menyingkirkan panas berlebih dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, cuka apel juga dapat mencegah tubuh kehilangan mineral akibat diare.

    Cara pertama, campurkan ½ sendok teh cuka apel dan sedikit madu ke dalam segelas air. Minumlah obat tipes tradisional ini setiap sebelum makan selama 5-7 hari. 

    Cara lainnya, Anda juga dapat mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, masukkan handuk atau lap dalam larutan tersebut dan peras.

    Letakkan kompresan tersebut di dahi, lalu ganti secara berkala ketika handuk mulai terasa hangat atau dingin. Lakukan cara tersebut sampai demamnya reda.

    5. Bawang putih

    Sama seperti cuka apel, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat tipes alami. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menyingkirkan racun, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

    Cara menggunakan bawang putih sebagai obat tipes tradisional adalah sebagai berikut:

    • Makan 2 siung bawang putih sebelum makan atau saat perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu.
    • Cara lainnya, campurkan ½ sendok teh bawang putih tumbuk dengan secangkir susu dan air. Rebuslah campuran tersebut hingga tersisa ¼ bagian saja dan minum sebanyak 3 kali sehari. 

    Tidak semua orang boleh langsung mencoba obat ini. Guna menghindari efek samping, ibu hamil dan anak kecil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat tradisional tipes berbahan dasar bawang putih.

    6. Daun basil

    Daun basil memiliki bentuk yang mirip dengan daun kemangi. Daun basil memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang sangat baik untuk membantu menghilangkan bakteri.

    Selain itu, obat alami ini juga ampuh untuk mengurangi demam, meredakan gejala sakit perut, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut cara menggunakannya:

    • Siapkan sekitar 20 lembar daun basil dan 1 sendok teh jahe tumbuk, lalu masukkan ke dalam air. Rebus campuran tersebut sampai tersisa setengah bagian. Agar lebih nikmat, tambahkan madu dan minum 2-3 kali sehari.
    • Cara lainnya bisa dengan membuat jus basil. Campurkan 5-7 daun basil dan sedikit lada hitam, lalu di-blender hingga tercampur rata. Minum jus sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa minggu. 

    7. Cengkeh

    Bahan masakan seperti cengkeh memiliki sifat antibakteri yang membuatnya termasuk dalam daftar obat tipes tradisionalSelain itu, minyak cengkeh juga diketahui dapat membantu mengurangi intensitas diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

    Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

    • Ambil 5-7 cengkeh dan masukkan ke dalam air mendidih.
    • Rebus hingga airnya menjadi setengah bagian.
    • Setelah dingin, minumlah larutan herbal tersebut pada siang hari.
    • Lakukan cara ini minimal selama seminggu.

    8. Pisang

    Tidak banyak orang yang tahu bahwa makan pisang setiap hari bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan demam tifoid. Pasalnya, pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan dari usus. Hal ini dapat membantu mengatasi diare.

    Ditambah lagi dengan kandungan kalium pada pisang yang juga dapat mencegah hilangnya elektrolit tubuh karena diare dan demam. Maka dari itu, tidak diragukan lagi bahwa pisang merupakan salah satu obat tipes tradisional yang bisa diandalkan.

    Untuk meraup manfaatnya, makanlah 2-3 pisang matang setiap hari sampai demamnya mereda. Cara lainnya, Anda dapat mencampurkan 2 buah pisang dengan ½ gelas yogurt dan 1 sendok teh madu. Konsumsilah campuran tersebut sebanyak 2-3 kali sehari dalam satu minggu.

    9. Buttermilk

    Gangguan pencernaan juga dapat muncul saat Anda menderita demam tifoid. Nah, buttermilk bisa mejadi pilihan makanan yang tepat untuk membantu mengatasi kondisi tersebut.

    Buttermilk adalah susu yang dihasilkan dari fermentasi mentega. Makanan ini sangat mudah dicerna, sehingga dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan mempercepat proses pemulihan saat terkena tipes.

