Jewelweed: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Jan 18, 2020 Waktu baca: 2 menit

Jewelweed (impatiens capensis) merupakan tanaman yang tumbuh di alam liar,  termasuk dalam keluarga Balsaminaceae dan banyak ditemukan di bagian timur Amerika Utara.  

Tanaman ini umumnya mempunyai bunga cantik berwarna kuning dengan bintik-bintik coklat kemerahan dan memiliki bentuk seperti terompet yang akan mekar dari bulan Mei hingga Oktober. Jewelweed tumbuh di tempat lembab dan basah seperti pada sungai kecil, parit, atau pada air yang dangkal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Hal menarik yang harus Anda ketahui, bahwa tanaman ini akan mengambil banyak nutrisi dari tanaman lain sampai perlahan-lahan mati jika ditanam dalam satu pot yang sama. Namun, tanaman ini akan berbagi nutrisi ketika ditanam dengan sesamanya agar tumbuh subur bersama-sama.

Kandungan Jewelweed

Jewelweed digunakan untuk pembuatan obat karena mengandung zat saponin yang dapat membantu mengeringkan lepuhan cairan pada kulit dan membantu menenangkan rasa gatal dan peradangan. Tanaman ini juga mengandung senyawa yang terbukti memiliki sifat antihistamin.

Selain itu, jewelweed memiliki sifat diuretik, anti inflamasi, dan fungisida. Beberapa orang menggunakannya untuk mengobati gangguan pencernaan dan ruam yang disebabkan oleh racun. Simak beberapa penjelasan manfaat lainnya di bawah ini.

Manfaat penggunaan Jewelweed

Menangkal poison ivy

Poison ivy merupakan kondisi kulit yang mengalami reaksi alergi karena disebabkan oleh sebuah zat resin bernama urushiol pada dedaunan, batang, dan akar ivy. Orang yang alergi terhadap zat tersebut akan mengalami gatal-gatal dan ruam.

Batang jewelweed yang diiris dapat menangkal poison ivy dengan cara menggosokkannya berulang-ulang kali pada area kulit yang terinfeksi dengan  penggunaan selama 3-4 hari. Jewelweed memiliki sifat menangkan.

Menghilangkan Kutil

Kutil merupakan masalah  yang kerap kali sulit dihilangkan karena cenderung dapat tumbuh kembali yang disebabkan oleh human papilloma virus. Anda dapat menggunakan jewelweed sebagai solusi untuk menghilangkan kutil secara alami dan permanen dengan mengoleskan ekstrak jewelweed pada kutil setiap hari

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Mengobati Wasir

Ekstrak jewelweed dalam bentuk salep dapat membantu meredakan wasir dan cedera otot akibat terkilir karena daunnya mengandung zat anti inflamasi 1-metoksi dan naphthoquinone yang biasanya digunakan dan direkomendasikan untuk mengatasi wasir.  

Meredakan gigitan serangga

Ekstrak jewelweed dapat mengatasi gangguan gigitan serangga dengan cara mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi.  Gigitan serangga yang dapat diatasi seperti gigitan nyamuk, tawon atau sengatan lebah. Jewelweed juga dapat menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar ringan dan memar.

Menyembuhkan Infeksi Jamur

Jewelweed dinyatakan dapat mengobati infeksi jamur pada kulit. Batang jewelweed biasanya digunakan untuk menghilangkan kurap, eksim dan penyakit gatal-gatal lainnya karena memiliki sifat antipruritik yang meredakan sensasi gatal dan antijamur.

Membantu pencernaan

Penduduk asli Amerika sering menggunakan jewelweed untuk mengatasi  masalah pencernaan. Jewelweed yang diolah menjadi teh dapat mengatasi kram perut, tetapi para ahli memperingatkan bahwa teh tersebut memiliki rasa yang kemungkinan dapat membuat Anda muntah.

Selain itu, jewelweed mengandung kadar selenium yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan toksisitas selenium.

Efek samping penggunaan Jewelweed

Jewelweed dinyatakan aman untuk dikonsumsi atau dioleskan langsung pada kulit karena tidak ada efek samping yang signifikan. Namun, jewelweed dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh yang kemungkinan bisa menyebabkan efek samping serius.

Penderita rematik, masalah ginjal, asam urat dan radang sendi harus menghindari penggunaan jewelweed karena terdapat kandungan kristal kalsium oksalat yang dapat menyebabkan reaksi kronis pada beberapa orang, termasuk koma dan kematian.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Motz, Ph.D, Vicki & Bowers, Christopher & Young, Linda & Kinder, David. (2012). The effectiveness of jewelweed, Impatiens capensis, the related cultivar I. balsamina and the component, lawsone in preventing post poison ivy exposure contact dermatitis. Journal of ethnopharmacology. 143. 314-8. 10.1016/j.jep.2012.06.038.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/228330301_The_effectiveness_of_jewelweed_Impatiens_capensis_the_related_cultivar_I_balsamina_and_the_component_lawsone_in_preventing_post_poison_ivy_exposure_contact_dermatitis)
Jewelweed Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/jewelweed.html)
The effectiveness of jewelweed, Impatiens capensis, the related cultivar I. balsamina and the component, lawsone in preventing post poison ivy expo... National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22766473)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app