3 Manfaat Yoga yang Sudah Dibuktikan oleh Penelitian

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
3 Manfaat Yoga yang Sudah Dibuktikan oleh Penelitian

Beberapa waktu belakangan ini, yoga menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari dan menjadi tren olahraga terbaru. Ada banyak jenis yoga yang bisa dipilih misalnya hatha yoga, yin yoga, bikram yoga, hingga prenatal yoga. Olahraga yoga ini termasuk dalam latihan fisik, pernapasan dan juga meditasi. 

Gerakan dalam yoga dibuat dengan tujuan untuk relaksasi dan meditasi. Berikut ini beberapa manfaat yoga yang sudah dibuktikan oleh penelitian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Mempunyai masalah kesehatan yang menyebabkan rasa nyeri tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri kronis ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun berdasarkan penelitian, yoga dipercaya bisa mambantu mengurangi rasa sakit kronis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kanada, yoga bisa membantu mengurangi rasa sakit punggung kronis yang mampu melemahkan Anda. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bukti bila yoga mampu mengurangi sakit serta meningkatkan fungsi fisik pada penderita ostheoarthritis lutut.

  • Meningkatkan kualitas hidup

Sebuah penelitian dilakukan pada 135 lansia untuk mengetahui manfaat yoga untuk meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini mengikutsertakan lansia dalam latihan yoga  selama 6 bulan. Hasil dari penelitian ini adalah peserta mengalami perbaikan gejalan penyakit setelah melakukan yoga.

Selain itu, dalam penelitian lain, yoga terbukti memperbaikai efek kemoterapi pada wanita yang menderita kanker payudara seperti muntah dan mual. 

Sementara itu, penelitian lainnya membuktikan bila yoga membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gejala kecemasan, memberikan rasa aman secara spiritual, meningkatkan fungsi sosial, dan mengurangi depresi pada penderita kanker.

Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian dilakukan oleh European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bila yoga mampu menurunkan resiko penyakit jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bila orang yang berlatih yoga dalam kurun waktu lima tahun mempunyai tekanan darah serta denyut nadi yang lebih rendah dibanding orang yang tidak melakukan latihan yoga.

Hal ini sangat bermanfaat karena tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab strike dan penyakit jantung. Selain itu, yoga juga dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Gerakan pose yoga yang berbeda-beda juga membantu tubuh untuk menjadi lebih sensitif dengan insulin sehingga membuat kadar gula darah lebih terkendali. Latihan pernapasan saat yoga juga mampu menurunkan tekanan darah sedangkan meditasi membantu menenangkan pikiran. 

Semua manfaat ini bila digabungkan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Meskipun yoga mempunyai banyak manfaat, namun ternyata olahraga ini tidak terlalu disarankan bagi mereka yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu seperti osteopenia dan osteoporosis

Mereka dengan kondisi kesehatan ini harus benar-benar memilih gerakan yoga yang sekiranya tidak terlalu intens karena bisa menyebabkan cedera.

Saat ingin berlatih yoga, Anda juga perlu memilih jenis yoga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Ada yoga yang sangat engergik dan membutuhkan kekuatan fisik lebih dan ada juga yoga yang gerakannya santai dan rileks. Pilih jenis yoga yang sekiranya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bila masih belum yakin, Anda bisa berkonsulasi terlebih dahulu dengan guru yoga. Sehingga latihan yang Anda lakukan bisa bermanfaat dan memberikan dampak baik bagi tubuh. 

Bila Anda berlatih yoga di rumah dan tanpa didampingi instruktur, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis yoga yang sesuai dengan kondisi fisik saat ini.   

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Fight stress and find serenity. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mca/yoga-fight-stress-and-find-serenity)
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
The research-backed benefits of yoga. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326414.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app