    Ada 3 cara untuk memanfaatkan buttermilk sebagai obat tradisional tipes, antara lain:

    • Minumlah dua gelas buttermilk setiap hari sampai Anda sembuh total.
    • Campurkan 2 sendok teh jus daun ketumbar dengan buttermilk. Minum sebanyak 2 kali sehari selama seminggu.
    • Campurkan bubur pisang ke dalam buttermilk, lalu makan sebanyak 2 kali sehari.

    10. Makanan bernutrisi tinggi

    Agar cepat sembuh dari penyakit tipes, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang tinggi. Pemilihan makanan yang tepat juga dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lemas ataupun demam.

    Cara memperoleh nutrisi tinggi dari makanan adalah sebagai berikut:

    • Tambah asupan kalori dari makanan agar menghasilkan energi yang cukup pada tubuh.
    • Konsumsi makanan yang kaya protein, seperti susu dan telu, untuk mempercepat proses penyembuhan.
    • Konsumsi lebih banyak makanan tinggi karbohidrat untuk meningkatkan energi.
    • Konsumsi lebih banyak makanan yang berair seperti jus buah, kaldu, dan sup untuk melengkapi mineral yang hilang.

    11. Buah cranberry

    Sifat antibakteri dalam buah cranberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal inilah yang membuat buah cranberry cocok dijadikan sebagai salah satu obat tradisional tipes.

    Anda bisa langsung memakannya atau mengolahnya menjadi jus cranberry untuk meningkatkan energi tubuh. Akan tetapi, buah merah ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau orang yang alergi terhadap buah cranberry. Hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

    12. Lemon

    Lemon bertindak sebagai disinfektan alami yang mampu mengatasi gangguan pencernaan hingga meredakan demam tifoid. Campurkan jus atau perasan buah lemon dengan sedikit madu, lalu minum selama 1 minggu dan pasca pemulihan.

    Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

    13. Buah delima

    Sama seperti buah cranberry, buah delima juga mampu meningkatkan energi tubuh dan mencegah dehidrasi. Atas dasar inilah, buah delima banyak dimanfaatkan sebagai obat tipes tradisional. Cukup tambahkan madu atau lada hitam pada segelas jus delima, lalu rasakan sendiri manfaatnya dalam meredakan gejala tifoid.

    14. Wortel

    Sayur wortel mengandung tinggi antioksidan, sehingga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh hingga mempercepat proses penyembuhan sakit tipes. Untuk hasil yang maksimal, makanlah wortel kukus atau mengolahnya sebagai jus yang menyegarkan.

    15. Madu

    Madu tak diragukan lagi dengan sepak terjangnya dalam mengusir bakteri jahat dari tubuh. Selain itu, madu juga diketahui mampu mengatasi masalah pencernaan yang timbul akibat sakit tipes.

     Cara menggunakan madu sebagai obat tipes tradisional yaitu :

    • Masukkan satu sendok makan madu ke dalam air hangat.
    • Minumlah larutan air madu ini sesering mungkin dalam sehari untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama terkena tipes.

    Baca Juga: Manfaat Madu Berikut Sungguh Mencengangkan

    16. Jeruk

    Jeruk termasuk salah satu buah sekaligus obat tipes tradisional. Hal ini karena jeruk mengandung banyak air, nutrisi, dan mineral yang diperlukan tubuh.

    Oleh karena itulah, buah berwarna oranye ini dapat membantu mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk juga memiliki efek pendinginan yang mampu mengurangi rasa gelisah dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam tifoid.

    Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda hanya tinggal memasukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam secangkir jus jeruk. Minum jus jeruk sebanyak 3 kali sehari untuk menguatkan sistem imun tubuh.

    17. Bunga Echinacea

    Bunga Echinacea berfungsi sebagai penguat jaringan dalam tubuh dan membantu meningkatkan sistem imun. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan obat tipes alami ini, yaitu: 

    • Rebus akar Echinacea secukupnya dengan segelas air selama kurang lebih 10 menit. Setelah mendidih, saring dan minum airnya sebanyak 3 kali sehari.
    • Tumbuk atau giling bunga Echinacea hingga menjadi bubuk, lalu ebus dalam segelas air dan tunggu hingga 10 menit. Saring dan minum airnya sebanyak 3 kali sehari.

