Wanita dan Fenomena Stretch Mark

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 4 menit
Wanita dan Fenomena Stretch Mark

Munculnya stretch mark pada permukaan kulit biasanya membuat seseorang, terutama wanita menjadi kurang percaya diri. 

Pasalnya, kondisi ini sangat mengganggu penampilan kulit seseorang. Stretch mark merupakan guratan yang ering terlihat pada kulit bagin tubuh lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Stretch mark sapat terjadi pada siapa saja, bisa wanita maupun pria. Namun, yang paling khawatir akan hal ini adalah kaum wanita. Untungnya, kondisi guratan pada kulit ini dapat dihilangkan. 

Guratan pada kulit yang awalnya berwarna merah, merah mudah, atau ungu ini lama-kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu. Perubahan warna terjadi sesuai dengan warna kulit Anda. 

Penentu terjadinya Stretch Mark, Kolagen 

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang akan mengalami stretch mark. Munculnya guratan pada kulit ini hanya dapat dialami oleh orang yang memiliki kulit dengan kandungan kolagen yang rendah atau protein yang berfungsi untuk melenturkan kulit Anda. 

Kondisi ini biasanya terjadi akibat tubuh berkembang lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. 

Peregangan kulit yang berlangsung dengan cepat akan membuat tubuh mengembang atau mengalami pertambahan berat badan, kemudian lapisan tengah kulit yang disebut dermis akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya naik ke permukaan. Kondisi meregangnya kulit inilah yang disebut dengan stretch mark. 

Beberapa kondisi yang dapat membuat Anda mendapatkan stretch mark di kulit, antara lain: 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Kehamilan. 
  • Penambahan berat badan yang sangat cepat.
  • Memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat stretch mark.
  • Masa pubertas, mas di mana tubuh mulai tumbuh dengan cepat. Pada kaum pria, guratan kulit ini dapat muncul di bahu dan punggung. Sedangkan pada kaum wanita, stretch mark biasanya muncul di area pinggul, paha, dan payudara. 
  • Mengalami gangguan medis tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing. Seseorang yang mengalami sindron Cushing akan mendapatkan stretch mark di kulitnya karena sindrom ini menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan. Sedangkan sindrom Marfan merupakan kelainan gen yang mengganggu jaringan penyambung dan kulit. 
  • Penggunaan obat-obatan kostikosteroid yang tidak tepat. Obat jenis kortikosteroid dalam bentuk krim biasanya digunakan untuk menangani kondisi kulit tertentu, seperti eksim. Jika digunakan secara berlebihan, maka obat ini akan membawa dampak yang sama seperi hormon kortisol

Sebelum stretch mark muncul, kulit akan menipis dan timbul garis atau guratan kemerahan yang terkadang disertai dengan rasa gatal-gatal. 

Kemudian, garis yang timbul tersebut akan berubah menjadi warna putih yang akan menghilang dala hitungan bulan atau tahun. 

Warna merah yang muncul pada kulit terjadi akibat penipisan lapisan dermis membuat pembuluh darah di bawahnya lapisan kulit muncul dan terlihat ke permukaan.

Setelah pembuluh darah di permukaan kulit mengerut, guratan tersebut akan berubah menjadi warna putih. 

Bisakah stretch mark dicegah? 

Tindakan untuk mencegah munculnya strecth mark bukanlah cara yang selalu berhasil di lakukan. Pasalnya, stretch mark merupakan kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. 

Walaupun begitu, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan agar stretch mark tidak berkembang, yaitu: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Menjaga berat badan 

Guratan pada kulit ini sering muncul akibat pertambahan berat badan yang terjadi begitu cepat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga berat badan agar tetap dalam posisi stabil. 

Apabila berniat untuk menurunkan berat badan, lakukan hal tersebut secara bertahap. Jaga agar berat badan tidak berkurang lebih dari setengah kilogram per minggu. 

Pola makan sehat 

Kemunculan stretch mark juga ternyata dapat dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi. Oleh karenanya, biasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan segar yang mampu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari stretch mark, terutama makanan yang mengandung vitamin E, vitamin C, protein, dan seng. 

Berat badan yang bertambah saat hamil 

Stretch mark memang bukan hal yang asing bagi ibu hamil. Berat badan yang bertambah dengan jumlah di atas rata-rata membuat ibu hamil berisiko untuk mengalami strecth mark

Umumnya, berat badan wanita hamil akan bertambah sekitar 10 - 12,5 kilogram. 

Apakah stretch mark dapat dihilangkan? 

Kondisi ini bukanlah sesuatu yang berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, terdapat beberapa perawatan yang bisa Anda jalani jika ingin menyamarkan guratan pada kulit ini. 

Berikut beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mengatasi stretch mark. 

Kamuflase dengan kosmetik 

Anda bisa menggunakan krim khusus yang sesuai dengan waran kulit untuk menyamarkan stretch mark yang ada. Krim tersebut dapat dengan mudah ditemukan karena dijual bebas di pasaran. 

Beberapa jenis krim ini bersifat tahan air dan mampu bertahan selama 2-3 hari. 

Krim penghilang stretch mark 

Saat ini telah banyak krim, losion, dan gel yang diklaim sebagai krim penghilang stretch mark

Ada baiknya jika losion ini dioleskan pada kulit ketika stretch mark masih berwarna kemerahan agar krim atau losion dapat bermanfaat dengan baik. Selain itu, gel yang dijual biasanya merupakan campuran dari ekstrak bawang dan asam hialuronat. 

Di samping itu, stretch mark dapat dihilangkan dengan penggunaan retinoid yang dapa diberikan oleh dermatologis Anda. 

Retinoid akan membuat kulit menjadi lebih sehat karena merangsang pertumbuhan kolagen. Akan tetapi, penggunaan retinoin tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui.

Chemical peeling 

Penggunaan krim dengan bahan dasar asam glikolat atau metode peeling dapat Anda terapkan untuk mengatasi stretch mark. 

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa kulit mengalami perbaikan setelah 6 bulan pemakaian asam glikolat oles, metode ini relatif mahal dan tidak memberikan hasil yang signifikan. 

Terapi laser 

Metode ini tidak menghilangkan stretch mark, hanya menyamarkan saja. Energi laser akan diserpa oleh pembuluh darah yang ada di bawah lapisan stretch mark sehingga guratan akan berubah menjadi warna putih atau tidak terlihat sama sekali. 

Operasi kecantikan 

Posedur ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan lemak yang berlebihan dan kulit pada perut atas, serta bagian bawah bokong. Karena mahalnya biaya operasi, prosedur yang satu ini jarang direkomendasikan. 

Tidak perlu khawatir dengan munculnya stretch mark pada kulit, karena tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. 

Namun, jika guratan tersebut membuat Anda tidak nyaman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengatasi keluhan tersebut. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stretch marks on thighs: Appearance, causes, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326525)
Stretch Marks: Common Causes and How To Get Rid of Them. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/what-are-stretch-marks#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app