Beragam Manfaat dan Informasi Penting Dari SAMe

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 26, 2019 Waktu baca: 4 menit
Beragam Manfaat dan Informasi Penting Dari SAMe

Golongan: jual bebas

Kemasan: kapsul, tablet, suplemen diet

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Manfaat SAMe

SAMe merupakan molekul yang dapat terbentuk secara alami dalam tubuh namun dapat dibuat juga dalam laboratorium. Sejak tahun 1999, masyarakat di Amerika Serikat menggunakan SAMe sebagai suplemen diet.

Beberapa orang mengonsumsi SAMe untuk mengobati depresi, kecemasan, penyakit jantung, fibromyalgia, sakit perut, osteoarthritis, bursitis (radang kandung lendir) , tendonitis (peradangan atau iritasi tendon), chronic lower back pain, dementia, Alzheimer, CFS (Chronic Fatigue Syndrome), penyakit hati, Parkinson, memperlambat proses penuaan, serta meningkatkan kesehatan mental.

SAMe juga dapat mengatasi ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), multiple sclerosis, spinal cord injury, kejang, migraine, keracunan timbal, membantu pemecahan bilirubin, dan membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan pembentukan porfirin atau prekursornya.  

Beberapa wanita juga mengonsumsi SAMe untuk mengatasi PMS (Pre Menstrual Syndrome) atau PMDD (Pre Menstrual Dysphoric Disorder) dan hot flashes (penyakit saat menopause).

SAMe juga dapat disuntikkan melalui pembuluh darah untuk mengatasi depresi, osteoarthritis, AIDS (bila berhubungan dengan penyakit di sistem saraf), fibromyalgia, penyakit hati, sirosis hati,  intrahepatic cholestasis (penyakit hati yang terjadi pada ibu hamil), serta Alzheimer.

Efek samping same

SAMe sebenarnya aman dikonsumsi atau disuntikkan melalui pembuluh darah, namun juga dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti diare, muntah, mulut kering, konstipasi atau sembelit, sakit kepala, anorexia, berkeringat, pusing, dan menyebabkan kegugupan bila dalam dosis tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Bagi penderita depresi, SAMe juga dapat menimbulkan kecemasan.

Dosis same

Dewasa, melalui mulut

Bagi penderita depresi : konsumsi 800-1600 mg SAMe setiap hari dalam 4-12 minggu. Atau menggunakan produk DDM Metile, Omeopiacenza yang mengandung 250 mg SAMe dan dikonsumsi 2x sehari selama 12 bulan.

Bagi penderita osteoarthritis : Anda dapat mengonsumsi 600-1200 mg SAMe yang dibagi menjadi 3x selama 84 hari.

Bagi penderita sirosis hati : Anda dapat mengonsumsi 600 mg SAMe setiap hari selama 1 bulan. Atau dapat menggunakan kombinasi 30 mg SAMe ditambah 100 mcg vitamin B12 6x sehari selama 1 bulan.

Bagi penderita fibromyalgia : Anda dapat mengonsumsi 800 mg SAMe setiap hari yang dibagi menjadi 2x selama 6 bulan.

Bagi penderita Intrahepatic Cholestasis : Anda dapat mengonsumsi 500 mg SAMe 2x sehari hingga proses kelahiran. Atau 1600 mg SAMe setiap hari yang dibagi menjadi 2x sehari selama 2 minggu.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Dewasa, melalui suntikan

Bagi penderita AIDS : suntikan 800 mg SAMe melalui pembuluh darah selama 14 hari

Bagi penderita depresi : suntikan melalui pembuluh darah sebanyak 200-400 mg SAMe setiap hari selama 1-4 minggu

Bagi penderita osteoarthritis : suntikan SAMe melalui pembuluh darah sebanyak 400 mg selama 5 hari dan dilanjutkan dengan konsumsi 600 mg SAMe selama 3x dalam 23 hari. Sebanyak 60 mg SAMe juga dapat disuntikkan selama 7 hari.

Bagi penderita fibromyalgia : Anda dapat menyuntikkan 400 mg SAMe melalui pembuluh darah selama 15 hari. Sebanyak 200 mg SAMe juga dapat disuntikkan setiap hari selama 21 hari.

Anak-anak

Bagi penderita Intrahepatic Cholestasis : sebanyak 250-1000 mg SAMe dapat disuntikkan melalui pembuluh darah selama 28 hari.

