Gandum Mencegah Kanker Usus

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Gandum Mencegah Kanker Usus

Mengonsumsi makanan yang mengandung gandum seperti roti atau sereal gandum, terbukti mampu menurunkan resiko terjadinya kanker usus pada tubuh. Asupan serat yang terdapat di dalamnya dipercaya membantu kelancaran kinerja usus.

Jika penelitian terdahulu mengungkapkan manfaat serat gandum dapat membantu fungsi usus dalam mencegah kanker usus belum memiliki bukti yang kuat, kini muncul penelitian terbaru yang mendukung penelitian di tahun 60-an tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penelitian terbaru tersebut diterbitkan oleh British Medical Journal dengan merangkum 25 hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa penambahan tiga porsi (90 gram) gandum pada makanan sehari-hari mampu menurunkan 20 persen resiko terjadinya kanker usus.

Dr Dagfinn Aune asal Imperial College London menanggapi penelitian ini mengatakan, kandungan magnesium dan folat yang terdapat pada gandum, dipercaya sebegai penyebab manfaat tersebut.

Hasil lain penelitian juga menunjukkan bahwa belum ditemukannya bukti pasti mengenai anggapan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan, buah dan sayur mampu mengurangi resiko kanker. Hal ini mengaburkan hasil penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa buah dan sayuran mengurangi resiko kanker akibat adanya zat-zat lain selain serat.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wheat 101: Nutrition Facts and Health Effects. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/wheat)
Best and Worst Foods to Prevent Colorectal Cancer. WebMD. (https://www.webmd.com/colorectal-cancer/ss/slideshow-foods-prevent)
Willet, W.C. (2010). Fruits, Vegetables, and Cancer Prevention: Turmoil in the Produce Section. Journal of the National Cancer Institute: 102 (8). (https://academic.oup.com/jnci/article/102/8/510/2516596/Fruits-Vegetables-and-Cancer-Prevention-Turmoil-in)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app