Pose Yoga Berpasangan

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pose Yoga Berpasangan

Jika Anda bosan berolahraga sendirian, yoga bisa menjadi pilihan. Anda bisa melakukan yoga berpasangan dengan teman atau pasangan Anda. Melakukan yoga dengan pasangan tidak hanya memberikan manfaat kesehatan jasmani bagi tubuh Anda tetapi juga dapat memperdalam hubungan Anda dengan pasangan. Kehadiran teman atau pasangan juga dapat membantu Anda untuk lebih menjaga keseimbangan tubuh dan meningkatkan kelenturan.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berbagai Pose Yoga Berpasangan

Penasaran pose atau gerakan yoga apa saja yang dapat Anda lakukan bersama pasangan? Berikut adalah beberapa pose yoga berpasangan yang dapat Anda lakukan di rumah :

1. Partner seated forward fold

Pose Partner Seated Forward Fold dilakukan dengan cara mengambil posisi duduk berhadapan. Setelah itu, luruskan kaki ke depan dan tempelkan telapak kaki satu sama lain. Anda dan partner Anda bisa saling berpegangan tangan.

Langkah selanjutnya adalah menarik partner Anda ke depan sehingga tubuhnya tertarik maju ke ruang di antara kaki Anda. Tahan pose ini selama lima kali napas atau semampu yang Anda bisa. Lakukan pose ini secara bergantian. 

Pose Partner Seated Forward Fold dapat memperkuat otot pada lengan atas, punggung dan paha Anda.

2. Back-bend child’s pose

Pose ini dapat Anda lakukan dengan cara mengambil posisi duduk membelakangi partner Anda dengan menggunakan tulang kering sebagai tumpuan dan punggung kaki menempel pada lantai. Partner Anda tetap pada posisi jongkok membelakangi Anda, kemudian kaikan tangan Anda dengan tangan partner Anda.

Selanjutnya giliran Anda yang membungkukkan tubuh dan menarik tubuh partner Anda ke punggung Anda (posisi Anda berada di bawah). Setelah punggung partner Anda sudah bertumpu pada punggung Anda, luruskanlah kaki partner Anda ke depan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selanjutnya tarik napas yang dalam secara perlahan. Anda bisa melakukan ini selama 3 – 5 menit dan Anda juga bisa bergantian posisi.

3. Back-to-back chair

Pose ini dilakukan dengan cara saling membelakangi, siku saling berpaut lalu bersandar di punggung satu sama lain. Ambillah beberapa langkah ke depan sambil menekuk lutut sebesar 90°. Tahan pose ini selama lima kali tarikan napas atau semampu Anda. 

Pose Back-to-back dapat memperkuat otot-otot pinggul, pantat dan paha Anda.

4. Partner warrior 1

Pose ini dapat dilakukan dengan berdiri saling berhadapan dengan jarak sepanjang dua lengan, lalu majukan salah satu kaki Anda dan tekuk lutut Anda hingga membentuk sudut siku-siku. Setelah itu sesuaikan posisi supaya paha Anda dapat menopang paha partner Anda.

Rentangkan kedua tangan ke atas dan tempelkan tangan Anda pada tangan partner Anda. tahan pose ini selama lima kali napas dan lakukan secara bergantian. Anda dapat mengganti kaki dan tumpuan paha. 

Pose Partner Warrior 1 bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh seperti otot tangan, kaki, punggung dan bahu serta dapat meningkatkan fokus dan keseimbangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Partner boat

Pose Partner Boat dilakukan dengan cara duduk berhadapan satu sama lain dan berpegangan tangan dengan posisi tangan berada di samping kaki. Kemudian, angkat kedua kaki ke atas sehingga telapak kaki Anda dengan telapak kaki pasangan Anda saling menempel. 

Selanjutnya dorong kaki Anda perlahan ke atas dan pastikan telapak kaki terus menempel satu sama lain.

Apabila tinggi badan Anda dan partner Anda tidak seimbang, makan salah satu yang memiliki badan yang lebih tinggi harus menyesuaikan dengan cara menekuk lutut, sehingga hanya bagian pantat Anda yang menyentuh lantai. Lakukan pose ini dan tahan hingga lima kali tarikan napas atau semampu Anda. 

Pose yang seperti perahu kertas ini bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan otot lengan Anda.

Pose-pose yoga berpasangan di atas dapat Anda lakukan di rumah bersama dengan teman atau pasangan Anda. selain bermanfaat bagi tubuh, pose ini juga akan membuat hubungan Anda dan pasangan yoga menjadi semakin intim.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Yoga Poses to Do with a Partner - Health.com - Health.com (http://www.health.com/fitness/partner-yoga)
7 Fun Partner Yoga Poses to Improve Your Flexibility & Relationship - Shape Singapore (https://www.shape.com.sg/fitness/7-fun-partner-yoga-poses-improve-flexibility-relationship/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app