Enzyplex: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 585.231 orang

Pankreas adalah organ pada tubuh manusia yang memiliki fungsi utama menghasilkan enzim pencernaan. enzim pencernaan berfungsi untuk menghancurkan makanan yang kita konsumsi dan mengubahnya menjadi sari makanan yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Secara garis besar beberapa enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas meliputi:

  • Enzim Amilase yang fungsinya untuk mengubah karbohidrat menjadi molekul gula yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh
  • Enzim Lipase merupakan enzim pengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol agar lebih mudah diserap oleh tubuh
  • Enzim Protease merupakan enzim yang berfungsi untuk mengurai protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh
  • Desoxycholic acid merupakan zat asam empedu yang berperan melarutkan lemak makanan agar lebih mudah diserap oleh usus
  • Dimethylpolysiloxane menetralkan gas di dalam saluran cerna
  • Vitamin dan mineral. Vitamin B Kompleks dan Kalsium memiliki fungsi penting dalam menunjang reaksi-reaksi metabolisme, mengoptimalkan pemanfaatan sumber energi di dalam sel, sehingga membantu kelancaran pembentukan zat-zat penting untuk kesehatan tubuh

Saat terjadi gangguan pada pankreas akibat terjadinya radang pankreas (pankreatitis) kronis, cystic fibrosis, kanker pankreas, pasca operasi pengangkatan pankreas (pancreatectomy), atau pasca operasi saluran cerna, pankreas tidak dapat menghasilkan enzim pencernaan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan untuk mengganti fungsi enzim-enzim di atas, mungkin dibutuhkan.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Salah satu obat obatan yang dapat digunakan adalah Enzyplex. Enzyplex adalah obat yang diformulasikan khusus yang menyediakan enzim tambahan untuk sistem pencernaan Anda. Obat ini sebenarnya bisa digunakan pada orang normal dengan tujuan mempercepat proses pencernaan makanan, jika Anda seringkali mengalami kesulitan buang air besar dan perut kembung.

Selain itu, obat ini juga bermanfaat untuk meredakan sakit perut, meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.

Apa saja kandungan bahan lain di dalam obat Enzyplex?

Enzyplex tersedia dalam bentuk tablet dan syrup yang terdiri dari kombinasi beberapa zat. Berikut komposisinya: Enzim Amilase, Enzim Protease, Enzim Lipase , Dimethylpolysiloxane, Desoxycholic acid, Vitamin B1 (thiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacinaimde), Vitamin B6 (piridoxin), Vitamin B12 (cianocobalamin), Ca Pantothenate.

Mungkin terdapat kandungan bahan lain yang terkandung di dalam Enzyplex yang Anda minum. Konsultasikan dengan apoteker atau lihat pada bagian kemasan obat untuk memeriksa apakah ada bahan aktif lain yang terkandung di dalamnya. Anda harus selalu memeriksa kandungan dalam obat yang Anda konsumsi, khususnya jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap penggunaan obat tertentu. 

Bagaimana cara menggunakan Enzyplex?

Obat ini dapat dibeli bebas tanpa resep dokter, namun harap perhatikan aturan pakainya. Berikut dosis enzyplex yang direkomendasikan:

  • Dewasa: 1-2 tablet sebanyak 3 kali sehari
  • Anak-anak: 1 tablet sebanyak 2-3 kali sehari atas anjuran dari dokter

Cara pemakaian: Sebaiknya dikonsumsi setelah makan, atau pada saat makan. Konsumsilah secara teratur sesuai jadwal untuk manfaat optimal. Ikuti anjuran dokter, terutama ketika ia merekomendasikan diet khusus agar mendapatkan manfaat maksimal dari Enzyplex.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Enzyplex?

Obat Enzyplex dapat ditoleransi baik oleh tubuh sehingga jarang menimbulkan efek samping. Tetapi seperti obat apapun, obat ini tetap dapat menyebabkan efek samping. Berikut adalah daftar efek samping yang jarang terjadi.

Penggunaan obat yang mengandung enzim pankreas bisa membuat beberapa orang mengalami perut terasa tak nyaman, nyeri, mual, atau muntah. Efek samping jarang termasuk kram perut dan mencret. Informasi selengkapnya mengenai efek samping Enzyplex bisa Anda temukan pada brosur yang disertakan pada kemasan.

Beberapa gejala tersebut bisa menjadi pertanda bahwa dosis Enzyplex yang digunakan masih terlalu rendah, sehingga meningkatkan dosis mungkin dapat membantu. Namun perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagi orang dengan diabetes, suplemen enzim pankreas seperti ini dapat mempengaruhi kadar gula darah. Konsultasikan dengan Dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan apapun sebelum Anda ingin mengkonsumsi obat ini.

Segera berhenti menggunakan Enzyplex dan segera temui dokter, apabila timbul reaksi-reaksi alergi dengan ditandai muncul ruam merah pada kulit, gatal-gatal, dan pembengkakan pada wajah, dan saluran nafas (sangat jarang terjadi).

Apakah Enzyplex aman jika digunakan bersama dengan obat lain?

Konsultasikan dengan dokter mengenai pemberian obat ini bersama dengan obat-obatan lain, termasuk vitamin, obat herbal atau obat yang biasa Anda beli di warung. Jangan gunakan Enzyplex jika Anda menggunakan salah satu dari obat berikut.

  • Acarbose
  • Allopurinol
  • Amiodarone
  • Anti-diabetic drugs
  • Antidiabetic agents
  • Arsenic trioxide
  • Atorvastatin
  • Bromsulfophthalein
  • Carbamazepine

Informasi di atas hanyalah bertujuan untuk edukasi, jangan gunakan informasi di atas sebagai pengganti petunjuk dokter. Anda perlu pergi ke dokter, Agar dokter dapat memeriksa kondisi Anda secara keseluruhan agar Anda mendapatkan perawatan yang optimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp