Turpentine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Tinjau pada Sep 17, 2019 Waktu baca: 2 menit

Turpertine merupakan cairan berwarna kekuningan yang didapatkan dari pohon pinus dan pohon konifer. Cairannya biasa disebut sebagai minyak terpentine atau turp yang diperoleh dari proses penyulingan dengan uap.

Minyak turpertine umumnya diketahui banyak orang untuk digunakan sebagai pengencer cat dan pembersih kuas. Biasanya juga, digunakan sebagai bahan baku dalam sintesis resin,  minyak aditif, minyak pinus sintetis dan camphor.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Minyak turpentine tidak memiliki warna, berbau dan mudah terbakar. Minyak turpentine dapat menciptakan rasa panas ketika dioleskan pada kulit. Tetapi, banyak orang yang sudah merasakan manfaat langsung setelah menggunakannya, seperti berkurangnya rasa sakit dalam beberapa jam. Minyak ini juga dapat digunakan untuk memijat dan mengurangi rasa pegal.

Minyak terpentin dapat digunakan untuk beberapa penyakit, seperti:

Manfaat penggunaan Turpentine

Turpentine memiliki beberapa manfaat, yaitu:

Membunuh parasit

Terpertine dapat digunakan sebagai untuk menghilangkan parasit secara ampuh.  Parasit yang dapat diatasi yaitu cacing kremi. Penggunaannya dengan cara meneteskan beberapa turpentine yang dikombinasikan dengan gula batu.

Mengatasi jamur dan candida

Beberapa tetes dari turpentine dapat digunakan untuk membasmi jamur dan candida. Candida adalah kondisi terjadinya penumpukan ragi dalam tubuh yang mengganggu dan kadang-kadang membuat gatal. Selain itu, turpentine dapat mengatasi jamur kuku  dengan cara mengoleskannya pada area infeksi.

Mengatasi bakteri

Penggunaan turpentine secara internal dapat melawan bakteri shigella dengan cara meneteskannya dalam jumlah kecil sekitar 2-20 tetes dalam sehari.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Menghilangkan kutu

Turpentine yang dikombinasikan dengan minyak kelapa efektif digunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut.

Caranya dengan memijat secara perlahan dan hati-hati pada kulit kepala yang telah dioleskan oleh minyak tersebut. Setelah itu tutup dengan menggunakan handuk dan bilas hingga bersih. Lakukan hal tersebut selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Mengatasi radang sendi

Turpentine yang dikombinasikan dengan minyak jarak, minyak zaitun, atau minyak kelapa dapat digunakan untuk memijat sendi yang mengalami peradangan. Tetapi, Anda harus menghindari penggunaan turpentine pada kulit yang sensitif.

Mengobati infeksi saluran kemih

Turpentine efektif digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih dengan menggunakan beberapa sendok teh turpentine yang dicampur dengan gula. Penggunaan turpentine dengan dosis yang tepat dapat mempengaruhi hasil yang maksimal. Turpentine tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari 6 minggu.

Mengatasi flu

Terpentin dapat melawan bakteri penyebab flu dan pilek. Usapkan turpentine pada tenggorokan yang telah dicampurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Kemudian, beberapa tetes minyak tersebut  juga dapat diteteskan ke dalam lubang hidung untuk mengatasi infeksi dari dalam.

Penggunaan turpentine lainnya dapat dilakukan dengan cara dihirup agar uap turpentine masuk ke dalam saluran hidung hingga mencapai paru-paru.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Efek Samping penggunaan Turpentine

Turpentine kemungkinan aman digunakan secara topikal dengan dosis yang tepat. Namun, beberapa informasi menyatakan bahwa secara topikal dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, dan hipersensitivitas. Hindari penggunaan minyak tersebut secara oral.

Turpentine tidak aman digunakan untuk anak-anak, wanita hamil, dan menyusui. Hindari penggunaan turpentine untuk keamanan. Minyak terpentine memiliki kemampuan untuk memperburuk gejala kejang bronchial yang terjadi pada penderita batuk dan asma.

Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan turpentine, yaitu:

Dosis penggunaan Turpentine

Minyak terpentine yang dioleskan di kulit dapat menggunakan terpentine cair atau semi padat dalam konsentrasi 10-50%. 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Turpentine - brand name list. Drugs.com. (https://www.drugs.com/ingredient/turpentine.html)
Turpentine Oil: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/turpentine_oil/supplements.htm)
Turpentine Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/turpentine.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app