Jangan Tunggu Sampai Parah, Begini 9 Pengobatan Cedera Jari Tangan

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jangan Tunggu Sampai Parah, Begini 9 Pengobatan Cedera Jari Tangan

Jari tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering mengalami cedera. Dari luka gores kecil hingga luka dengan kerusakan besar pada tulang, tendon, dan ligamen

Jika tidak mendapatkan perawatan dengan benar, cedera jari yang serius dapat menyebabkan kelainan bentuk permanen dan bahkan menyebabkan jari kehilangan fungsinya. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Perawatan yang adekuat sejak dini memungkinkan waktu pemulihan yang lebih cepat dan lebih optimal. 

Penanganan cedera jari pada tangan akan tergantung pada jenis cedera dan tingkat keparahannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 9 penanganan yang mungkin dibutuhkan untuk menangani cedera pada jari tangan berdasarkan gejala dan penyebabnya.

Manajemen nyeri

Sebelum mengobati cedera yang terjadi pada jari tangan, dokter akan melakukan penanganan rasa nyeri yang timbul. 

Penanganan nyeri dapat dilakukan dengan menggunakan obat bius dengan anestesi lokal seperti lidokain atau mengkonsumsi obat anti nyeri seperti yang dijual di pasaran . 

Prosedur anestesi lokal biasanya dilakukan dengan menyuntikkan obat anestesi di dekat pangkal jari, yang disebut "blok digital". 

Blok digital dilakukan dengan menyuntikan sejumlah kecil lidokain yang ditempatkan di kedua sisi pangkal jari tempat cabang saraf utama berada. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Pada kasus cedera ringan, biasanya anestesi suntik tidak digunakan. Pada kasus yang ringan, biasanya pasien hanya akan diberikan obat penghilang rasa sakit melalui mulut atau melalui infus.

Penanganan Luka terbuka

Jika pasien memiliki luka terbuka seperti laserasi atau avulsi, dokter akan melakukan beberapa langkah penanganan, seperti :

  • mengeksplorasi luka secara hati-hati untuk menilai tingkat kerusakan atau untuk mengeluarkan benda asing.
  • Membersihkan luka dengan cara mencucinya.
  • Dasar kuku, tendon, atau struktur dalam lainnya terkadang dapat dijahit untuk menutup luka dengan benang yang dapat diserap oleh tubuh.
  • Benang yang digunakan untuk menutup kulit biasanya tidak menyerap, dan jahitan perlu dilepas dalam satu hingga dua minggu kemudian.
  • Beberapa jenis luka yang rentan mengalami infeksi atau komplikasi lainnya, mungkin membutuhkan penanganan khusus dari dokter spesialis.

Penanganan Jari Tangan yang Putus

  • Jari tangan yang putus, mungkin dapat disambungkan kembali.
  • Sepotong jaringan yang sangat kecil, rusak parah, atau telah putus untuk waktu yang lama mungkin tidak dapat diselamatkan. Penyatuan kembali amputasi yang lebih dekat ke pangkal jari (lebih proksimal), terutama yang mencakup bagian tengah atau pangkal jari, memiliki tingkat keberhasilan operasi yang lebih tinggi ketika dioperasi oleh ahli bedah tangan.
  • Pencangkokan kulit digunakan dalam beberapa kasus di mana sebagian besar kulit hilang.

Penanganan Akumulasi Darah Di bawah Kuku

Mungkin Anda pernah mengalami adanya penumpukan darah di bawah kuku. Saat terjadi akumulasi darah di bawah kuku , maka kuku jari akan terasa sangat menyakitkan. 

Kondisi ini dapat ditangani oleh prosedur medis yang dikenal dengan "trephination."

Trephination adalah suatu prosedur medis yang dilakukan dengan membuat lubang pada kuku untuk mengurangi tekanan dan mengeluarkan darah. Prosedur ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat cauter atau perangkat bor kecil.

Penanganan Jari Kuku Kecantengan (Paronychia)

Paronychia atau yang dikenal dengan istilah “cantengan” adalah suatu Infeksi lipatan kuku yang dapat ditangani dengan membuat sayatan kecil di kulit di atas area yang terinfeksi. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Area yang mengalami infeksi kemudian dibersihkan, dan kemudian diberikan antibiotik. Bergantung pada tingkat keparahan infeksi, pasien mungkin memerlukan penggunaan antibiotik oral.

Penanganan Patah Tulang (Fraktur) dan Pergeseran Sendi (Dislokasi) Jari

Penanganan patah tulang dapat dilakukan dengan teknik reduksi yang perlu dilakukan di unit gawat darurat menggunakan obat anestesi lokal. 

Setelah tulang dimasukkan kembali ke tempatnya, dokter dapat melakukan pemeriksaan sinar-X untuk memastikan tulang-tulang telah berada pada posisi semula. 

Pemasangan Belat

Patah tulang, dislokasi, cedera tendon, dan beberapa laserasi, mungkin memerlukan prosedur pembedahan yang dapat dilakukan pada sebagian jari atau bahkan seluruh tangan atau pergelangan tangan. 

Pemasangan belat dapat memungkinkan jaringan yang mengalami cedera untuk beristirahat dan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Penggunaan Antibiotik

Beberapa luka memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi daripada yang lain dan dapat diobati dengan antibiotik. 

Jika dokter meresepkan antibiotik, sangat penting bagi pasien untuk minum obat sesuai petunjuk dan menyelesaikan seluruh resep walaupun pasien sudah merasa sembuh sebelum obat yang diresepkan habis.

Merujuk ke Spesialis Bedah Tangan

Fraktur dengan tingkat keparahan yang berat seperti laserasi tendon, amputasi, dan cedera lainnya dapat dirujuk ke spesialis tangan untuk mendapatkan perawatan atau untuk tindak lanjut yang lebih intensif.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mallet Finger: Symptoms & Treatment. American Society for Surgery of the Hand. (Accessed via: https://www.assh.org/handcare/condition/mallet-finger)
Jammed Finger: Symptoms and Treatment. American Society for Surgery of the Hand. (Accessed via: https://www.assh.org/handcare/condition/jammed-finger)
Finger Injury Pictures, Types, Treatment, Symptoms & Diagnosis. eMedicineHealth. (Accessed via: https://www.emedicinehealth.com/finger_injuries/article_em.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app