Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Coral: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.168.146 orang

Coral disebut juga karang. Coral adalah struktur kerangka hewan laut yang membentuk terumbu karang, namun berbeda dengan akar karang (Corallorhiza odontorhiza).

Dalam dunia medis, Coral diolah menjadi suplemen kalsium untuk meringankan gejala multiple sclerosis. Coral juga diyakini mampu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Sejumlah ahli bedah menggunakan Coral untuk merangsang pertumbuhan tulang baru pada saat bedah rekonstruksi, operasi wajah, atau operasi tulang yang rusak akibat trauma. Sel-sel tulang yang baru nantinya akan tumbuh di dalam Coral dan memperbaiki kondisi tulang.

Mengenai Coral

Golongan

Suplemen kalsium

Kemasan

-

Kandungan

Polip karang atau Coral menyerap ion kalsium dan asam karbonat yang ada di air laut. Hal ini menyebabkan Coral mengandung beberapa zat di dalamnya, seperti:

  • Kristal agonit kalsium karbonat
  • Magnesium
  • Natrium
  • Kalium
  • Strontium
  • Fluor
  • Fosfor dalam bentuk fosfat

Baca Juga: Fungsi Kalsium untuk Tubuh Sehat dan Mengusir Penyakit

Manfaat Coral

Coral digunakan untuk merangsang pertumbuhan tulang, biasanya digunakan dalam kasus fusi tulang belakang dan tumor tulang. Hal ini berasal dari 2 komponen penting, yaitu strontium dan fluorin. 

Kandungan strontium pada Coral berperan dalam proses mineralisasi tulang. Mineralisasi adalah proses penyerapan kalsium ke dalam jaringan tulang, sehingga tulang jadi lebih kuat.

Sementara itu, kandungan fluorin dalam karang atau Coral 1,25-2,5 kali lebih banyak daripada tulang. Zat ini berfungsi untuk membantu proliferasi osteoblas, sehingga pembentukan tulang jadi lebih optimal.

Ahli bedah lebih banyak mengandalkan Coral daripada transplantasi tulang, sebab risiko infeksinya lebih rendah. Bahkan, risiko penularan AIDS atau hepatitis juga bisa ditekan dengan menggunakan Coral.

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan HIV dan AIDS

Manfaat Coral juga disinyalir bisa mengatasi kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya. Namun memang, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat Coral bagi kesehatan.

Efek samping Coral

Coral kemungkinan aman digunakan sebagai pengganti tulang saat operasi. Sebaiknya hindari menggunakan Coral secara oral, baik itu dimakan atau diminum, karena belum ada informasi medis yang membuktikan keamanannya.

Beberapa produk Coral oral diketahui mengandung timbal. Konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda menggunakan Coral sebagai suplemen tulang.

Dosis Coral

Dosis Coral atau karang berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai dosis Coral yang tepat dan aman.

Penting diketahui bahwa tidak semua produk alami alias herbal tergolong aman. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau apoteker sebelum menggunakan Coral sebagai suplemen kalsium.

Interaksi Coral

Belum ditemukan kemungkinan interaksi Coral dengan obat-obatan lainnya. Beri tahukan dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi  untuk mencegah potensi interaksi obat.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Coral sebagai suplemen herbal adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil, ibu menyusui, maupun anak-anak tidak dianjurkan untuk menggunakan Coral. Belum ada penelitian medis yang membuktikan keamanannya.
  • Coral tidak dapat menggantikan obat-obatan medis dari dokter. Jangan sembarang menggunakan Coral tanpa pengawasan dokter maupun tim medis lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp