Gejala Polip Hidung - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.116.026 orang

Pasti di antara kalian pernah mengalami kondisi di mana pilek berkepanjangan. Namun pada saat itu hidung Anda terasa tersumbat dan sulit bernapas. Kondisi seperti ini ternyata tidak bisa diremehkan karena bisa jadi merupakan Polip Hidung.

Bagi yang belum tahu mengenai Polip di hidung ini yaitu keadaan yang mana terdapat jaringan tumbuh di dalam lubang hidung. Biasanya berupa daging yang berkembang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Polip memiliki ukuran yang beragam dan memiliki warna yang serupa. Adanya Polip dapat menyumbat saluran hidung. Hidung akan terasa tersumbat, berair, kesulitan bernapas, hingga gangguan pada indera penciuman.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena daging yang tumbuh ini bersifat jinak dan bertekstur lunak. Polip tidak akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya yang Anda khawatirkan. Polip dapat dialami oleh siapa saja tidak mengenal umur namun jarang dialami anak-anak 10 tahun ke bawah. Polip bisa diatasi dengan melakukan terapi atau pengobatan dengan obat-obatan tertentu.

Mungkin sebagian orang takut akan penyakit ini karena belum tahu banyak tentang akibatnya. Maka bagi Anda yang belum tahu banyak mengenai Polip bisa membaca pembahasan di bawah ini.

Ciri-ciri dan gejala Polip Hidung

Salah satu gejala yang dialami penderita Polip yaitu mengalami peradangan pada lapisan hidung dan sinus yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu atau kronis. Gejala akan muncul ketika polip sudah berukuran besar.

Beberapa gejala yang dialami penderita antara lain hidung terus basah, hidung tersumbat terus menerus, kepekaangt;untuk mencium bau berkurang, nyeri pada wajah, sakit kepala, gigi atas yang nyeri, dahi terasa tertekan, mendengkur, bersin-bersin, dan terasa gatal di bawah mata.

Banyak penderita Polip yang pilek terus menerus dan disertai dengan bersin. Terkadang gejala muncul karena alergi terhadap aspirin. Polip harus ditangani secepatnya karena dapat menyebabkan peradangan kronis pada hidung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Penyebab Polip Hidung

Sampai saat ini penyebab adanya Polip di hidung belum diketahui secara jelas. Namun diduga Polip berskala dari hasil inflamasi akibat alergi, infeksi, asma, dan kelainan lain. Polip biasanya berisikan cairan inflamasi.

Meskipun bisa terjadi pada siapa saja, namun Polip sering dialami oleh orang dewasa. Beberapa faktor yang memengaruhi polip antara lain intoleransi terhadap Aspirin, sindrom Churg Strauss, dan alergi.

Polip juga dipengaruhi oleh faktor genetika, biasanya anak yang memilki orang tua penderita polip akan lebih tinggi risikonya juga.

Diagnosa Polip Hidung

Polip dapat diketahui dengan memeriksa lubang hidung penderita. Dokter THT akan membantu dalam memastikan pemeriksaan tersebut. Biasanya akan dilakukan beberapa tahap pemeriksaan menggunakan prosedur endoskopi dan prosedur CT-scan serta biopsi jika diperlukan.

Apabila Anda terkena polip hidung kemungkinan akan menimbulkan beberapa akibat gangguan kesehatan seperti penyumbatan saluran pernapasan, infeksi sinus, dan gangguan pernapasan saat tidur.

Cara mencegah Polip Hidung

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah datangnya Polip di hidung Anda. Sebaiknya jagalah kelembaban di dalam rumah bisa menggunakan Humidifier. Serta tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun agar terhindar dari bakteri dan virus.

Benda-benda tertentu yang dapat menimbulkan alergi juga perlu dihindari seperti bahan kimia, barang berdebu, dan lainnya. Bagi penderita asma dan alergi sebaiknya selalu lakukan pengobatan untuk mencegah peradangan yang lebih parah.

Yang terakhir sebaiknya selalu bersihkan lubang hidung Anda untuk menurunkan risiko alergi dan iritasi di dalam lubang hidung.

Pengobatan yang bisa dilakukan

Obat Kortikosteroid dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran Polip di hidung. Obat ini berbentuk tablet, infus, dan semprot. Pengobatan yang disebabkan oleh alergi dapat menggunakan antihistamin dan antibiotik untuk mengatasi infeksi kronis.

Selain menggunakan obat, jalan operasi dapat ditempuh untuk menghilangkan Polip Hidung ini. Namun Polip kemungkinan dapat muncul kembali meskipun sudah melalui beberapa pengobatan.

Itulah mengenai Polip Hidung yang menjadi gangguan pada pernapasan. Belum diketahui pasti bagaimana menghilangkannya secara permanen. Namun beberapa pengobatan dapat diusahakan agar dapat sembuh total. Pencegahan pun dapat dilakukan agar risiko menderita polip lebih kecil. Serta tidak lupa konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit