Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Fisik

Waspadai Gejala Gula Darah Tinggi Sejak Dini

Update terakhir: FEB 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 986.431 orang

Waspadai Gejala Gula Darah Tinggi Sejak Dini

Kenaikan kadar gula darah dapat dialami oleh siapa pun, bahkan pada mereka yang tidak menderita diabetes sekalipun. Hal tersebut umumnya terjadi pada orang-orang yang terkena serangan jantung, infeksi yang cukup parah, stres berat, adanya gangguan pankreas, atau stroke. Bila terus dibiarkan kadar gula darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Lantas, bagaimana cara mengetahui gejala gula darah tinggi? Berikut selengkapnya untuk Anda.

Baca Selengkapnya: Penyebab Gula Darah Tinggi yang Mungkin Tak Diduga

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gejala gula darah tinggi yang perlu diwaspadai

Pada penderita diabetes, gula darah tinggi bisa terjadi pada saat penderita lupa minum obat penurun glukosa atau menyuntikkan insulin. Sementara pada orang yang tidak punya diabetes, kadar gula darah bisa meningkat pada saat stres, kurang olahraga, kebanyakan mengonsumsi karbohidrat, terkena infeksi, atau melakukan aktivitas fisik yang berat ketika tingkat insulin rendah.

Kadar gula darah yang naik tidak selalu menunjukkan gejala. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan sejumlah tanda dan gejala gula darah tinggi berikut ini:

  • Sakit kepala
  • Kesemutan
  • Kulit gatal dan kering
  • Berat badan turun, tapi nafsu makan bertambah
  • Nyeri pada perut
  • Sering merasa haus serta mulut terasa kering
  • Susah konsentrasi
  • Sering buang air kecil, khususnya saat malam hari
  • Mudah mengantuk dan lelah
  • Penglihatan menjadi buram
  • Mudah terkena infeksi, contohnya infeksi kulitsariawan, dan infeksi kandung kemih

Baca Selengkapnya: Sering Haus Pertanda Gula Darah Tinggi?

Gejala gula darah tinggi di atas bisa memburuk jika tidak segera diatasi. Bahkan beberapa penderita bisa merasakan gejala tambahan, seperti dehidrasi, pusing saat berdiri, sesak napas, sampai tidak sadarkan diri. 

Maka dari itu, segera berkonsultasi dengan dokter bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, khususnya jika mempunyai riwayat penyakit diabetes.

Cara mengatasi gejala diabetes sejak dini

Agar kondisi kadar gula darah tinggi tidak terus memburuk, sebaiknya mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat supaya gejalanya berkurang dan kadar gula darah kembali normal. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gula darah tinggi antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang

Supaya gula darah tetap normal dan tak mudah naik, pilihlah makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah. Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah sekaligus menjaganya tetap stabil.

Baca Selengkapnya: Kenali Berapa Indeks Glikemik di dalam Makanan Kamu

Selain itu, seimbangkan juga dengan makanan sehat lainnya yang kaya serat dan protein. Mulai dari buah, sayuran, ikan yang mengandung omega-3, bawang putih, kacangan-kacangan, dan gandum.

2. Rajin berolahraga

Berolahraga dengan rutin juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Saat otot Anda berkontraksi ketika berolahraga, sel-sel di dalam tubuh akan terangsang untuk memanfaatkan insulin atau glukosa sebagai energi. Dengan demikian, gula darah bisa lebih mudah dikendalikan.

3. Hindari stres

Tanpa disadari, stres diam-diam juga dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Ketika Anda stres, baik stres fisik maupun psikologis, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan glukagon.

Kedua hormon tersebut bisa mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Bahkan bila terus dibiarkan, stres jangka panjang dapat membuat gula darah semakin sulit dikendalikan dan memperburuk keadaan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Banyak minum air putih

Kalau Anda ingin gula darah berangsur-angsur menurun hingga kembali normal, maka pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Pasalnya, air putih bisa membantu ginjal mengeluarkan gula darah lewat urine. 

Asupan air putih yang cukup juga bisa mencegah Anda dari dehidrasi. Maka itu, mulailah mencukupi asupan air putih harian serta hindari konsumsi minuman berkalori tinggi, contohnya minuman bersoda.

Jangan anggap remeh gejala gula darah tinggi bila Anda merasa mengalaminya. Sebab bila dibiarkan, hal ini dapat memicu komplikasi serius seperti ketoasidosis diabetik, di mana tubuh tidak mampu mengolah gula darah karena kurangnya kadar insulin pada tubuh.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup sehat setiap hari untuk mencegah gejala gula darah tinggi kambuh sewaktu-waktu. Penting juga untuk rutin mengecek kadar gula darah dan konsultasikan ke dokter bila gula darah Anda naik secara terus-menerus.

Baca Juga: Cara Paling Efektif Menurunkan Gula Darah Sampai Normal

Referensi

WebMD. High Blood Sugar and Diabetes. (https://www.webmd.com/diabetes/guide/diabetes-hyperglycemia#1). 11 Mei 2019.

NHS UK. Hyperglycaemia (High Blood Sugar). (https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-sugar-hyperglycaemia/). 8 Agustus 2018.

Drugs.com. Nondiabetic Hyperglycemia. (https://www.drugs.com/cg/nondiabetic-hyperglycemia.html). 24 September 2019.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit