HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kenali 5 Tipe Luka Pada Tubuh Anda

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Kenali 5 Tipe Luka Pada Tubuh Anda

Luka adalah setiap jenis cedera yang terjadi pada kulit. Luka memiliki beberapa jenis, diantaranya luka terbuka, di mana kulit rusak atau robek atau luka tertutup. Meskipun luka terbuka dapat berdarah dan berisiko infeksi, luka tertutup juga bisa berbahaya tergantung pada tingkat kerusakan jaringan. Ada lima kategori utama luka, kelimanya sangat khas dalam penampilan dan sumber cedera, diantaranya :

  • Irisan/sayatan
    Irisan merupakan sebuah luka sayatan. Biasanya luka ini memotong kulit yang disebabkan oleh benda tajam seperti pisau, pecahan kaca, gunting atau pisau bedah. Luka sayatan yang 'rapi' dan berada tepi kulit biasanya mulus.
  • Laserasi
    Laserasi merupakan luka pada kulit yang dipotong atau robek.  Laserasi bersifat dangkal, hanya melukai permukaan kulit. Namun dapat juga dalam sehingga menyebabkan cedera pada otot, tendon, ligamen, pembuluh darah atau saraf. Laserasi paling sering disebabkan oleh semacam trauma tumpul seperti dipukul dengan kepalan tangan atau pemukul bisbol. Perbedaan antara luka insisi dan luka laserasi, menurut Journal Biomedis, adalah bahwa robekan umumnya bergerigi, karena kulit yang robek, bukan dipotong.
  • Abrasi
    Abrasi adalah jenis luka di mana kulit dikerik atau terhapus. Ketika kulit diseret di atas karpet, luka yang dihasilkan adalah sebuah abrasi. Lecet biasanya luka dangkal, yang berarti bahwa hanya lapisan luar kulit yang terpengaruh. Sebuah abrasi yang mendalam, yang menembus ke lapisan dalam kulit, dapat meninggalkan bekas luka.
  • Luka Memar/Kontusio
    Memar adalah semacam luka tertutup, yang berarti bahwa kulit tidak rusak. Kontusio disebabkan oleh trauma benda tumpul pada kulit yang mengakibatkan kerusakan jaringan. Ketika pembuluh darah di bawah kulit yang rusak, kolam darah di bawah kulit yang menyebabkan memar.
  • Luka Tusuk
    Sebuah luka tusukan dibuat ketika benda tajam memasuki kulit. Luka ini biasanya kecil dan tidak berdarah banyak. Meskipun luka cenderung untuk menutupi cepat, menurut dokter di Mayo Clinic, mereka masih membutuhkan pengobatan karena dapat menyebabkan infeksi. Luka tusukan rentan terhadap infeksi tetanus. Jenis-jenis luka tusukan termasuk menginjak paku atau gigitan dari hewan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sports Injuries A to Z: Types of Injuries and Treatments. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/sports-injuries-a-to-z)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
8 Kesalahan Saat Lari yang Sering Dilakukan
8 Kesalahan Saat Lari yang Sering Dilakukan

Kesalahan kecil yang dilakukan saat lari dapat mengurangi manfaatnya pada kesehatan, bahkan memungkinkan terjadinya masalah baru bagi tubuh, seperti lecet, nyeri kaki, cedera otot, dan lebam.

Cara Mudah Sembuhkan Cedera Menggunakan Metode RICE
Cara Mudah Sembuhkan Cedera Menggunakan Metode RICE

Perlu anda ketahui bahwa metode RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. Bagi anda yang baru pertama kali mendengar metode RICE ini mungkin masih terasa asing. Untuk lebih jelasnya maka dalam artikel ini akan dijelaskan cara menyembuhkan cedera menggunakan metode RICE yang bisa menambah wawasan anda.

Buka di app