Temukan Penjelasan Medis Soal Warna Lidah Berwarna Kuning

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 28, 2019 Waktu baca: 2 menit
Temukan Penjelasan Medis Soal Warna Lidah Berwarna Kuning

Warna merah muda merupakan warna yang paling baik bagi lidah, karena menandakan bahwa lidah anda berada dalam kondisi yang sehat.  Ditambah dengan sedikit lapisan berwarna putih di bagian tengah lidah. 

Namun, apabila anda memiliki kondisi lidah berwarna kuning, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala biasa yang dapat hilang dengan sendirinya, atau bahkan bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu gejala serius sehingga membutuhkan penanganan medis dengan segera.  

Namun sebelum anda pergi ke dokter, pastikan terlebih dahulu hal yang mungkin saja menjadi penyebab warna lidah menjadi kuning secara mandiri. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Rokok

Penyebab yang bisa menjadikan lidah anda kuning adalah karena kegiatan merokok. Dimana beragam bahan kimia dan karsinogenik pada tembakau akan membuat lidah berubah warna. Apalagi jika anda seorang perokok aktif dalam kurun waktu yang lama.

Kurang menjaga Kebersihan Mulut

Penyebab lidah kuning lainnya adalah tidak membersihkan area mulut dengan optimal. Salah satu bagian paling adalah di area gigi, dimana terdapat tumpukan sel kulit mati dan kandungan bakteri yang terletak di antara papila atau area bintil lidah.

Dengan demikian anda harus menjaga kebersihan gigi dengan baik ditambah dengan penyikat khusus lidah dan diakhiri berkumur. Setelah itu perbanyak minum air putih yang berfungsi sebagai penghilang warna kuning di lidah secara berkala.

Penggunaan Obat Kumur berbahan Zat Oksidasi

Apabila anda merupakan salah seorang pengguna obat kumur dengan merk tertentu. Maka obat kumur yang mengandung bahan peroksida, menthol dan witch Hazel dapat membuat warna lidah berubah menjadi kuning.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dengan demikian disarankan untuk mencari kandungan bahan obat kumur yang baik untuk semua bagian di area mulut, mulai dari gigi dan lidah.

Sedang berada dalam masa pengobatan

Beberapa obat-obat tertentu memiliki efek yang bisa membuat lidah anda menjadi kuning. Hal tersebut bisa terjadi akibat mikroba di dalam lidah berada dalam kondisi abnormal. 

Sehingga beberapa jenis bakteri mudah berkembangbiak di dalam mulut. Salah satu jenis obat adalah Pepto Bismol yang memiliki efek terhadap warna lidah.

Dengan demikian selama mengalami proses pengobatan, anda dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan mencegah mulut tidak kering. Sehingga akan mampu mengurangi efek kuning pada lidah.

Sakit Kuning

Penyebab serius yang harus anda perhatikan adalah sakit kuning, dimana penyakit ini dapat menyebabkan semua anggota tubuh termasuk lidah dapat berwarna kuning. 

Sebagai akibat yang ditimbulkan kerusakan organ hati yang tidak mampu mengolah zat sisa Bilirubin dengan sempurna. Sehingga Bilirubin yang cenderung berwarna kuning ini menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui aliran darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Meskipun dapat membuat tubuh kuning, namun sebenarnya zat Bilirubin menjadi pigmen kuning akibat dari sel darah merah yang mengalami kerusakan. Dengan demikian anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis tertentu untuk mendapatkan penangan medis.

Lidah Geografis

Penyebab selanjutnya adalah lidah geografis yang menjadi salah satu kelainan pada struktur lidah. Dimana permukaan lidah tidak tertutup sempurna oleh papila, sehingga anda seolah mengalami kebotakan pada area lidah namun dengan letak yang tidak teratur. 

Kondisi ini juga diperparah dengan timbulnya warna kuning dan bahkan dapat menimbulkan rasa sakit.

Demikian beberapa penjelasan tentang penyebab yang bisa membuat lidah anda menjadi kuning. Segera lakukan pencegahan, baik dengan meningkatkan berbagai kebiasaan baik dan berkonsultasi dengan dokter perihal lidah kuning yang anda alami.   

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yellow Tongue: Causes, Treatment, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/yellow-tongue)
Yellow tongue: Causes, treatments, and when to see a doctor. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320022.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui 5 Fungsi Lain Lidah Selain sebagai Indra Pengecap
Ketahui 5 Fungsi Lain Lidah Selain sebagai Indra Pengecap

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga mempunyai fungsi lain diantaranya sebagai berikut:

Bibir Terasa Panas Seperti Terbakar
Bibir Terasa Panas Seperti Terbakar

Jika sudah terlanjur terkena bibir kering, maka Anda perlu melakukan pengobatan untuk bibir kering dan panas. Sebenarnya apa yang menyebabkan bibir terasa panas dan kering?

Buka di app