Kesehatan Fisik

Daftar Nama Penyakit yang Harus Anda Konsultasikan kepada Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis-jenis penyakit dalam. Jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan. Namun, dokter spesialisasi penyakit dalam hanya menangani daftar penyakit berikut:
Dipublish tanggal: Sep 29, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Okt 28, 2019 Waktu baca: 3 menit

Penyakit dalam adalah jenis penyakit yang harus ditangani oleh ahlinya, yaitu dokter yang memegang gelar sebagai dokter spesialis penyakit dalam. 

Penyakit dalam sendiri ada berbagai macam jenis, untuk mengetahuinya, perhatikan daftar di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Internal medicine adalah nama medis dari ilmu penyakit dalam. Ilmu ini mencakup kegiatan medis seperti diagnosa, cara mencegah dan cara merawat pasien yang memiliki penyakit tertentu. 

Untuk penyakit dalam, hal ini ditangani oleh seorang internist atau dokter spesialis penyakit dalam.

  1. Fakta yang Harus Anda Ketahui tentang Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  1. Pengetahuan dan kompetensi tentang penyakit-penyakit serius yang menyerang berbagai organ dalam tubuh dimiliki hanya oleh dokter spesialis penyakit dalam.
  2. Konsil Kedokteran Indonesia mengeluarkan peraturan yang mengatakan bahawa peran dari seorang dokter spesialis penyakit dalam adalah menangani gangguan kesehatan pasien yang berusia mulai dari usia remaja hingga lansia. 
  3. Jika seorang dokter spesialis penyakit dalam menemukan penyakit yang terlalu parah, maka ia dapat melakukan rekomendasi atau rujukan untuk dokter subspesialis penyakit dalam. 
  4. Pengawasan dn pemantauan perawatan pada pasien penderita penyakit dalam dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam setelah pasien tersebut melewati tahap pemeriksaan tertentu.
  5. Perbedaan dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam adalah biasanya dokter umum memiliki keterbatasan pengetahuan dan penguasaan ilmu tentang penyakit dalam dan fasilitas medis yang kurang memadai

Dokter spesialisasi penyakit dalam menangani kondisi medis berikut

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis-jenis penyakit dalam. Jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan. Namun, dokter spesialisasi penyakit dalam hanya menangani daftar penyakit berikut:

1. Alergi imunologi klinik

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar alergi imunologi klinik adalah gangguan dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang seperti:

  • penyakit asma
  • penyakit rhinitis alergi
  • penyakit angiodema
  • penyakit biduran (urtikaria)

2. Gastroentero-hepatologi

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar gastroentero-hepatologi adalah gangguan dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan area organ hati seseorang seperti:

3. Geriatri

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar geriatri adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi seiring seseorang bertambah usia atau mengalami penuaan seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

4. Ginjal hipertensi

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar ginjal hipertensi adalah gangguan dan penyakit yang terjadi karena ginjal mengalami gangguan hingga harus menjalani hemodialisis dan adanya tekanan darah yang terlalu tinggi seperti: 

5. Hematologi-onkologi medik

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar hematologi-onkologi medik adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi pada sistem peredaran darah seperti:

  • hematologi atau penyakit yang berhubungan dengan darah
  • penyakit kanker
  • kekurangan darah atau anemia
  • kanker darah atau leukimia
  • penyakit limpa atau limfoma

6. Kardiologi

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar kardiologi adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi pada jantung seperti:

7. Metabolik-endokrin 

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar metabolik-endokrin adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi pada sistem metabolisme tubuh:

8. Pulmonologi

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar pulmonologi adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi pada sistem pernafasan:

9. Reumatologi

Jenis-jenis penyakit yang termasuk pada daftar reumatologi adalah gangguan dan penyakit yang sering terjadi pada sendi seperti:

10. Penanganan UGD dan perawatan HCU

Dokter spesialis penyakit dalam juga bertugas di UGD dan HCU untuk melakukan hal berikut:

  • mengawasi pasien
  • mengevaluasi perkembangan pasien
  • menangani penyakit kronis

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Different Types of Doctors & Medical Specialists Explained. WebMD. (https://www.webmd.com/health-insurance/insurance-doctor-types)
5 Types of Doctors You May Need to See. Healthline. (https://www.healthline.com/health/types-of-doctors-specialists)
Types of doctors: Differences and what they do. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/types-of-doctors)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app