Ingin Terhindar dari Kanker Prostat? Rutin Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Nov 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ingin Terhindar dari Kanker Prostat? Rutin Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kanker prostat adalah jenis kanker yang mengintai para pria, terutama yang usianya sudah tergolong lanjut. Jenis kanker ini berkembang di kelenjar prostat, yang termasuk dalam sistem reproduksi pria;
  • Kabar baiknya, kanker prostat bisa dicegah dengan cara-cara berikut:
    • Dapatkan berat badan ideal dengan berolahraga teratur;
    • Mengurangi konsumsi makanan olahan susu;
    • Perbanyak makan buah dan sayur setiap hari;
    • Konsumsi tomat dan buah berwarna merah lainnya;
    • Ganti asupan lemak hewani menjadi lemak nabati;
    • Berhenti merokok dari sekarang.
  • Klik untuk membeli obat saluran kemih dan prostat serta obat kanker (onkologi) dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Kanker prostat adalah jenis kanker yang mengintai para pria, terutama yang usianya sudah tergolong lanjut. Jenis kanker ini berkembang di kelenjar prostat, yang termasuk dalam sistem reproduksi pria. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kanker prostat dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Nah, untuk mencegah kanker prostat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. 

Kiat mencegah kanker prostat sebelum terlambat

1. Dapatkan berat badan ideal dengan rutin olahraga

Pria yang memiliki indeks massa tubuh (IMT atau Body Mass Index) lebih dari 30 atau tergolong obesitas, memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker prostat. Jadi, jika kebetulan Anda tergolong obesitas, sebaiknya segera turunkan berat badan Anda dari sekarang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saluran Kemih & Prostat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 21

Hindari melakukan diet ekstrem supaya berat badan cepat turun. Sebaiknya lakukan penurunan berat badan sedikit demi sedikit tapi konsisten, dengan cara rutin berolahraga dan makan makanan rendah kalori setiap hari.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga atau latihan fisik rutin setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Jika Anda rasanya tak sanggup melakukan olahraga berat, Anda bisa memilih latihan fisik ringan yang bisa dilakukan sambil beraktivitas setiap hari. 

Misalnya saja, gunakan tangga dibanding lift saat di kantor supaya tubuh tetap bergerak aktif. Atau bisa juga dengan menggunakan toilet di lantai yang berbeda supaya Anda banyak berjalan. Lakukan kebiasaan ini setidaknya 30 menit setiap hari.  

Baca juga: Menghitung Berat Badan Ideal Bisa dengan 2 Cara Ini

2. Kurangi konsumsi makanan hasil olahan susu

Susu, keju, dan yoghurt merupakan jenis produk olahan susu sapi yang sebaiknya Anda hindari, jika tak ingin risiko terkena kanker prostat meningkat. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi produk olahan susu berisiko lebih besar terkena kanker prostat.

Jika Anda ingin minum susu, beralihlah ke susu kedelai yang lebih aman bagi kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Perbanyak makan buah dan sayuran setiap hari

Buah dan sayuran mengandung vitamin dan nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai rutin mengonsumsinya setiap hari.

Selain itu, makan buah dan sayuran juga akan membuat Anda lebih cepat kenyang. Alhasil, Anda tak lagi akan menambah porsi makan yang mungkin dipenuhi makanan tinggi akan lemak.

4. Perbanyak makan tomat dan buah yang berwarna merah lainnya

Tomat, semangka, serta buah dengan warna merah lainnya mengandung zat likopen, zat yang dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Sebagaimana yang Anda tahu, antioksidan sangat dibutuhkan untuk membasmi sel-sel tubuh yang rusak dan berpotensi berubah menjadi sel kanker. 

Semakin merah warna buah tersebut, maka kadar zat likopen yang terkandung di dalamnya pun semakin banyak.

Baca Selengkapnya: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

5. Ganti asupan lemak hewani jadi lemak nabati

Konsumsi makanan yang mengandung lemak hewani dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya risiko kanker prostat. Bila Anda menyukai makanan yang mengandung lemak hewani setiap hari, sebaiknya menggantinya dengan lemak nabati. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Misalnya, Anda yang selama ini rutin menggunakan mentega untuk memasak, beralihlah menggunakan minyak zaitun.

6. Berhenti merokok mulai dari sekarang

Kandungan nikotin dalam rokok merupakan salah satu zat pemicu kanker prostat pada pria. Jika Anda masih sayang dengan kesehatan diri sendiri, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dari sekarang. 

Dibandingkan dengan pria yang tak merokok, pria perokok berisiko tinggi kehilangan nyawa disebabkan oleh kanker prostat. Tak ada kata terlambat, segera jauhi rokok mulai sekarang.

Kanker prostat tidak hanya membuat Anda merasa sakit saat buang air kecil, tapi juga menyebabkan disfungsi ereksi. Untuk mencegah kanker prostat, sebaiknya terapkan pola hidup sehat sejak dini. Mulai dari mengonsumsi makanan kaya nutrisi, rajin olahraga, hingga berhenti merokok agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari perkembangan sel kanker.

Baca Juga: Jangan Abaikan 10 Ciri-ciri Kanker Prostat Berikut Ini!

50 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Amin MB, et al., eds. Prostate. In: AJCC Cancer Staging Manual. 8th ed. New York, NY: Springer; 2017.
Moris L, et al. Impact of lymph node burden on survival of high-risk prostate cancer patients following radical prostatectomy and pelvic lymph node dissection. Frontiers in Surgery. 2016;3:65.
Kaushik D, et al. Oncological outcomes following radical prostatectomy for patients with pT4 prostate cancer. International Brazilian Journal of Urology. 2016;42:1091.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app