Kesehatan Fisik

Menghitung Indeks Massa Tubuh Dengan Kalkulator Berat Badan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Mei 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Menghitung Indeks Massa Tubuh Dengan Kalkulator Berat Badan

Kalkulator berat badan yang dimaksud di sini adalah perhitungan massa berat badan dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) atau body mass index (BMI). Artinya kita akan mengukur indeks berat badan seseorang yang dihubungkan dengan tinggi badannya sehingga akan didapatkan sebuah nilai. Nilai yang didapatkan tersebut akan kita bandingkan dengan nilai standar ideal sehingga dengan menggunakan kalkulator berat badan ini, Anda akan mengetahui apakah berat badan yang dimiliki sudah tergolong ideal, berat badan kurang (underweight), berat badan berlebih (overweight), atau bahkan kegemukan (obesitas). 

Menghitung Kalkulator Berat Badan (Indeks Massa Tubuh/IMT)

Untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), data yang diperlukan yaitu berat badan (kilogram) dan tinggi badan (meter). Berikut ini rumus sederhana untuk mengetahui indeks massa tubuh: Rumus BMI/IMT= berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Setelah mendapatkan hasilnya, cek penjelasan dari interpretasi indeks massa tubuh Anda menurut WHO berikut ini: 

Jika nilai IMT Anda kurang dari 18,5, maka Anda mengalami underweight

Kondisi tubuh yang mengalami underweight sebenarnya tidak baik karena dapat meningkatkan risiko tulang mudah rapuh dan sistem kekebalan tubuh menjadi berkurang sehingga mudah lelah. Beberapa wanita cenderung berpikir memiliki tubuh yang kurus lebih baik daripada gemuk, padahal kondisi underweight juga tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami underweight, ada baiknya untuk meningkatkan porsi makan Anda dengan gizi yang cukup dan seimbang termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin serta mineral.

Jika nilai IMT Anda 18,5 hingga 25, maka Anda termasuk dalam kategori normal (ideal)

Perhitungan kalkulator berat badan yang mencapai kategori ideal adalah yang berada di angka 18,5-25 di mana pada tahap ini Anda hanya perlu mempertahankan pola hidup sehat baik dari makanan maupun olahraga. Mengonsumsi sayuran hijau dan buah dapat menjadi pilihan yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan pula olahraga rutin sekitar 30 menit sehari untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika nilai IMT Anda 25 hingga 30, maka Anda mengalami overweight

Kondisi tubuh yang dianggap overweight dapat meningkatkan risiko kesehatan termasuk penyakit stroke, diabetes, hipertensi, osteoarthritis, hingga kanker. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami overweight disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat dan gula dalam makanan atau minuman sehari-hari. Karena kandungan karbohidrat dan pemanis memiliki peran besar dalam merangsang produksi insulin (hormon yang menyimpan lemak dalam tubuh).

Jika nilai IMT Anda 30 atau lebih, maka Anda mengalami obesitas

Penderita obesitas umumnya memiliki jumlah lemak yang berlebihan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Oleh karena itu, untuk menghindarinya diperlukan diet ketat dengan menurunkan jumlah kalori dalam asupan makanan, serta memperbanyak makan buah dan sayur. 

Seseorang yang memiliki BMI atau IMT dalam rentang normal atau dengan kata lain memiliki berat badan yang ideal maka secara umum memiliki kesehatan yang baik serta memiliki risiko yang rendah terhadap bahaya suatu penyakit. Selain itu, memiliki berat badan ideal juga akan membuat tubuh seseorang terlihat proporsional, tidak kurus dan tidak gemuk.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

Cara menjaga berat badan dengan pola hidup sehat

Menjaga pola makan

Salah satu menjaga berat badan agar tetap stabil adalah dengan menjaga pola makan dengan memilih makanan sehat seperti sayur dan buah, serta membatasi asupan karbohidrat, gula, dan lemak yang berlebihan. Mengonsumsi protein juga baik untuk mempertahankan fungsi kerja tubuh tetap berjalan optimal, mempertahankan kekuatan otot dan tulang, serta membantu menurunkan lemak.

Olahraga rutin

Salah satu saran untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal adalah dengan menjalani olahraga secara teratur. Cukup dengan berolahraga ringan selama 30 menit setiap hari, maka tubuh akan terasa lebih fit. Ada beragam jenis olahraga yang dapat dijalani, seperti berenang, aerobik, jalan kaki, berlari, hingga yoga yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus mempertahankan berat badan ideal.

Baca selengkapnya: Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tubuh

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2017). Weight Management - Healthy Eating. (https://www.webmd.com/diet/obesity/healthy-weight)
Kids Health (2016). For Teens. 5 Ways to Reach (and Maintain!) a Healthy Weight. (https://kidshealth.org/en/teens/weight-tips.html)
Gunnars K., Healthline (2017). How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science. (https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app