Bagaimana Paru-Paru Perokok Berbeda dari Paru-Paru Sehat?

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bagaimana Paru-Paru Perokok Berbeda dari Paru-Paru Sehat?

Anda mungkin tahu bahwa merokok tembakau tidak baik untuk kesehatan Anda. Sebuah laporan baru-baru ini mengaitkan kematian hampir setengah juta setiap tahun dengan kebiasaan merokok. Paru-paru Anda adalah salah satu organ yang paling terpengaruh oleh tembakau ini. 

Beginilah cara merokok mempengaruhi paru-paru dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Bagaimana fungsi paru-paru bukan perokok?

Udara dari luar tubuh masuk melalui jalur yang disebut trakea. Kemudian melewati outlet yang disebut bronkiolus. Ini terletak di paru-paru.

Paru-paru Anda terdiri dari jaringan elastis yang berkontraksi dan mengembang saat Anda bernapas. Bronkiolus membawa udara bersih yang kaya oksigen ke paru-paru dan mengeluarkan karbon dioksida. Struktur kecil seperti rambut melapisi paru-paru dan jalur udara. Ini disebut silia.

 Mereka membersihkan debu atau kotoran yang ditemukan di udara yang Anda hirup.

Bagaimana merokok mempengaruhi paru-paru anda?

Asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang merusak sistem pernapasan Anda. Zat kimia ini mempengaruhi paru-paru dan dapat menyebabkan produksi lendir yang berlebihan. Karena itu, perokok berisiko tinggi mengalami batuk , bronkitis, dan penyakit menular seperti pneumonia

Peradangan ini juga dapat memicu serangan asma pada penderita asma.

Nikotin dalam tembakau juga melumpuhkan silia. Biasanya, silia membersihkan bahan kimia, debu, dan kotoran melalui gerakan menyapu yang terkoordinasi dengan baik. Ketika silia tidak aktif, zat beracun dapat menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan hidung tersumbat dan menyebabkan batuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Baik tembakau dan bahan kimia yang ditemukan dalam rokok mengubah struktur seluler paru-paru. Dinding elastis di dalam saluran udara rusak. Hal ini menandai bahwa ada area permukaan yang kurang berfungsi di paru-paru.

Agar dapat secara efektif menukar udara yang kita hirup, yang kaya akan oksigen, dengan udara yang kita hembuskan, yang diisi dengan karbon dioksida, kita membutuhkan area permukaan yang luas.

Ketika jaringan paru-paru rusak, mereka tidak dapat mengambil bagian dalam pertukaran ini. Akhirnya, ini mengarah ke kondisi yang dikenal sebagai emfisema. Kondisi ini ditandai dengan sesak napas.

Banyak perokok akan mengalami emfisema. Jumlah rokok yang Anda hisap dan faktor gaya hidup lainnya dapat memengaruhi seberapa banyak kerusakan yang terjadi. Jika Anda didiagnosis menderita emfisema atau bronkitis kronis, Anda akan dikatakan menderita penyakit paru obstruktif kronis (COPD). 

Kedua gangguan tersebut adalah jenis COPD.

Risiko kondisi yang dialami oleh para perokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan sejumlah kondisi, diantaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1
  • sesak napas
  • gangguan kinerja atletik
  • batuk kasar
  • kesehatan paru-paru yang buruk
  • bau mulut
  • gigi kuning
  • rambut, tubuh, dan pakaian berbau

Merokok juga dikaitkan dengan banyak risiko kesehatan jangka panjang. Telah dipahami bahwa perokok jauh lebih mungkin terjangkit semua bentuk kanker paru-paru. Diperkirakan 90 persen kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. 

Pria yang merokok 23 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada pria yang tidak pernah merokok. Demikian pula, wanita 13 kali lebih mungkin mengembangkan kanker paru-paru daripada wanita yang tidak pernah merokok.

Merokok juga meningkatkan risiko penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru seperti COPD dan pneumonia. Perokok juga lebih mungkin mengalami kanker:

Kanker bukan satu-satunya masalah kesehatan jangka panjang yang dapat menyebabkan rokok. Menghirup tembakau juga mengganggu sirkulasi darah. Ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkena:

Bagaimana cara berhenti merokok?

Meskipun mungkin tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan ini, bicarakan dengan dokter atau orang lain untuk memulai di jalur yang benar.

Ada sejumlah pilihan yang tersedia untuk membantu Anda berhenti merokok, termasuk:

  • patch nikotin
  • e-rokok
  • menghadiri grup sesi 
  • konseling
  • mengelola kondisi yang mendorong merokok, seperti stres
  • latihan fisik

Penting untuk mencoba berbagai metode saat berhenti merokok. Terkadang sangat membantu untuk menggabungkan berbagai strategi, seperti berolahraga dan pengurangan nikotin. Mengurangi jumlah yang Anda merokok atau menghilangkan kebiasaan dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.

Jika Anda mengalami gejala penarikan, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Dokter dapat membantu Anda menentukan rencana berhenti merokok yang tepat untuk Anda.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
U.S. Department of Health and Human Services. (2012). Preventing tobacco use among youth and young adults: A report of the Surgeon General.Retrieved from (http://www.surgeongeneral.gov/library/reports/preventing-youth-tobacco-use/full-report.pdf)
U.S. Department of Health and Human Services. (2014). The health consequences of smoking—50 years of progress: A report of the Surgeon General. Retrieved from (http://www.surgeongeneral.gov/library/reports/50-years-of-progress/full-report.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app