    18. Bunga jambu biji

    Khasiat daun jambu biji lebih dikenal sebagai obat diare. Namun, belum banyak yang tahu bahwa bunga jambu biji ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tipes tradisional.

    Selain itu, daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengobai batuk dan pilek, mengurangi dahak atau lendir, membatasi aktivitas mikroba, dan mendisinfeksi saluran pernapasan. Seluruh manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi di dalamnya yang mampu mengatasi tipes dan penyakit lain akibat infeksi virus.

    Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

    • Ambil bunga jambu biji secukupnya dan giling hingga halus.
    • Campurkan dengan segelas susu kambing, lalu aduk hingga rata.
    • Minum cairan herbal tersebut sebelum makan atau saat perut kosong.
    • Minumlah sebanyak 3 kali sehari hingga kondisi Anda membaik.

    19. Kismis

    Menurut beberapa ahli, makan kismis dalam jumlah banyak dapat membantu membunuh bakteri penyebab demam tifoid. Hal ini menandakan bahwa kismis bisa dijadikan sebagai tonik alami yang hebat.

    Cara menggunakan kimis sebagai obat demam tifoid adalah sebgai berikut:

    • Masukkan kismis ke dalam segelas air dan biarkan dalam semalaman atau lebih dari 2 jam.
    • Keesokan harinya, minum air rendaman tersebut.
    • Lakukan pengobatan tradisional ini setiap hari.

    20. Air kelapa

    Air kelapa terkenal dengan energi alaminya yang mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, sodium, lemak, kalsium, kalium, magnesium, karbohidrat, dan elektrolit. Kombinasi dari berbagai nutrisi tersebut diketahui mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi. 

    Tak hanya itu, air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif obat tipes alami bagi Anda yang tidak suka makan buah. Minumlah air kelapa sebanyak mungkin tiap kali terkena sakit tipes.

    Bisa juga dengan menambahkan tumbukan pisang ke dalam air kelapa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Cara ini dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

    Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Air Kelapa Muda yang Patut Diacungi Jempol

    Tips tambahan mengenai aturan makan saat tipes

    Selain mengonsumsi berbagai obat tipes tradisional dan alami di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan diri. Berikut panduannya:

    • Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih setiap hari.
    • Konsumsilah makanan sehat, seperti kacang polong, nasi, bubur, sayur-sayuran, dan ikan.
    • Konsumsilah lebih banyak sup dan smoothies dengan sayuran hijau dalam menu harian Anda.
    • Kurangi jajan di luar atau makan makanan yang tidak higienis.
    • Jangan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tanpa mengupas kulit terlebih dahulu.
    • Cucilah tangan dengan benar sebelum makan atau saat menyiapkan makanan.
    • Ingatlah untuk selalu menggunakan air matang atau air yang telah direbus.
    • Jagalah kebersihan lingkungan dan sanitasi untuk menghindari penyebaran penyakit.
    • Kurangi mengonsumsi minuman berkafein, berkarbonasi, beralkohol, dan makanan pedas.
    • Hindari mengonsumsi susu jika terjadi diare saat tipes.
    • Konsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, terutama jika Anda mengalami sembelit akibat demam tifoid.
    • Kurangi aktivitas dan istirahatlah dengan cukup.

    Sekali lagi, berbagai jenis obat tipes tradisional dan alami di atas hanya berfungsi sebagai pendukung, bukan pengganti obat-obatan dari dokter. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut mengenai obat tipes alami yang tepat untuk Anda.

    Baca Juga: Manfaat Susu Beruang untuk Tipes, Apakah Efektif?

    5 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    The Journal of Pediatrics. Banana diet in the treatment of typhoid fever in children. (https://www.jpeds.com/article/S0022-3476(41)80191-7/abstract).
    Mayo Clinic. Typhoid fever - Symptoms and causes. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661). 31 Juli 2018.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
    Submit