Alasan Pengecekan Mulut Terlebih Dahulu saat Berobat ke Dokter

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Alasan Pengecekan Mulut Terlebih Dahulu saat Berobat ke Dokter

Apakah Anda pernah berobat ke dokter? Jika pernah, Anda pasti tidak asing dengan permintaan dokter yang menyuruh Anda membuka mulut lebar-lebar sebelum memeriksa anggota tubuh Anda yang lain, bukan? Sebenarnya apa tujuannya ya? 

Mulut : Awal Masuknya Penyakit ke Tubuh 

Mulut adalah tempat awal masuknya makanan dan minuman sebelum dicerna dan masuk ke organ pencernaan yang lain. Maka dari itu, banyak bakteri jahat maupun baik yang bersarang di mulut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Bakteri baik di mulut dapat melindungi gigi dan gusi serta memperlancar pencernaan. Meskipun bakteri jahat tidak berbahaya, namun tetap saja bisa menimbulkan penyakit bila masuk ke peredaran darah. 

Infeksi yang terjadi di mulut dapat menyebar melalui sel peredaran darah sehingga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan organ tubuh lainnya. Hal ini disampaikan oleh seorang ahli gigi dan mulut dari American Dental Association (ADA), Sally Cram, D.D.S. 

Infeksi yang terjadi di mulut ini biasanya dipengaruhi oleh makanan yang dimakan serta kebersihan gigi dan mulut. Apabila Anda tidak menggosok gigi secara teratur, maka bakteri di mulut akan membentuk plak gigi yang dapat menimbulkan infeksi dan dapat menyebar melalui peredaran darah.

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir akan infeksi yang terjadi, bila Anda memiliki sistem imun yang kuat, karena sistem imun itulah yang nantinya akan melawan infeksi. Namun, apabila sistem imun Anda lemah, bakteri infeksi yang masuk melalui peredaran darah akan menyebar ke organ tubuh lain dan menginfeksinya juga. 

Salah satu contohnya adalah penyakit endokarditis infektif, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri di mulut yang dapat menyerang lapisan katup jantung.

Alasan Pengecekan Mulut Terlebih Dahulu saat Berobat ke Dokter

Alasannya adalah karena kesehatan tubuh dan penyebab penyakit yang Anda alami dapat tercermin dari kondisi mulut Anda, mulai dari kondisi gigi, gusi, lidah, hingga ke tenggorokan. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

Misalnya saja untuk mengecek seberapa kecukupan cairan tubuh Anda dan penyakit yang mungkin Anda derita, dokter dapat mengetahuinya dengan melihat kondisi permukaan dan warna lidah Anda. 

Apabila terlihat lapisan putih atau bintik putih yang lumayan tebal di lidah, berarti mungkin Anda menderita sariawan karena infeksi jamur. Atau mungkin juga terkena leukoplakia yang bisa menjadi kanker mulut.

Selain itu, kondisi tenggorokan Anda juga dapat menunjukkan apakah ada infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan, radang amandel, ataupun abses

Pada permukaan mulut yang terdapat lapisan putih juga menandakan adanya gejala infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Biasanya dokter melihat kondisi mulut dan tenggorokan Anda dengan menggunakan senter supaya lebih jelas. 

Penyakit Apa Saja yang Dapat Dilihat dari Kesehatan Mulut? 

Peradangan pada gusi (periodonsitis) dapat menimbulkan masalah pada organ tubuh lainnya seperti : endokarditis, penyakit kardiovaskular, penyakit dari deteksi warna lidah, masalah kehamilan dan kelahiran, serta tonsillitis.

Endokarditis

Endokarditis merupakan penyakit akibat infeksi dari bakteri di mulut menyerang lapisan dalam jantung melalui pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Polishing 1 Kali di AM Dental Care

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Pada beberapa pasien yang tidak tahan sakit terkadang membutuhkan anestesi (bius) lokal, biaya anestesi tidak termasuk pada paket ini. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan polishing   1 kali di am dental care

Penyakit kardiovaskular

Beberapa hasil studi mengungkapkan  bahwa penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke, dan arteri tersumbat mungkin terjadi akibat bakteri mulut yang masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pada organ kardiovaskular.

Penyakit dari deteksi warna lidah

Beberapa penyakit dapat dideteksi dari warna lidahnya, misalnya warna lidah dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan dalam tubuh Anda. Contohnya, lidah yang berwarna merah tua menunjukkan bahwa tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B-12. 

Lidah yang berwarna hitam menunjukkan gejala penyakit diabetes, serta lidah dengan lapisan putih menunjukkan adanya sariawan ataupun leukoplakia. 

Masalah kehamilan dan kelahiran

Periodontitis atau peradangan pada gusi ibu hamil, dapat menyebabkan bayi lahir prematur dengan berat badan yang rendah (BBLR).

Tonsilitis

Tonsilitis adalah saat dimana amandel bengkak, berwarna merah, dan ada bercak putih atau kuning.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Health Screening: What Tests You Need and When. (2007). National Institutes of Health and Friends of the National Library of Medicine. Retrieved May 30, 2013 from. (http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/magazine/issues/winter07/articles/winter07pg17a.html)
Guide to Clinical Preventive Services. (2010, Sept). U.S. Department of Health Human Services. Retrieved June 3, 2013 from . (http://www.ahrq.gov/professionals/clinicians-providers/guidelines-recommendations/guide/index.html)
Regular check-ups are important. (2015). (http://www.cdc.gov/family/checkup)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app