Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Efek Buruk Yoga Bila Tidak Dilakukan dengan Benar

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.116.642 orang

Efek Buruk Yoga Bila Tidak Dilakukan dengan Benar

Yoga dikenal sebagai olahraga yang mempunyai segudang manfaat termasuk manfaat relaksasi dan meditasi. Namun, bila tidak dilakukan dengan baik, olaharga dengan banyak manfaat ini bisa memicu cedera serius. Oleh karena itu sangat penting mengetahui resiko cedera yang mungkin timbul saat berlatih yoga.

Manfaat yoga

Salam halnya dengan olahraga lain, yoga juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yoga dipercaya bisa memingkatkan kesehatan mental, menurunkan stress, meningkatkan kekuatan otot dan sendi, serta meningkatkan fungsi jantung.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apakah yoga bisa sebabkan cedera?

Banyak praktisi yoga yang berpendapat bila olahraga ini tidak diperuntukkan untuk semua orang. Hanya orang yang mempunyai fisik kuat bisa berolahraga yoga dengan baik. Selain itu, yoga juga bisa digunakan untuk terapi kesehatan tertentu. 

Misalnya gerakan yoga yang mengharuskan individu berdiri dengan kepala menjadi tumpuan atau headstand.

Hal ini karena beberapa gerakan yoga seperti gerakan headstand tersebut sangat rawan cedera. Cedera yang mungkin terjadi biasanya karena kondisi fisik yang tidak fit atau masalah kesehatan yang lain. 

Selain itu, gerakan yoga tersebut membutuhkan kelenturan dan kemampuan khusus sehingga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Masalah resiko yoga ternyata juga didukung oleh sebuat penelitain yang dilakukan di Finlandia dimana 62 persen dari peserta survey yang berlatih yoga selama lebih dari satu bulan mengalami cedera muskoskeletah. 

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk berlatih yoga, ada baiknya bila Anda berlatih untuk mengkondisikan organ terlebih dahulu agar bagian lemah dalam tubuh menjadi kuat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Resiko melakukan yoga

Meskipun tingkat resiko cedera saat berlatih yoga jarang terjadi karena instruktur sudah menyesuaikan latihan dengan tingkat kemampuan Anda, namun tetap saja ada beberapa resiko cedera yang perlu diwaspadai.

  • Komplikasi glaukoma – Glaukoma terjaid karnea tekanan berlebih pada belakang bola mata. Kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan kemampuan melihat. Gerakan yoga tertentu seperti headstand memberikan tekanan pada bola mata sehingga menimbulkan komplikasi pada mata.
  • Peningkatan tekanan darah – Kombinasi postur tubuh terbalik dan teknik pernapasan yang kuat bisa meningkatkan tekanan darah. Bila Anda sudah mempunyai riwayat tekanan darah tinggi hindari pose yoga yang bisa memicu peningkatannya.
  • Cedera punggung – Cedera yang paling umum terjadi saat yoga adalah cedera punggung. Hal ini bisa disebabkan oleh gerakan menekuk badan ke depan karena bisa menyebabkan cedera pada lempengan tulang belakang.
  • Cedera otot – Cedera otot bisa saja terjadi karena pemanasan yang tidak maksimal sehingga tubuh tidak cukup lentur namun dipaksa untuk melakukan yoga.

Apakah yoga aman?

Sebenarnya semua olahraga, termasuk yoga, mempunyai dampak buruk yang harus diperhatikan. Selama Anda melakukan latihan yoga dengan prosedur yang benar, olahraga ini tetap aman dilakukan. Yoga sebenarnya adalah jenis olahraga yang aman untuk dilakukan. 

Hanya saja olahraga ini tidak untuk setiap orang dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

Sangat penting untuk memperhatikan instruksi dari guru yoga, mengikuti panduan, dan menderngarkan tubuh dengan baik selama latihan yoga. Selain itu, usahakan untuk selalu melakukan pemanasan dengan maksimal sebelum memulai latihan yoga. 

Pemanasan mampu meminimalkan resiko cedera dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh. Hindari melakukan yoga ketika tubuh dalam keadaan sakit karena akan memperbesar resiko cedera dan membuat proses penyembuhan semakin lama. 

Bila perlu beritahukan instruktur yoga tentang kondisi kesehatan Anda Agar bisa menyesuaikan dengan irama latihan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini