Kesehatan Fisik

Jangan Abaikan 10 Ciri-Ciri Kanker Prostat Berikut Ini

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Jangan Abaikan 10 Ciri-Ciri Kanker Prostat Berikut Ini

Sama seperti kanker pada umumnya, kanker prostat dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Namun, kabar baiknya, kanker prostat bisa disembuhkan bila pasien segera mendapatkan penanganan yang tepat. Karena itulah, penting bagi kita untuk mendeteksi gejala kanker prostat sedini mungkin supaya tidak telanjur berkembang menjadi parah. Apa saja ciri-ciri kanker prostat?

Gejala dan ciri-ciri kanker prostat

1. Sering buang air kecil

Orang yang mengidap kanker prostat akan lebih sering buang air kecil. Gangguan lain seputar masalah perkemihan biasanya ikut menyusul setelahnya.

Ketika prostat digerogoti sel kanker, organ reproduksi pria ini akan mengalami peradangan dan membesar. Semakin besar ukuran prostat, maka kandung kemih akan tertekan sehingga memicu hasrat untuk buang air kecil terus-menerus.

Sayangnya, gejala kanker prostat ini kerap diabaikan dan dianggap sebagai hal yang wajar. Apalagi kalau penderitanya suka minum air atau cairan lain yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi.

Cara membedakannya, perhatikan seberapa banyak air kencing yang keluar. Yang termasuk gejala kanker prostat adalah jika Anda sering buang air kecil tapi urine yang keluar hanya sedikit-sedikit, bahkan hanya menetes.

Gejala ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti faktor usia. Guna memastikannya, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 10 Penyebab Kanker Prostat Tak Terduga yang Harus Diwaspadai

2. Urine susah keluar

Walau jadi lebih sering buang air kecil, penderita kanker prostat akan mengeluh urinnya justru susah keluar. Hal ini karena ukuran prostat yang membesar menghalangi aliran air kencing ke uretra yang posisinya berada di tengah prostat. Akibatnya, urine yang keluar hanya sedikit, hanya menetes, bahkan tidak ada urine sama sekali. 

Selain karena kanker, gejala ini juga dapat disebabkan oleh pembesaran prostat jinak (benign prostatic hypertrophy / BPH). Pembesaran prostat jinak tidak seberbahaya kanker dan bisa disembuhkan dengan obat-obatan untuk menyusutkan ukuran prostat atau operasi.

3. Aliran urine kecil dan tersendat

Penderiat kanker prostat juga kerap mengeluh aliran urinenya kecil atau tersendat-sendat. Sama seperti sebelumnya, gejala kanker prostat yang satu ini juga bisa menjadi pertanda BPH. Untuk penyebab kondisi ini, segera hubungi dokter.

4. Nyeri dan sensasi terbakar saat kencing

Kalau Anda sering mengalami nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, maka segera hubungi dokter. Kondisi ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker prostat, disertai dengan 3 gejala di atas.

Namun, jika tidak diikuti dengan 3 gejala sebelumnya, maka bisa jadi Anda mengidap prostatitis. Prostatitis adalah peradangan pada prostat akibat infeksi atau penyebab lain (selain kanker).

Selain menyebabkan sakit saat buang air kecil, gejala prostatitis juga meliputi:

  • Melunaknya perineum (area di antara testikel dan rektum)
  • Sakit pada otot, sendi, serta punggung bawah
  • Nyeri saat ejakulasi
  • Ada darah dalam urine

Baca Juga: 12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

5. Sulit untuk mencapai atau mempertahankan ereksi

Seringnya tak disadari, kanker prostat juga dapat mengganggu kehidupan seksual. Pasalnya, penderita kanker prostat kerap kesulitan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat bercinta.

Meski begitu, keadaan ini juga bisa terajdi secara alami karena dipengaruhi oleh faktor usia pria. Jangan malu untuk konsultasi ke dokter jika Anda mengalami gangguan ereksi.

6. Timbul rasa sakit ketika ejakulasi

Sama halnya dengan saat buang air kecil, karena ejakulasi juga menggunakan saluran yang sama, maka penderita akan merasakan kesakitan saat hampir klimaks. Meski begitu, ini bukan berarti rasa sakit saat ejakulasi sudah pasti pertanda kanker prostat. 

BPH dan penyakit menular seksual juga bisa menjadi dalang di balik kondisi tersebut. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab sesungguhnya adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

7. Adanya darah pada urine atau sperma

Kapan pun Anda melihat adanya darah kecuali di pembuluh darah, misalnya pada dahak, urine, atau sperma, maka artinya ada yang salah dalam tubuh Anda. Selain sebagai salah satu dari ciri-ciri kanker prostat, darah yang ditemukan pada urine atau sperma juga dapat menjadi pertanda BPH atau penyakit kelamin.

8. Nyeri pada punggung bawah atau pinggul

Sakit pinggang dapat dialami oleh siapa saja, bahkan rasanya semakin tidak nyaman seiring bertambahnya usia. Saking umumnya, penderita kanker prostat sering kali mengabaikannya dan menyumbang naiknya angka kematian akibat kanker prostat.

Oleh sebab itu, jika Anda kerap merasakan sakit pada area punggung bawah atau pinggul dan tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter. 

9. Tangan dan kaki terasa lemas atau mati rasa

Sel-sel kanker yang menyerang prostat dapat menyebabkan kaki dan tangan terasa lemas hingga mati rasa. Hal ini karena pembesaran prostat akibat kanker juga dapat menekan sumsum tulang belakang yang terhubung dengan otak sebagai pusat sistem saraf

Lagi-lagi, gejala kanker prostat yang satu ini sering tidak disadari karena penyebabnya ada banyak. Meski tidak bersifat permanen, rasa kebas di tangan maupun kaki perlu segera diperiksakan ke dokter.

10. Tak bisa mengontrol saluran kencing dan usus besar

Karena sel-sel kanker terus berkembang dan menyerang prostat, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan saluran kencing dan usus besar. Otak tidak dapat memberi perintah pada organ tersebut sehingga penderita tidak bisa menahan keinginan untuk buang air kecil maupun besar.

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Kanker Prostat? Rutin Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Bila diperhatikan, ciri-ciri kanker prostat tersebut mirip seperti gejala penyakit umum lainnya. Maka itu, segera periksakan ke dokter guna memastikan penyebabnya. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat pasien ditangani dan peluang kesembuhannya pun semakin tinggi.

52 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Prostate Cancer Symptoms, Treatment, Causes & Stages. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/prostate_cancer/article.htm)
Prostate Cancer: What You Need to Know. Healthline. (https://www.healthline.com/health/prostate-cancer)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Tipe Penyakit Prostatitis Dengan Gejala Yang Tidak Boleh Anda Abaikan
Tipe Penyakit Prostatitis Dengan Gejala Yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Semua pria di segala usia dapat mengalami prostatitis. Namun pada umumnya prostatitis menyerang pada pria berusia di bawah 50 tahun. Sedangkan penyakit yang seringkali diderita pria berusia lanjut yaitu pembesaran pada kelenjar prostat atau kanker prostat.Perlu Anda ketahui, prostatitis memiliki beberapa jenis. Berikut ini ragam penyakit prostatitis yang dapat menyerang pria.

Buka di app