Interaksi same

SAMe dapat berinteraksi dengan obat depresi (antidepressant). SAMe meningkatkan senyawa serotonin dalam otak. Obat antidepressant juga meningkatkan jumlah serotonin. 

Konsumsi SAMe bersamaan dengan obat antidepressant dapat menyebabkan jumlah serotonin di otak menjadi terlalu banyak sehingga menyebabkan penyakit lain seperti penyakit hati, kecemasan, dan menggigil.

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi SAMe bila Anda sedang mengonsumsi obat depresi (antidepressant). 

Contoh obat depresi yang dapat berinteraksi dengan SAMe adalah Fluoxetine (Prozac), Paroxetine (Paxil), Imipramine (Tofranil), Clomipramine (Anafranil), Sertraline (Zoloft), Amitriptyline (Elavil), Phenelzine (Nardil), Tranylcypromine (Parnate), dan sebagainya.

SAMe juga dapat berinteraksi dengan obat Dextromethorpan seperti Robitussin DM. Dextromethorpan dan SAMe sama-sama dapat meningkatkan jumlah serotonin sehingga kadar serotonin menjadi berlebihan dan menyebabkan penyakit hati, kecemasan, dan menggigil. 

Jangan mengonsumsi SAMe bila Anda juga mengonsumsi Dextromethorpan (Robitussin DM).

SAMe juga dapat berinteraksi dengan Levodopa untuk mengatasi Parkinson. SAMe dapat mengubah Levodopa dalam tubuh dan menurunkan keefektifannya. Konsumsi SAMe bersamaan dengan Levodopa dapat memperburuk keadaan penderita Parkinson.

SAMe juga dapat berinteraksi dengan obat Meperidine (Demerol). Meperidine (Demerol) dan SAMe sama-sama dapat meningkatkan jumlah serotonin sehingga kadar serotonin menjadi berlebihan dan menyebabkan penyakit hati, kecemasan, dan menggigil. Jangan mengonsumsi SAMe bila Anda juga mengonsumsi Meperidine (Demerol).

SAMe juga dapat berinteraksi dengan obat Pentazocine (Talwin). Pentazocine (Talwin) dan SAMe sama-sama dapat meningkatkan jumlah serotonin sehingga kadar serotonin menjadi berlebihan dan menyebabkan penyakit hati, kecemasan, dan menggigil. 

Jangan mengonsumsi SAMe bila Anda juga mengonsumsi Pentazocine (Talwin).  

SAMe juga dapat berinteraksi dengan obat Tramadol (Ultram). Tramadol (Ultram) dan SAMe sama-sama dapat meningkatkan jumlah serotonin sehingga kadar serotonin menjadi berlebihan dan menyebabkan penyakit hati, kecemasan, dan menggigil. 

Jangan mengonsumsi SAMe bila Anda juga mengonsumsi Tramadol (Ultram).  

Perhatian

Bagi ibu hamil, SAMe aman diberikan melalui pembuluh darah dengan jangka waktu pendek. Sekitar 800 mg SAMe dapat diberikan melalui pembuluh darah dengan jangka waktu 14-20 hari bila tanpa reaksi apapun. 

Tidak ada penelitian yang memberikan informasi dosis aman bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Sebaiknya Anda tetap dalam kondisi yang aman dan menghindari konsumsi SAMe.

Bagi ibu menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi SAMe terlebih dahulu karena belum ada penelitian yang membuktikan bahwa SAMe aman digunakan oleh ibu menyusui. 

Bagi anak-anak, SAMe aman dikonsumsi atau diberikan melalui pembuluh darah dalam jangka waktu pendek.

Bagi penderita gangguan bipolar, konsumsi SAMe dapat mengubah keadaan depresi menjadi gila. SAMe juga dapat memperburuk keadaan penderita Lesch-Nyhan syndrome. 

SAMe juga memperburuk kondisi penderita Parkinson. SAMe juga berdampak terhadap sistem saraf pusat. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi SAMe paling tidak 2 minggu sebelum jadwal operasi Anda.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Shultz, Suzanne. (2006). SAMe. Journal of Consumer Health on the Internet. 10. 89-97. 10.1300/J381v10n01_07.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/233289401_SAMe)
SAMe Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (Accessed via: https://www.drugs.com/npp/same.html)
S-Adenosyl Methionine Supplement — Health Benefits, Dosage, Side Effects. Examine.com. (Accessed via: https://examine.com/supplements/s-adenosyl-methionine/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app