Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN

Yakult: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dll

Update terakhir: Aug 16, 2019 Tinjau pada Des 30, 2018 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 595.070 orang

Yakult obat apa?

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik (bakteri hidup) yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme di saluran pencernaan.

Dalam sebotol Yakult terdapat lebih dari 6,5 milyar bakteri L casei Shirota strain. Bakteri inilah yang membantu menyehatkan pencernaan dengan mengurangi pengaruh bakteri jahat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Minuman kesehatan yang diproduksi oleh PT. Yakult Indonesia Persada merupakan jenis minuman kesehatan yang bebas dikonsumsi tanpa perlu resep atau saran dokter.

Sebagai tambahan informasi berikut kami ulas, kegunaan, dosis lazim penggunaan, kemungkinan efek samping, kemungkinan interaksi dengan obat lain serta informasi keamanan untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Yakult

Jenis obat Minuman susu fermentasi
Kandungan L. casei Shirota strain hidup, susu bubuk skim, sukrosa
Kegunaan Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Kategori Obat bebas
Konsumen Dewasa, lansia dan anak-anak
Kehamilan Aman
Sediaan Yakult botol 65 gr/80 gr

Mekanisme Kerja

Cara kerja Yakult dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Bakteri L. casei Shirota strain, merupakan kultur bakteri asam laktat alami yang ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota dari jepang. Kultur bakteri ini sudah mendapatkan predikat FOSHU (Food for Specified Health Uses) dari pemerintah jepang. Label ini hanya diberikan pada produk makanan atau obat yang bermanfaat untuk kesehatan dan sudah dibuktikan secara saintis. Bakteri LcS bekerja dengan cara membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat terutama di usus halus sehingga terjadi keseimbangan mikroorganisme di pencernaan.
  • Susu bubuk skim, produk susu sapi yang telah diolah menjadi bentuk bubuk dan dalam minuman Yakult menjadi tempat hidup bakteri L. Casei Shirota strain hidup dan berkembang.
  • Sukrosa, merupakan gula bentuk sederhana yang lebih mudah dicerna. Dalam minuman probiotik gula digunakan oleh bakteri sebagai sumber makanan agar tetap hidup selama pengemasan dan sebelum dikonsumsi.

Indikasi atau Kegunaan Yakult

Sebagai minuman susu fermentasi dengan kandungan probiotik, Yakult memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus, sehingga juga dapat menekan pertumbuhan bakteri buruk di dalam usus.
  • Mengurangi timbunan racun di usus akibat adanya bakteri jahat.
  • Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.
  • Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh.

Kontraindikasi

Yakult sebagai produk susu dianggap cukup aman dikonsumsi namun untuk orang memiliki riwayat alergi produk susu tidak dianjutkan mengonsumsi minuman kesehatan ini.

Dosis Yakult dan Cara Penggunaan

Yogurt tersedia dalam bentuk sediaan lauran dalam botol kemasan 65 gr dan 80 gr dengan kandungan bahan-bahan berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286
  • Air.
  • Sukrosa.
  • Susu bubuk skim.
  • Dekstrosa.
  • Kultur bakteri asam laktat (L. casei Shirota strain).

Dosis Yakult yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis harian mengonsumsi yakult untuk kesehatan pencernaan

  • Dosis dewasa: 1 - 2 botol dalam sehari.
  • Dosis anak-anak: 1 botol sehari.
  • Dosis balita di atas 8 bulan: 1 botol per hari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Minuman kesehatan ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan.
  • Selalu ikuti anjuran atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Tidak disarankan mengonsumsi yakult dalam jumlah besar setiap hari, terutama untuk mereka yang sedang diterapi obat-obatan (seperti antibiotik) yang dapat dipengaruhi oleh produk susu.

Efek Samping Yakult

Yakult umumnya ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan aman dikonsumsi. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan, terutama untuk konsumsi dalam jumlah banyak dan rutin. Efek samping Yakult itu meliputi:

1. Gangguan pencernaan

Munculnya rasa tidak nyaman di perut akibat mengonsumsi minuman probiotik sangat jarang terjadi. Hanya beberapa orang dilaporkan mengalami peningkatan gas pencernaan dan muncul rasa kembung dan itupun hanya berlangsung singkat.

Untuk mencegah efek samping tersebut pada penggunaan awal memulai dari dosis yang kecil dahulu baru ditingkatkan sesuai kebutuhan. Jika kemunculan rasa kembung akibat gas ini terjadi dan semakin intens, hentikan segera konsumsi minuman ini dan konsultasikan dengan dokter.

2. Memicu sakit kepala

Makanan atau minuman yang kaya kandungan probiotik umumnya akan mengandung senyawa sampingan berupa amine biogenik. Amine biogenik yang sering dijumpati dalam produk makanan berprobiotik adalah jenis histamin, tyramin, tryptamine, dan phenylethylamine.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Pada sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi makanan rendah histamin dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala hingga 75%. Sehingga, kelebihan amine biogenik dianggap juga dapat memicu atau memperparah kondisi sakit kepala. Namun, diperlukan penelitan pendukung untuk menegaskan efek samping ini.

3. Memicu alergi

Konsumsi Yakult sesuai anjuran diketahui sangat baik untuk pencernaan. Namun beberapa kandungan penyusunnya, terutama susu skim, dapat memicu reaksi alergi untuk mereka yang alergi terhadap olahan susu. Untuk itu pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap produk susu jika ingin mengonsumsi minuman probiotik ini.

4. Meningkatkan risiko infeksi

Meskipun minuman probiotik umumnya sangat aman dikonsumsi, namun untuk beberapa orang dengan kondisi khusus seperti penderita gangguan fungsi imun atau mereka yang barusaja menjalani operasi minuman ini mungkin meningkatkan risiko munculnya infeksi.

Efek Overdosis Yakult

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis mengonsumsi yakult. Konsumsi sesuai anjuran juga dianggap sangat aman. Kemungkinan overdosis muncul jika minuman ini dikonsumsi dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama. Gejalanya dapat berupa gangguan pencernaan dan sakit kepala. Segera konsultasikan dengan dokter Anda jika kondisi ini terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Yakult mengandung gula di dalamnya, untuk penderita diabetes sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan gula hariannya.
  • Minuman probiotik ini cukup aman dikonsumsi orang dewasa, lansia, dan anak-anak. Namun tidak disarankan diberikan pada bayi di bawah umur 8 bulan.
  • Minuman ini mengandung produk susu di dalamnya, bagi penderita alergi laktosa parah sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi minuman ini.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Yakult untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Yakult dinilai sangat aman untuk ibu hamil, bahkan dapat membantu menyehatkan saluran cerna. Konstipasi, kembung atau diare yang kerap muncul selama kehamilan dapat dikurangi dengan rutin mengonsumsi Yakult.
  • Susu dan kultur bakteri pencernaan dianggap sangat aman untuk ibu menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Yakult, diantaranya yaitu:

  • Antibiotik jenis tetrasiklin dan kuinolon. Dapat mengurangi efektivitas penyerapan antibiotik di usus.
  • Obat anti kejang (fenitoin). Dapat menghilangkan efek obat sehingga obat kejang tidak berfungsi dengan semestinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp