Makanan dan Diet Sehat

Ketahui Apa Saja Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 2, 2019 Waktu baca: 4 menit
Ketahui Apa Saja Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan Tubuh

Saat berbicara mengenai masalah lemak, ada satu jenis lemak yang baik untuk Anda konsumsi, lemak tersebut adalah asam lemak omega-3. Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat menghasilkan sendiri jenis lemak ini sehingga kebutuhan akan lemak jenis ini harus didapatkan melalui asupan makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Omega 3 sendiri terdapat komponen-komponen zat penting yang penting bagi tubuh seperti DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid), dan LNA (Linolenic acid). 

DHA dan EPA banyak ditemukan pada ikan-ikanan sedangkan LNA data ditemukan pada tumbuh-tumbuhan termasuk sayuran yang berwarna hijau. Sumber makanan yang mengandung omega 3 biasanya dapat ditemukan pada ikan laut, canola, kacang kenari, suplemen omega 3 dan lain-lain. 

Omega 3 tidak hanya dibutuhkan untuk tubuh, tetapi omega 3 juga dapat memberikan beberapa manfaat yang besar untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari omega 3 jika mengkonsumsinya secara rutin.

1. Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan otak selama kehamilan dan kehidupan awal bayi

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. DHA menyumbang 40% dari asam lemak tak jenuh ganda di otak, dan 60% di retina mata

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bayi yang diberi formula yang diperkaya dengan DHA memiliki penglihatan yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula tanpa kandungan DHA. Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dikaitkan dengan banyaknya manfaat yang didapatkan bagi anak, termasuk:

  • Kecerdasan anak yang lebih tinggi
  • Komunikasi dan keterampilan sosial yang lebih baik
  • Menurunnya risiko keterlambatan dan perkembangan pada anak
  • Menurunnya risiko anak hiperaktif (ADHD), autisme, dan cerebral palsy

2. Omega 3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari omega-3 yaitu lemak ini secara positif mempengaruhi faktor-faktor risiko yang terkait dengan penyakit jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Penyakit jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, tetapi masyarakat yang mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 contohnya ikan laut memiliki risiko terkena penyakit jantung yang sangat rendah.

Berikut manfaat lainnya mengenai manfaat omega 3 dan kesehatan jantung:

  • Menurunkan Trigliserida: Omega-3 dapat menyebabkan penurunan besar pada trigliserida (merupakan jenis lemak darah yang sebenarnya digunakan untuk memberikan energi. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke), penurunan trigliserida biasanya dalam kisaran 15–30%
  • Menurunkan Tekanan Darah: Omega-3 dapat menurunkan tingkat tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan HDL-kolesterol: Omega-3 dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (yang "baik")
  • Mengatasi Pembekuan darah: Omega-3 dapat menjaga platelet darah agar tidak menggumpal. Hal ini membantu mencegah pembentukan bekuan darah yang berbahaya.
  • Mencegah Terjadinya Plak: Dengan menjaga arteri- arteri halus dan bebas dari kerusakan, omega-3 membantu mencegah plak yang dapat mengeraskan arteri.
  • Membantu Mengatasi Peradangan: Omega-3 mengurangi produksi beberapa zat yang dilepaskan selama respons inflamasi.

3. Omega 3 dapat mengurangi masalah Depresi.

Beberapa peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan tingkat omega-3 tinggi memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Minyak ikan juga tampaknya meningkatkan efek antidepresan dan dapat membantu gejala depresi gangguan bipolar.

4. Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan mata

DHA, adalah sejenis omega-3, komponen ini merupakan struktural utama dari otak dan retina mata. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup DHA, masalah penglihatan mungkin akan muncul. 

Menariknya, mengkonsumsi omega 3 yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula, hal ini merupakan salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan.

5. Omega-3 dapat melawan penyakit-penyakit autoimun

Pada penyakit autoimun, khsusnya pada penyakit diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Omega-3 dapat membantu melawan beberapa penyakit ini, dan mungkin sangat penting selama awal kehidupan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup omega-3 selama tahun pertama kehidupan Anda terkait dengan risiko penurunan penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, diabetes autoimun pada orang dewasa dan lain-lain. Omega-3 juga telah terbukti membantu mengobati lupus, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis.

6. Omega-3 dapat memperbaiki gangguan mental

Tingkat omega-3 yang rendah telah dilaporkan pada orang-orang dengan gangguan kejiwaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat mengurangi frekuensi perubahan suasana hati dan relaps pada orang dengan skizofrenia dan gangguan bipolar. 

7. Omega-3 dapat membantu mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia, dan omega-3 telah lama diklaim dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak omega-3 memiliki risiko 55% lebih rendah terkena kanker usus besar. 

Selain itu, konsumsi omega-3 telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

8. Omega-3 dapat meringankan nyeri menstruasi

Nyeri haid biasanya terjadi di perut bagian bawah dan panggul, dan sering menjalar ke punggung bawah dan paha. Namun, penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi banyak omega-3 memiliki nyeri menstruasi yang lebih ringan. Satu studi bahkan menemukan bahwa suplemen omega-3 lebih efektif daripada ibuprofen dalam mengobati rasa sakit yang parah selama menstruasi. 

9. Lemak Omega-3 baik untuk kulit Anda

DHA adalah komponen struktural kulit. DHA bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel, yang membentuk sebagian besar kulit. Membran sel yang sehat menghasilkan kulit yang lembut, lembab, kenyal, dan bebas keriput. EPA (Eicosapentaenoic acid) juga bermanfaat bagi kulit dalam beberapa cara, termasuk:

  • Mengelola produksi minyak di kulit.
  • Mengelola hidrasi kulit.
  • Mencegah hiperkeratinisasi folikel rambut (benjolan merah kecil yang sering terlihat pada lengan atas).Mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Mencegah jerawat. 

10. Omega-3 asam lemak dapat memperbaiki tidur

Tidur yang baik adalah salah satu fondasi kesehatan yang optimal. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur terkait dengan banyak penyakit, termasuk obesitas, diabetes dan depresi. 

Rendahnya kadar asam lemak omega-3 dikaitkan dengan masalah tidur pada anak-anak dan apnea tidur obstruktif pada orang dewasa. Tingkat DHA yang rendah juga dikaitkan dengan kadar hormon melatonin yang lebih rendah, yang membantu Anda tertidur. Studi pada anak-anak dan orang dewasa menunjukkan bahwa suplementasi dengan omega-3 meningkatkan panjang dan kualitas tidur.

Masih ada banyak lagi manfaat dari omega-3 lainnya. Dan ada baiknya Anda mengkonsumsi omega-3 sedari dini untuk menjaga kesehatan Anda yang lebih baik dikemudian hari.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app