Vitamin B5: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Vitamin B5 (asam pantotenat) sama seperti vitamin B yang lainnya memiliki peran penting dalam proses metabolisme energi di dalam tubuh. 

Sumber asam pantotenat yang secara alami didapat dari daging, ikan, unggas, hati, telur, apel, alpukat, pisang, asparagus, wortel, kacang almond, gandum, kacang brazil, gandung hitam, kacang mete, kacang kenari, biji rami, brokoli, jagung, dan labu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Vitamin B5 juga dapat diperolehen dalam bentuk suplemen. Suplemen vitamin B5 (asam pantotenat) tersedia dalam bentuk sediaan tablet, tablet lepas lambat, cairan, dan kapsul lunak dengan kekuatan sediaan 100 mg, 200 mg, dan 500 mg. Vitamin B5 (asam pantotenat) di dalam tubuh harus seimbang. 

Asam pantotenat dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti kekejangan dan mati rasa, sedangkan kekurangan asam pantotenat dapat menyebabkan kelelahan, depresi, mudah tersinggung, sakit kepala, insomnia, kram otot, muntah, dan gangguan pencernaan.

Cara kerja Vitamin B5

Berfungsi sebagai komponen koenzim A (CoA) yang berkerja langsung dalam proses asetilasi (proses kimia dimana molekul-molekul kecil bergabung dengan molekul lainnya) , Vitamin B5 (asam pantotenat) juga membantu kerja pelepasan energi molekul makronutrien. 

Koenzim A ini memegang peranan kunci dalam berbagai metabolisme, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Hasil dari metabolisme tersebut akan menghasilkan energi. Asam pantotena juga berperan dalam sintesis senyawa spingolipida, fosfolipid, sterol, hormone pertumbuhan, sel saraf, dan antibodi. 

Dalam penyembuhan luka, asam pantotenat yang merupakan sintesis dari koenzim A ini berfungsi untuk meningkatkan GSH selular yang dapat memicu migrasi sel ke daerah luka dan mempercepat penyembuhan.

Vitamin B5 (asam pantotenat) diabsorbsi di saluran pencernaan, dihidrolisis dalam usus menjadi koenzim A dalam proses metabolisme dan dieksresikan melalui urin.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat dan efek samping dari Vitamin B5                               

Vitamin B5 (asam pantotenat) memiliki berbagai macam manfaat, seperti  penanggulangan pada gangguan kulit ( misalnya jerawat, pertumbuhan rambut). 

Sesuai dengan kerja sebagai koenzim A, asam pantotenat juga berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, defisiensi asam pantotenat, memproduksi dan melepaskan energi dari lemak hingga penyembuhan luka

Manfaat lain dari asam pantotena adalah pencegahan:

Vitamin B5 (asam pantotenat) relatif aman digunakan oleh sebagian besar orang apabila sesuai dengan instruksi dan dosis yang dianjurkan. 

Namun, efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan suplemen vitamin B5 (asam pantotenat) ini antara lain, ruam, diare, sulit bernafas, sesak di dada, dan pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah. 

Apabila anda merasakan gejala efek samping tersebut segeralah hubungi dokter atau datang ke rumah sakit terdekat.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dosis dari Vitamin B5

Dosis vitamin B5 (asam pantotenat):

  • Untuk bayi dan anak sampai usia 3 tahun diberikan dosis 2 mg-3 mg
  • Anak usia 4 tahun-6 tahun diberikan dosis 3 mg-4 mg
  • Anak usia 7 tahun -10 tahun diberikan dosis 4 mg-5 mg
  • untuk remaja (lebih dari 14 tahun) dan orang dewasa adalah 4 mg-7 mg
  • Pada kehamilan: 6 mg/hari
  • Kondisi menyusui: 7 mg/hari
  • Dosis vitamin B5 (asam pantotenat) untuk suplemen 5-10 mg per hari

Peringatan pemakaian Vitamin B5

Hati-hati penggunaan vitamin B5 (asam pantotenat) apabila pasien mengalami sumbatan pada saluran pencernaan dan hemophilia, serta penderita gangguan kecemasan. Penggunaan asam pantotenat bagi ibu hamil dan menyusui disesuaikan dengan anjuran dokter 

Interaksi Vitamin B5

Interaksi yang mungkin terjadi akibat penggunaan bersamaan asam pantotenat dengan obat lain, seperti aspirin, clopidogrel, donepezil, ebixa, galantamine, heparin, ibuprofen, naproxen, rivastigmin, dan tetrasiklin.

Toksisitas

Konsumsi vitamin B5 (asam pantotenat) melebihi 10 gram per hari dapat menyebabkan diare.

Penyimpanan

Vitamin B5 (asam pantotenat) dapat disimpan di suhu ruangan, terhindar dari sinar matahari langsung dan tempat lembap (jangan disimpan di kamar mandi). Jangan dibekukan. Selalu perhatikan instruksi penyimpanan obat pada kemasan obat atau dapat anda konsultasikan kepada apoteker.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chemical Stability of Vitamin B5. Springer Link. (https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-52875-5_71)
The Health Benefits of Vitamin B5. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-vitamin-b5-89412)
Pantothenic Acid. Linus Pauling Institute. (https://lpi.oregonstate.edu/mic/vitamins/pantothenic-acid)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app