Tak Hanya Daunnya, Manfaat Biji Kelor Tak Kalah Berlimpah

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Tak Hanya Daunnya, Manfaat Biji Kelor Tak Kalah Berlimpah

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Biji kelor mengandung berbagai nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, C, B, magnesiumkalsium, protein, lemak, dan serat.
  • Mengandung flavonoid dan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan, sehingga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Biji kelor mengandung asam oleat yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL, sehingga baik bagi jantung.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai obat tukak lambung dan obat maag alami berkat efek anti-inflamasi di dalam daun kelor.
  • Biji kelor merupakan sumber zat besi terbaik. Konsumsi secara teratur bisa membantu mengobati anemia defisiensi besi.
  • Rebus biji kelor lalu lambahkan ke dalam oatmeal atau sup hangat. Bisa juga dipanggang atau disangrai dan dimakan sebagai camilan.

Kelor merupakan salah satu tanaman dengan segudang khasiat bagi tubuh. Bahkan, para ahli sampai menjulukinya dengan sebutan "The Miracle Tree" atau pohon keajaiban. Tak hanya daunnya saja yang berkhasiat, manfaat biji kelor pun tak kalah mengagumkan. 

Mengenal biji kelor dan kandungan di dalamnya

Biji kelor umumnya hanya terdapat pada pohon kelor berukuran besar, di atas 7 meter. Biji tanaman ini mengandung berbagai nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium, protein, lemak, serat, dan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor yang Terbukti Ampuh Melawan Penyakit

Berkat nutrisi tersebut, biji kelor terkenal dengan beragam manfaatnya. Mulai dari sifat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh hingga meringankan rasa nyeri akibat radang sendi

Berbagai manfaat biji kelor bagi tubuh

1. Sebagai agen antioksidan

Biji kelor diperkaya oleh senyawa flavonoid dan vitamin C yang bertindak sebagai agen antioksidan. Kareanya, biji kelor dapat diandalkan untuk membantu mengurangi stres oksidatif.

Tak hanya itu, makan biji kelor juga bisa meningkatkan imunitas sehingga tubuh terhindar dari serangan bibit penyakit.

2. Obat pereda nyeri alami 

Biji kelor terbukti mampu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi, seperti rheumatoid arthritis. Berkat sifat antiradangnya, biji tanaman ini sangat baik bagi penderita radang sendi agar bisa mengurangi nyeri sekaligus meningkatkan kualitas hidupnya sehari-hari.

3. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu kandungan mujarab dalam biji kelor adalah asam lemak, yang sebagian besarnya merupakan asam oleat. Jenis asam lemak ini sangat baik bagi kesehatan jantung, bahkan kerap dianggap sebagai obat kardiotonik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Di samping itu, biji kelor juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL. Seperti yang diketahui, baik tekanan darah dan kolesterol merupakan indikator penting terhadap kesehatan jantung.

Baca Selengkapnya: Sehatkah Jantung Anda? Inilah 5 Indikator Kesehatan Jantung

4. Membantu menurunkan gula darah

Bagi Anda yang punya masalah diabetes, kehadiran biji kelor ini tentu memberikan hawa sejuk bagi kesehatan Anda. Pasalnya, manfaat biji kelor diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah, lho!

Penggunaan terapeutik biji kelor sebagai obat diabetes alami pun telah diuji dan dimuat dalam Journal of Diabetes.

5. Menjaga kesehatan hati

Biji kelor dapat meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan berkat efek antioksidan di dalamnya. Ya, berbagai nutrisi di dalamnya mampu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kabar baiknya lagi, penelitian dalam The Journal of Food Science menemukan bahwa konsumsi biji kelor secara teratur dapat membantu memperbaiki kerusakan hati akibat penyakit hepatitis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

6. Obat alami tukak lambung dan maag

Tak hanya mengatasi nyeri sendi, biji kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tukak lambung alami berkat efek anti-inflamasi di dalamnya. Tukak lambung terjadi akibat terkikisnya lapisan pelindung dinding lambung, sehingga menyebabkan nyeri perut yang luar biasa.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa biji kelor sangat ampuh  meredakan gejala maag, meskipun digunakan dalam dosis rendah. Ketika maag menyerang, tak ada salahnya Anda meraup manfaat biji kelor sebagai obat alami. 

7. Obat asma alami

Gunakan ekstrak biji kelor sebagai obat alami untuk asma bronkial. Efek antispasmodik pada biji kelor dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asma.

Di tambah lagi, sifat anti-inflamasi biji kelor secara efektif mampu membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Hal ini tentu membuat manfaat biji kelor semakin terlihat mengagumkan.

8. Meningkatkan fungsi otak

Otak membutuhkan suplai nutrisi secara konstan agar bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Kecukupan nutrisi ini dapat diperoleh melalui konsumsi beragam makanan bergizi, salah satunya biji kelor.

Dilihat dari nutrisinya, biji kelor mengandung asam amino, antioksidan, vitamin E, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang mampu meningkatkan fungsi otak.

9. Membantu mengobati anemia

Selain kaya antioksidan, biji kelor juga merupakan sumber zat besi yang baik. Makan biji tanaman ini secara teratur diyakini dapat menjaga kadar normal sel darah merah dan membantu mengobati anemia defisiensi besi.

10. Manfaat lainnya

Kandungan serat dalam biji kelor tak kalah berlimpah, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit dan menurunkan berat badan. Selain itu, minyak yang diekstraksi dari biji kelor juga berkhasiat dalam merangsang hormon pengantar tidur. Hal ini akan memberikan efek menenangkan sekaligus membantu tidur lebih nyenyak.

Biji kelor bahkan dapat digunakan untuk memurnikan air, baik air lumpur maupun air keruh. Dalam dunia kecantikan pun, manfaat biji kelor telah banyak digunakan dalam beberapa produk kosmetik sebagai krim anti penuaan, sabun wajah, sampo, parfum, deodoran, minyak aromaterapi, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan biji kelor

Untuk meraup manfaat biji kelor yang begitu banyak, Anda dapat mengolahnya dengan cara merebus, kemudian menambahkannya ke dalam oatmeal atau sup hangat. Bila ingin menikmatinya sebagai camilan sehat, biji kelor segar dapat dipanggang atau disangrai terlebih dahulu.

Adakah efek samping biji kelor?

Sejauh ini, belum ada cukup bukti mengenai efek samping biji kelor dalam tubuh. Batas aman konsumsi biji kelor dalam sehari menurut saran ahli adalah segenggam kepalan tangan.

Meski terbuat dari bahan alami, bukan hal tidak mungkin jika ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah makan duit kelor. Agar bisa memetik manfaat daun kelor bagi tubuh secara maksimal, konsultasikan ke dokter sebelum Anda memakannya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Food Science & Nutrition. Treatments and uses of Moringa oleifera seeds in human nutrition: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6593375/). 7 Mei 2019.
Healthline. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera. (https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera). 4 Mei 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app