Thyme: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 2 menit

Thyme (Thymus vulgaris) adalah tanaman rempah keluarga tanaman mint Lamiaceae asal Mesir yang saat ini banyak digunakan sebagai obat herbal dan ditemukan pada hidangan Eropa, Portugis, Turki, dan Timur Tengah.

Selain itu, banyak digunakan oleh orang Yunani sebagai obat herbal. Namun, tanaman ini juga dapat Anda temukan di Indonesia karena telah banyak dibudidayakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Thyme memiliki daun kecil yang berbentuk oval dan tangkai kecil dengan aroma yang khas dan mengandung banyak minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya digunakan untuk aromaterapi, mengatasi luka, dan mencegah infeksi.

Komponen utama dari minyak atsirinya adalah thymol, yang memberikannya sifat antiseptik. Oleh karena itu, minyak thyme biasanya digunakan sebagai obat kumur dan pasta gigi. Thyme dapat membunuh kuman dan infeksi di mulut  secara efektif dan melindungi gigi dari plak dan pembusukan.

Kandungan Thyme

  • Carvacrol
  • Flavonoid (apigenin, naringenin, luteolin dan thymonin)
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Seart
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Zat besi

Manfaat penggunaan Thyme

Thyme memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda, yaitu:

Meredakan sakit tenggorokan

Minyak thyme memiliki kemampuan sebagai antimikroba alami terkuat untuk meredakan sakit tenggorokan karena kandungan carvacrolnya.

Satu penelitian yang menguji kemampuan minyak thyme dari 120 jenis bakteri yang diisolasi dan diberikan pada pasien yang memiliki infeksi rongga mulut, saluran pernapasan, dan saluran genitourinari. Hasil percobaannya menunjukkan bahwa minyak dari tanaman thyme menunjukkan aktivitas yang sangat kuat terhadap semua infeksi.

Anti hipertensi

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukan bahwa ekstrak thyme dapat secara signifikan mengurangi denyut jantung dan tekanan darah tinggi. Ekstrak thyme juga dapat mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, dan LDL dengan cara meningkatkan  kadar kolesterol HDL.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Mencegah keracunan makanan

Thyme mempunyai kemampuan mencegah keracunan makanan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Food Microbiology,  menemukan bahwa minyak thyme mampu mendekontaminasi selada yang terinfeksi organisme Shigella yang dapat menyebabkan  diare dan dapat menyebabkan kerusakan usus besar.

Meningkatkan mood

Kandungan carvacrol pada thyme telah terbukti memiliki beberapa efek peningkatan mood yang signifikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa carvacrol yang diberikan selama tujuh hari berturut-turut pada hewan dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin. Hormon dopamin dan serotonin adalah dua hormone yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Melawan tumor dan kanker

Thyme memiliki kemampuan melawan tumor dan kanker. Kandungan  carvacrol merupakan komponen utama dari minyak atsiri yang menampilkan sifat antitumor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa carvacrol memiliki potensi terapeutik untuk pencegahan dan pengobatan kanker usus besar.

Thyme juga dapat digunakan pada beberapa kondisi untuk mengatasi masalah, seperti:

Efek Samping Penggunaan Thyme

Thyme aman untuk dikonsumsi dalam dosis yang sesuai kebutuhan. Thyme juga aman untuk orang dewasa, anak-anak, wanita hamil dan menyusui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Penggunaan thyme yang dioleskan pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan beberapa orang melaporkan ketidaknyamanan perut setelah mengonsumsi thyme.

Thyme dapat memperburuk kondisi hormon-sensitif. Penderita kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, atau fibroid rahim harus berhati-hati dalam menggunakan thyme.

Dosis penggunaan thyme yang berlebihan dapat menyebabkan pendarahan atau memar. Hindari penggunaan thyme selama dua minggu sebelum operasi.

Interaksi Obat

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda menggunakan obat-obatan bersama thyme, seperti:

  • inhibitor acetylcholinesterase (AChE),
  • obat antikolinergik
  • obat antikoagulan atau antiplatelet
  • obat kolinergik
  • estrogen

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Thyme Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/thyme-benefits-side-effects-and-preparations-4178781)
Thyme (Thymus Vulgaris): Benefits, Side Effects, Preparation. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-thymus-vulgaris-88803)
Thyme: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-823/thyme)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app