Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Oral Leukoplakia Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Apr 4, 2019 Tinjau pada Mei 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 728.277 orang

Bercak putih pada mulut bisa merupakan tanda apa saja, bisa karena kurang minum, bisa karena pertanda Anda sedang menderita demam typhoid (tipes). Tapi bercak putih pada rongga mulut yang perlu Anda waspadai adalah bercak putih dengan permukaan meninggi yang dikenal dengan istilah oral leukoplakia.

Apa itu oral leukoplakia?

Oral Leukoplakia adalah suatu kondisi di mana terdapat bercak pada rongga mulut yang tebal,putih terbentuk di lidah dan lapisan mulut Anda. Merokok adalah penyebab paling umum. Tetapi iritasi akibat paparan zat lain juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Leukoplakia ringan biasanya tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya. Kasus yang lebih serius berhubungan erat dengan kanker mulut. Jika ini terjadi maka harus segera ditangani.

Apa penyebab timbulnya oral leukoplakia? 

Penyebab pasti timbulnya leukoplakia tidak diketahui. Hal ini berkaitan dengan penggunaan tembakau. Merokok adalah penyebab paling umum timbulnya oral leukoplakia. Mengunyah tembakau juga bisa menyebabkan leukoplakia. Selain tembakau, penyebab lain munculnya leukoplakia adalah:

  • cedera pada bagian dalam pipi Anda, seperti luka gigit
  • gigi kasar dan tidak rata
  • gigi palsu, terutama jika tidak dipasang dengan benar
  • kondisi peradangan tubuh
  • penggunaan alkohol jangka panjang

Sementara beberapa penelitian menunjukkan mungkin ada hubungan antara leukoplakia dan virus papiloma manusia, tapi tidak ada cukup bukti untuk mendukung teori ini.

Apa perbedaan Oral Leukoplakia dengan bercak putih lainnya?

Leukoplakia ditandai dengan bercak yang tampak tidak biasa di dalam mulut Anda. Bercak putih ini memiliki rupa yang bervariasi dan mungkin memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • warna putih atau abu-abu
  • permukaan tebal, keras
  • berbulu (pada hairy leukoplakia)
  • bintik merah (jarang)
  • Kemerahan mungkin merupakan tanda kanker. Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki bercak-bercak putih dengan bintik-bintik merah.

Leukoplakia juga dapat terjadi pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, dan di bawah atau di lidah Anda.Leukoplakia memerlukan waktu beberapa minggu untuk berkembang, dan leukoplakia umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter karena muncul bercak putih pada rongga mulut?

  • Bercak putih di mulut Anda belum hilang setelah 2 minggu muncul. Walaupun kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker, bercak putih pada mulut yang tidak kunjung hilang dalam waktu 2 minggu wajib diperiksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebab munculnya bercak putih tersebut.
  • Munculnya bercak putih di lidah Anda bersamaan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah - misalnya, Anda mengidap HIV atau telah melakukan transplantasi organ.          

Diagnosis Leukoplakia

Untuk mendiagnosis leukoplakia, biasanya dapat dilakukan hanya melalui pemeriksaan mulut. Akan tetapi, bila kondisi lain dicurigai, pemeriksaan biopsi (pengambilan sampel jaringan) pada bercak mulut perlu dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Tujuan dari tes biopsi ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab leukoplakia, serta menyingkirkan kemungkinan penyakit lain seperti kanker mulut atau candidiasis.

Pengobatan pada leukoplakia

Penanganan untuk leukoplakia umumnya tidak diperlukan, tetapi disarankan agar Anda melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan bercak putih tidak bertambah besar.

Bercak mungkin menjadi lebih kecil atau hilang jika Anda:

  • berhenti merokok
  • kurangi jumlah alkohol yang Anda minum Operasi terkadang diperlukan untuk membuang bercak leukoplakia jika beresiko berkembang menjadi kanker. Prosedurnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk menggunakan laser atau pisau bedah

Mencegah leukoplakia dan kanker mulut

Di Inggris, leukoplakia sebagian besar disebabkan oleh merokok. Namun terkadang penyebab pastinya tidak diketahui. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda terkena leukoplakia. Anda juga dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker mulut dengan cara :

  • menjaga mulut dan gigi tetap sehat dengan menjaga kebersihan mulut yang baik
  • melakukan pemeriksaan gigi rutin
  • jika Anda memakai gigi palsu, pastikan gigi palsu Anda terpasang dengan benar
  • makan diet seimbang, termasuk banyak buah dan sayuran segar.

Perbedaan Oral Leukoplakia dan Oral Thrush

Selain oral leukoplakia, bercak putih pada mulut juga sering disebabkan oleh jamur. Jamur yang tumbuh pada rongga mulut sering terjadi pada orang dengan gangguan sistem imun seperti pada penderita AIDS, oleh karena itu jika anda menemukan diri anda atau orang terdekat anda dengan bercak putih pada mulut, pastikan bahwa itu bukan lah jamur.

Untuk membedakan leukoplakia dan oral thrush, anda dapat mengerok bercak putih pada lidah tersebut. Jika bercak putih tersebut dapat berubah bentuk sesuai kerokan anda, maka kemungkinan bercak tersebut adalah jamur

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit