Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Tomat, Buah Merah nan Cantik Kaya Nutrisi

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.690.751 orang

Tomat, Buah Merah nan Cantik Kaya Nutrisi

Siapa sih dari kamu yang tidak tahu mengenai buah satu ini? Ya, buah merah dengan bentuk yang relatif bulat lonjong ini tentunya sangat akrab bagi kita semua baik dari anak kecil sampai dewasa tentunya tahu akan bentuk dan rasa dari buah Tomat. 

Walapun tomat termasuk dalam golongan buah-buahan, tapi kegunaan tomat tidak terbatas sebagai buah saja loh, banyak ibu-ibu yang juga suka memakai tomat sebagai salah satu bahan masakan mereka maupun sebagai hiasan pelengkap yang ditaruh di atas berbagai macam masakan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Buah serbaguna ini selain memiliki rasa yang enak dan segar, juga mempunyai sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit kamu. Disini kita akan bahas lebih dalam mengenai kandungan nutrisi dalam tomat, manfaat tomat dan bagaimana cara mudah untuk mengolah tomat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan nutrisi dalam Tomat

Buah tomat memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin A, vitamin C, Vitamin K, Folat dan Kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh baik, kolesterol dan kalori yang rendah. 

Sebagian besar dari kamu tentu tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, forgot dan tembaga. 

Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid. 

Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti yang terdapat pada manfaat alpukat atau manfaat minyak zaitun, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi baik yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tomat

  • Melindungi dan Menjaga Kesehatan Mata
    Tomat terbukti kaya akan kandungan antioksidan dan beta karoten. Kandungan tesebut merupakan kandungan yang mampu meningkatkan fungsi kerja dari Vitamin A. 

    Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.
  • Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker Pankreas & Kanker Prostat
    Para peneliti menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) terbukti secara ilmiah dapat menurunkan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki.

    Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang sudah dimasak. Tomat yang kaya akan kandungan likopen inipun bila dimakan bersamaan dengan brokoli, terbukti secara klinis mampu mengobat laki-laki yang menderita kanker prostat
  • Menjaga Kesehatan Tulang
    Likopen, selain berdampak positif terhadap kesehatan jantung dan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

    Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research berhasil mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam tomat dapat menurunkan kesempatan seseorang mengalami patah tulang dan mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh seseorang.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan Vitamin E yang juga banyak dimiliki oleh tomat dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit kamu. Tomat juga bagus untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

    Selain dengan cara dikonsumsi langsung, kamu dapat membuat masker dari tomat. Kamu juga dapat mengkombinasikan masker tomat dengan buah alpukat yang juga membantu mengatasi komedo karena keduanya akan bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.
  • Buah Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui
    Tomat yang kaya akan Zinc/ kandungan Seng dipercaya mampu menyempurnakan proses pembentukan gen DNA pada janin dalam kandungan ibunya. Tomat juga diyakini mampu meningkatkan konsentrasi likopen pada ASI ibu menyusui sehingga ASI yang diproduksi bisa semakin banyak.


Bagaimana cara mudah mengonsumsi Tomat?

  • Dikonsumsi secara Langsung
    Cara ini cara termudah tentunya dalam mengkonsumsi Buah Tomat, kamu hanya perlu mencuci tomat, memotongnya dan langsung memakannya.

    Bila tomat terasa sedikit asam, kamu bisa menambahkan gula pasir pada potongan tomat, diamkan di dalam kulkas sekitar 20-30menit, lalu setelahnya kamu bisa langsung mengkonsumsi tomat tersebut. Pastinya akan terasa segar dan manis, cocok sekali menjadi camilan sehat kamu di siang hari.
  • Dibikin Jus
    Ya, cara satu ini juga tergolong mudah, hanya perlu memotong tomat, lalu tambahkan air, es batu dan juga gula atau susu sesuai selera, blender seluruh campuran dan Voila, jus tomat segar dan sehat bisa langsung kamu minum untuk melepas dahagamu.
  • Dimasak
    Untuk para ibu-ibu yang suka masak, tomat tentunya menjadi bahan dasar penting dalam beberapa masakan terutama dalam pembuatan sambal.

    Kamu hanya tinggal memotong-motong tomat, lalu menambahkan pada campuran cabe, bawang, garam, merica dll lalu menguleknya. Selain itu, kamu juga bisa memakai tomat di masakan seperti Sop, Soto, dan lain-lain. Mudah dan serbaguna sekali bukan buah satu ini.
  • Diolah menjadi Saus
    Ya, saus tomat ialah saus favorit untuk sebagian besar anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia. Saus tomat sering sekali kita temukan di banyak restoran cepat saji dan memakannya sebagai pelengkap memakan kentang goreng ataupun burger. Saus Tomat juga banyak digunakan dalam memasak makanan khas Italia yaitu spagetti.

    Cara membuat saus tomatpun tergolong mudah, kamu hanya perlu menghaluskan semua bahan utama seperti tomat, bawang merah, bawang putih, seledri, lobak, cuka, gula, pala dan garam lalu tambahkan air dan masak semua bahan. Jangan lupa dinginkan saus sebelum kamu menyantapnya.
  • Diolah menjadi Selai
    Bahan dan cara pembuatan selai tomat sangatlah mudah. Masak tomat segar bersama gula, jintan, kayu manis, cengkih, jahe dan sedikit garam di atas kompor gas dengan api sedang.

    Aduk pelan selama kurang lebih satu jam untuk mendapatkan tekstur selai yang pas. Setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup di lemari es dan selai siap disantap dengan roti dan kue kesukaan kamu.

Nah setelah melihat bacaan diatas, apakah kamu masih ragu-ragu untuk mengkonsumsi buah cantik satu ini? Yuk segeralah konsumsi tomat untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang lebih sehat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit