Intunal F : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Feb 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.184.958 orang

Intunal merupakan salah satu jenis obat kombinasi yang bekerja sebagai analgetik juga sebagai pereda influenza. 

Obat ini dapat mengurangi gejala dema, nyeri kepala, batuk, bersin, dan meriang. Obat ini dapat dijual bebas tanpa harus menggunakan resep dokter. Masing-masing dari kombinasi obat memiliki mekanisme dan efek tertentu dalam fungsinya melawan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Obat intunal F memiliki kombinasi dari beberapa kandungan obat antara lain:

Paracetamol

Parasetamol merupakan kandungan obat yang umum digunakan sebagai pereda rasa sakit dan penurun panas akibat demam. Obat ini digunakan pada demam, nyeri kepala, dan lainnya karena efek samping yang ringan. 

Obat ini tidak memiliki efek anti inflamatori yang memadai sehingga tidak tergolong dalam obat NSAID atau Non steroidal Anti Inflamatory. Obat parasetamol bekerja menghambat enzim COX-1, COX-2 dan COX-3 sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang berpusat dari sistem saraf pusat.

Phenylpropanolamine HCL

Phenylpropanolamine HCL merupakan golongan obat yang mirip seperti psueodefedrin. Obat ini bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat. Obat ini bekerja di mukosa reseptor beta adregenik pada saluran pernapasan. 

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

REseptor alfa adregenik distimulasikan dan bervasonkonstriksi guna menurunkan hiperemia dan udem pada jaringan sehingga dapat melegakan jalur napas.

Chlorpheniramine Maleate    

Chlorpheniramine maleate merupakan obat golongan antihistamin. Obat ini juga sering disebut dengan CTM. Obat ini digunakan untuk mengatasi gatal, bersin, atau pilek yang disebabkan oleh alergi. Obat ini termasuk dalam penghambat histamin 1. 

Mekanismenya adalah dengan mengikat reseptor H1 penyebab iritasi dan memblokade aksi histamin tesebut. Obat ini memiliki efek kantuk yang tinggi.

Dextromethorphan

Dextromethorphan merupakan obat yang digunakan sebagai pereda batuk atau antitusif. Obat ini mengikat dan menghambat reseptor gtutamatergic NMDA. Obat ini menekan reflek batuk di medula otak

Guafenesin

Obat guafenesin bekerja sebagai ekspektoran. Mekanisme obat ini adalah dengan mengencerkan dan mengeluarkan dahak kental yang menghambat jalur napas. Obat ini mengurangi kekentalan dahak dan merelaksasi otot napas.

Manfaat dari obat Intunal F

Obat intunal F bermanfaat dalam mengatasi gejala flu dan batuk seperti batuk kering dan batuk berdahak.

Beberapa jenis alergi seperti rhinitis yang merupakan penyakit alergi yang sangat mengganggu aktivitas kita dan mengganggu pernapasan. 

Terjadinya rhinitis tidak hanya akibat infeksi virus atau bakteri tetapi adanya alergi seperti debu, bulu binatang, atau bebauan khas.  Rhinitis dapat menyebabkan peradangan selaput lendir yang tidak mengancam jiwa.

Batuk

Dasar dari timbulnya gejala batuk adalah reflek pertahanan pada saluran napas untuk meghindari objek asing atau infeksi yang mulai menyerang dari saluran napas atas. 

Batuk dapat dirangsang oleh benda asing yang menyumbat jalur tenggorokan, penyumbatan akibat lendir, atau adanya infeksi yang menyebabkan peradangan pada paru-paru (TBC, asma, Bronkitis, pneumonia).

Flu

Flu atau influenza merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan mulai dari hidung yang disebabkan oleh infeksi virus. Influenza tidak hanya menyebabkan gangguan pada pernapasan hidung tetapi juga dapat menimbulkan demam, sakit kepala, batuk, pegal-pegal, dan nyeri tenggorokan.

Efek Samping Obat Intunal F

Obat intunal F memiliki beberapa efek samping antara lain:

  • Mengantuk
  • Mulut kering
  • Palpitasi
  • Retensi urin
  • Gangguan organ hati
  • Depresi sistem saraf pusat

Kontraindikasi pada obat Intunal F

Informasi penting yang perlu diketahui terkait kontraindikasi pada pemberian obat intunal F antara lain:

  • Obat ini tidak boleh diminum melebihi dosis yang dianjurkan
  • Selama mengonsumsi obat ini, dihimbau tidak mengendarai kendaraan bermotor atau mengaplikasikan alat berat karena memiliki efek samping mengantuk
  • Tidak boleh diberikan pada pasien anak di bawah 6 tahun
  • Hati-hati terkait penggunaan obat intunal F pada pasien hipertensi, stroke, dan pada orang tua
  • Perhatikan dosis pada penderita asma

Dosis dan Cara Pemberian Obat Intunal F

Obat intunal tersedia dalam bentuk tablet yang dijual bebas dengan komposisi yaitu

  • Paracetamol 500 mg
  • Phenylpropanolamine HCL 15 mg
  • Guafenesin 50 mg
  • Dextromethorphan HBr 15 mg
  • Chlorpheniramine maleate 2 mg

Pada gejala batuk, pilek, dan influenza, obat dikonsumsi satu tablet diminum 3 kali sehari. Untuk pasien di bawah 12 tahun diberian ½ tablet diminum 3 kali sehari. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp