Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Bayi Susah Makan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.366.369 orang

Pemberian makanan yang buruk pada bayi

Pemberian makanan yang buruk atau poor feding pada bayi digunakan untuk menggambarkan bayi dengan sedikit nafsu makan. Hal ini juga dapat merujuk pada bayi yang tidak cukup makan untuk menerima nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang memadai. Pertumbuhan yang buruk terkait dengan kurangnya makan dapat menyebabkan kondisi terpisah yang disebut gagal tumbuh.

Pemberian makanan yang buruk dapat disebabkan oleh berbagai insiden. Hal ini berbeda dari pilih-pilih makan, di mana bayi dapat menolak satu bentuk susu untuk yang lain, atau balita dapat menolak makanan tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tidak peduli apa penyebab yang tepat dari pemberian makanan yang buruk, saat ini kekurangan gizi menjadi perhatian utama. Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 45 persen kematian anak terkait dengan kekurangan gizi.

Penting untuk tidak mengabaikan pemberian makanan yang buruk sebagai sesuatu yang akan meningkat seiring waktu. Hal ini adalah titik kritis dalam kehidupan anak Anda, dan kehilangan nutrisi penting dapat menyebabkan masalah fisik dan kognitif.

Penyebab pemberian makanan yang buruk pada bayi

Salah satu penyebab paling umum dari pemberian makanan yang buruk adalah kelahiran prematur. Bayi prematur biasanya merupakan poor feeders karena bayi umumnya belum mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengisap dan menelan susu.

Meski begitu, menyusu biasanya meningkat seiring pertumbuhan bayi. Jika bayi Anda lahir prematur tetapi masih memiliki masalah makan setelah meninggalkan rumah sakit, penting untuk menghubungi dokter anak Anda segera.

Penyebab lain termasuk kondisi bawaan seperti herpes dan penyakit kuning, dan infeksi seperti viral gastroenteritis. Setelah kondisi ini diobati, pemberian makanan yang buruk biasanya berkurang.

Kondisi serius

Pemberian makan yang buruk juga dapat disebabkan oleh kondisi serius, seperti sindrom Beckwith-Wiedemann. Sindrom ini adalah sindrom pertumbuhan berlebih yang menyebabkan bayi menjadi sangat besar dan tumbuh dengan kecepatan yang sangat cepat. Hal ini mempengaruhi sekitar 1 dari 13.700 bayi baru lahir di seluruh dunia. Kondisi serius lainnya termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Hipotiroidisme bawaan: terjadi ketika tiroid gagal berkembang atau berfungsi dengan baik
  • Hipoplastik jantung kiri: kondisi langka yang terjadi ketika sisi kiri jantung gagal berkembang dengan baik, dan tidak mampu memompa darah ke tubuh
  • Botulisme bayi: dapat terjadi ketika bayi menelan bakteri Clostridium botulinum, yang menghasilkan racun berbahaya dalam tubuh yang dapat memengaruhi pernapasan dan makan
  • Sindrom Down

Kondisi kurang serius

Kasus-kasus pemberian makanan yang buruk sama sekali tidak berhubungan dengan kondisi bawaan. Penyakit sementara dapat membuat makan menjadi tidak nyaman (dan bahkan menyakitkan) untuk bayi. Penyakit umum yang menghalangi makan meliputi:

  • Diare
  • Infeksi telinga
  • Batuk dan pilek
  • Tumbuh gigi

Jika ragu, sebaiknya periksa kembali dengan dokter anak. Anda tidak ingin menganggap penyakit ringan padahal sebenarnya ada kondisi mendasar yang serius.

Perawatan darurat

Kesulitan makan adalah masalah serius. Ketika disertai dengan gejala lain, perawatan darurat atau emergency care mungkin diperlukan. Cari pertolongan medis segera jika bayi Anda menunjukkan salah satu dari tanda-tanda berikut:

  • Belum makan lebih dari empat jam
  • Menderita demam lebih dari 100 derajat Fahrenheit
  • Muntah setelah makan
  • Muntah darah
  • Memiliki batuk yang persisten dan memburuk
  • Menangis terus menerus
  • Memiliki tinja berdarah
  • Mengi
  • Menjadi tidak responsif terhadap sentuhan

Pengobatan pemberian makanan yang buruk pada bayi

Pemberian makanan yang buruk yang disebabkan oleh infeksi biasanya dapat berhenti ketika infeksi diobati.

Pengobatannya sama dengan penyebab lain dari poor feeding. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan perubahan jadwal makan yang terdiri dari makanan kecil, yang diberikan lebih sering. Hal ini juga bisa melibatkan penggantian metode menyusui dari payudara ke botol.

Jika dicurigai intoleransi berbahan dasar susu, dokter Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk menemukan formula yang sesuai dengan bayi Anda. Jika Anda telah memberi susu formula kepada bayi Anda, dokter Anda mungkin meminta Anda untuk mencoba menyusui untuk melihat apakah bayi Anda menyusu dengan lebih baik.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pengobatan di rumah

Sementara kasus-kasus serius pemberian makanan yang buruk membutuhkan perawatan medis yang cepat, kasus-kasus lain dapat diselesaikan di rumah dengan saran dari seorang dokter anak.

Jika bayi Anda menyusui, cobalah untuk menghindari:

  • Berolahraga tepat sebelum menyusui (ini dapat menyebabkan penumpukan asam laktat dalam ASI Anda)
  • Makan banyak makanan berbeda yang biasanya tidak Anda makan. Hal ini bisa muncul di ASI dan mematikan bayi Anda
  • Obat yang dapat masuk ke dalam ASI
  • Oleskan lotion dan produk kulit lainnya ke payudara Anda
  • Tingkat stres yang tinggi. Hal ini juga dapat membuat rasa susu Anda berbeda

Pertimbangan lain mungkin menyangkut pemberian susu formula serta bayi yang sudah memulai makanan padat.

Pemberian susu formula

Walaupun menyusui adalah metode nutrisi yang lebih disukai untuk bayi yang direkomendasikan oleh lembaga kesehatan seperti WHO, adalah fakta bahwa tidak semua bayi berhasil dengan metode ini.

Jika bayi Anda tampaknya tidak menyusu meski telah berulang kali mencoba, Anda dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter tentang pemberian susu formula.

Meskipun diberi susu formula, Anda mungkin masih bisa mencoba menyusui. Kuncinya adalah bayi Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.

"Makan Pilihan"

Setelah usia 6 bulan, dokter anak Anda dapat mendorong Anda untuk memperkenalkan makanan padat untuk bayi Anda. Sementara makanan padat tidak boleh menggantikan ASI pada fase kehidupan anak Anda, sebagian besar bayi membutuhkan nutrisi tambahan sekitar 6 bulan. Contohnya termasuk sereal beras, buah-buahan dan sayuran bubur, dan gigitan yogurt bayi.

Memperkenalkan makanan padat bisa menyenangkan bagi orang tua dan anak. Namun, beberapa bayi tidak mengonsumsi makanan padat seperti bayi lainnya. Hal ini bisa mengkhawatirkan, tetapi masalah ini dapat diselesaikan dengan:

  • Mencampur sereal dengan makanan padat
  • Menawarkan makanan padat dalam peningkatan yang kecil
  • Hanya memberikan makanan padat dua hingga tiga kali sehari
  • Mulai dengan satu makanan pada satu waktu, dan kemudian memperkenalkan yang lain saat bayi Anda terbiasa dengan makanan padat

Ketika seorang bayi tidak suka makanan padat, mudah untuk menyimpulkan bahwa mereka adalah "pilih-pilih makanan." Namun, fase ini biasanya tidak dimulai sampai bayi Anda menjadi balita.

Manajemen stres

Saat bayi Anda makan dengan buruk, mudah stres. Hal ini terutama berlaku untuk ibu baru yang mungkin belum tahu perbedaan antara kondisi serius dan masalah makan yang ringan.

Ingatlah bahwa stres dapat memperburuk masalah makan, stres tidak hanya menyebabkan ASI terasa buruk, tetapi bayi Anda juga tidak mungkin merespons upaya Anda menyusui jika mereka merasakan ada sesuatu yang salah.

Mengelola stres tidak akan mengobati semua penyebab poor feeding, tetapi dalam banyak kasus hal ini dapat membantu. Sulit untuk menemukan waktu untuk diri sendiri selama tahap sibuk di fase ini, bahkan beberapa menit sehari dapat membantu. Ketika Anda merasa stres datang selama menyusui, luangkan waktu sejenak untuk bernafas dalam sebelumnya.

Pandangan

Pemberian makanan yang buruk pada bayi dapat menyebabkan masalah serius seperti kekurangan gizi dan pertumbuhan terhambat. Sangat penting bahwa bayi diberi makan dan mencerna nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Bayi yang menyusu dengan buruk harus dibawa ke dokter anak untuk evaluasi. Setelah diagnosis yang tepat, pengobatan mungkin diperlukan.

Dalam kasus lain, pemberian makan yang buruk dapat diselesaikan melalui teknik yang baik dan ketekunan di rumah. Jika Anda menduga kesulitan makan dapat menyebabkan masalah lain, segera hubungi dokter.


Referensi

Cherney, K. Healthline (2017). Teething Syndrome: When Your Baby Starts Teething.

Shroff, A (2016). WebMD. Why Won't Baby Eat?

Sullivan, D. Healthline (2016). Poor Feeding in Infants.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini