HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Antara Yin Yoga dan Hatha Yoga dengan Manfaat yang Berbeda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Antara Yin Yoga dan Hatha Yoga dengan Manfaat yang Berbeda

Yoga adalah salah satu olahraga yang disukai banyak orang dan menjadikannya bagian dari gaya hidup. Olahraga yang satu ini memang dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Dua jenis yoga yang cukup populer diantara praktisi yoga adalah hatha yoga dan yin yoga. 

Hatha yoga dan yin yoga mempunyai dua manfaat yang berbeda. Berikut ini penjelasan dan perbedaan hatha yoga dan yin yoga.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Hatha yoga

Bila Anda sering berlatih yoga, hampir setiap gerakan yang ada dilatihan yoga termasuk dalam kategori hatha yoga. Hatha berarti kuat, sehingga hatha yoga bisa meningkatkan energy orang yang melakukan yoga melalui gerakan yang dilakukan.

Dibanding dengan jenis yoga yang lain, hatha yoga ini lebih memfokuskan pada gerakan fisik dan latihan pernapasan daripada gerakan mental. Jenis yoga ini biasanya mengkombinasikan posisi duduk, dan berdiri dengan pelan.

Yin Yoga

Yin yoga sebenarnya adalah bagian dari hatha yoga hanya saja gerakan yang dilakukan berbeda. Pada yin yoga, gerakannya lebih santai dan pasif dibanding dengan jenis yoga yang lian karena gerakannya didominasi dalam posisi berbaring dan duduk.

Jenis yoga ini sangat baik untuk mengaktifkan sistem saraf, meredakan stress dan rasa sakit. Hal ini karena yin yoga membantu mengurangi keteganagn pada jaringan tubuh dan persendian seeprti pergelangan kaki, lutut, punggung bawah, dan sebagainya.

Saat melakukan yin yoga, Anda mungkin bisa mempertahankan satu gerakan hingga beberapa menit bahkan hingga 20 menit. Hal ini karena yin yoga memberikan kesempatan bagi otot tubuh agar lebih rileks dna santai. Selain itu, gerakan yoga ini juga bisa membantu pemulihan bekas luka pada ligament.

Pada dasarnya dua jenis yoga ini, hatha yoga dan yin yoga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Hanya saja manfaat yang diberkan berbeda sehingga Anda perlu memilih jenis yoga yang dibutuhkan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Manfaat hatha yoga

Pada orang dewasa, gangguan keseimbangan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami. Bila Anda merasa lebih sering terjatuh atau kesulitan berjalan, ada baiknya bila mencoba jenis yoga yang satu ini. Hatha yoga membantu meningkatkan keseimbangan, lho.

Selain meningkatkan keseimbangan, hatha yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Berdasarkan sebuah studi, hatha yoga dipercaya bisa meningkatan ketahanan mental dan fisik individu.

Manfaat yin yoga

Bila Anda mempunyai masalah dengan pegal-pegal atau nyeri sendi, Anda bisa mencoba yin yoga. Hal ini karena yin yoga bermanfaat untuk mengurangi rasa tegang pada jaringan ikat yang melapisi otot tubuh. 

Dengan melakukan yin yoga, Anda bisa beraktivitas dengan lebih baik dan menurunkan resiko cedera yang mungkin terjadi.

Salah satu kunci sukses dalam melakukan yin yoga adalah melakukannya dengan rileks dan santai. Tidak heran bila setiap gerakan yin yoga dilakukan dengan cara yang rilek, pelan, dan tenang. 

Anda bisa memusatkan perhatian dan pikiran pada hal yang menyenangkan saat melakukan yin yoga sehingga latihan menjadi lebih nyaman dan tenang.

Setiap olahraga, termasuk yoga dengan berbagai jenisnya, bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Namun Anda perlu melakukannya dengan baik sesuai dengan aturan dan juga kemampuan tubuh. 

Jangan terlalu memaksakan diri untuk berlatih bila dirasa tubuh dalam keadaan yang kurang sehat karena akan memperparah kondisi kesehatan Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Benefits, Intensity Level, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/yoga-workouts)
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)
Yoga: Fight stress and find serenity. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/yoga/CM00004)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app