Bishop's weed: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.088.419 orang

Bishop’s weed (Trachyspermum ammi L. Sprague.) adalah tanaman yang dimanfaatkan dalam pengobatan herbal. Gulma Bishop merupakan tanaman tahunan bercabang yang halus atau sedikit berbulu, mempunyai tinggi sekitar 60-90 cm, berbatang lurik, dan berdaun tipis.

Mengenai Bishop’s Weed

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul, krim, cairan, dan bubuk.

Kandungan

Methoxsalen dan lainya

Manfaat Bishop's Weed

Bishop’s weed memiliki beberapa manfaat dalam mengobati berbagai keluhan seperti:

  • Gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, tinea versikolor dan vitiligo
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit tenggorokan, bronkitis, asma
  • Batu ginjal
  • Retensi cairan

Efek samping Bishop's weed

Tidak ada informasi yang cukup tentang efek samping yang ditimbulkan. Saat diminum, gulma uskup (bishop’s weed) dapat menimbulkan gejala mual, muntah, dan sakit kepala

Sebagian orang mengalami efek samping pilek, ruam, atau gatal-gatal. Ada juga beberapa kekhawatiran bahwa gulma uskup dapat membahayakan hati atau retina mata.

Dosis Bishop's Weed

Dosis penggunaan bishop’s weed biasanya tergantung oleh beberapa faktor seperti usia penderita, kesehatan, dan kondisi lainnya. Sampai saat ini belum ada informasi ilmiah terkait dosis bishop’s weed. Sebaiknya Anda melihat pada petunjuk di kemasan produk atau lebih baik jika Anda bertanya pada dokter.

Interaksi Bishop’s Weed

Hindari penggunaan kombinasi penggunaan obat berikut ini:

  • Obat-obatan yang dapat diubah oleh substrat hati (Cytochrome P450 3A4 (CYP3A4)) berinteraksi dengan bishop’s weed. Mengonsumsi gulma Bishop bersamaan dengan beberapa obat yang dapat dipecah oleh hati dapat meningkatkan efek samping dari beberapa obat. Beberapa obat yang diubah oleh hati seperti lovastatin (Mevacor), ketoconazole (Nizoral), itraconazole (Sporanox), fexofenadine (Allegra), triazolam (Halcion), dan banyak lainnya.
  • Obat-obatan yang dapat membahayakan hati (obat-obatan hepatotoksik) berinteraksi dengan bishop’s weed. Mengonsumsi gulma uskup bersama dengan obat-obatan yang mungkin juga membahayakan hati dapat meningkatkan risiko kerusakan hati. Beberapa obat yang dapat membahayakan hati seperti asetaminofen (Tylenol dan lainnya), amiodarone (Cordarone), carbamazepine (Tegretol), isoniazid ( INH), methotrexate (Rheumatrex), methyldopa (Aldomet), fluconazole (Diflucan), itraconazole (Sporanox), erythromycin (Erythrocin, Ilosone, yang lain), phenytoin (Dilantin), lovastatin (Mevacor), pravastram (Pravastram) ), dan banyak lagi.
  • Obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari (obat Fotosensitisasi) berinteraksi dengan bishop's weed. Mengonsumsi gulma uskup bersama dengan obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari dapat meningkatkan kemungkinan kulit terbakar, melepuh atau ruam pada area kulit yang terkena sinar matahari. Beberapa obat yang menyebabkan fotosensitivitas meliputi amitriptyline (Elavil), Ciprofloxacin (Cipro), norfloxacin (Noroxin), lomefloxacin (Maxaquin), ofloxacin (Maxxin ), levofloxacin (Levaquin), sparfloxacin (Zagam), gatifloxacin (Tequin), moxifloxacin (Avelox), trimethoprim / sulfamethoxazole (Septra), tetrasiklin, methoxsalen (8-methoxypsoralen, 8-Moral, Oxalor)
  • Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan Antikoagulan / Antiplatelet) berinteraksi dengan bishop’s weed. Mengonsumsi gulma uskup bersamaan dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan. Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah seperti aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, lainnya), ibuprofen ( Advil, Motrin, lain-lain), naproxen (Anaprox, Naprosyn, lainnya), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Perhatian

  • Ibu hamil sebaiknya menghindari penggunaan bishop’s weed, karena dapat menyebabkan kontraksi pada rahim yang dapat mengancam janin.
  • Jika Anda mempunyai penyakit liver, sebaiknya menghindari penggunaan bishop’s weed, karena dapat memperburuk penyakit Anda.
  • Hentikan penggunaan setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.
  • Penggunaan bishop’s weed dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari, gunakan tabir surya jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan.
  • Konsultasilah dengan dokter sebelum Anda menggunakan suplemen ini untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp