Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sertraline: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 6, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Jika Anda atau kerabat pernah mengalami rasa cemas berlebihan, rasa ketakutan atau depresi, Sertraline merupakan salah satu obat yang akan diberikan untuk memberikan rasa tenang dan menghilangkan berbagai macam perasaan yang dapat menjurus hingga perasaan ingin mengakhiri hidup alias bunuh diri. 

Apa saja manfaat penggunaan obat Sertraline dan efek sampingnya? Berikut serba-serbi mengenai obat Sertraline yang dapat membantu Anda memahami lebih dalam.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa itu Sertraline?

Sertraline adalah obat yang sering digunakan untuk menyeimbangkan zat serotonin (pembawa sinyal antar syaraf atau neurotransmitter) di dalam otak. 

Sertraline digunakan untuk menurunkan rasa depresi atau ketakutan berlebihan dan berbagai macam kelainan lainnya yang membuat orang seolah tidak ingin melanjutkan hdupnya atau tidak bisa memaknai hidupnya. 

Sertraline merupakan obat oral dan memiliki banyak kegunaan dalam mencegah, mengobati, dan juga megontrol emosi yang tidak terkendali.

Apa saja penyakit yang dapat diobati oleh Sertraline?

Sertraline dapat menjadi obat yang berfungsi utama sebagai antidepressant dan menyeimbangkan serotonin dalam otak. Beberapa penyakit seperti mengobati depresi ringan hingga berat, rasa panik yang berlebihan, sindrom pramenstruasi, OCD (obsessive-compulsive disorder), serta gangguan cemas social (social anxiety disorder)

Dengan seimbangnya zat serotonin dalam otak dapat membantu seseorang lebih tenang, mengurangi rasa cemas dan ketakutan, meningkatkan minat dan rasa ingin kembali beraktifitas seperti biasa.

Bagaimana penggunaan obat Sertraline?

Penggunaan obat Sertraline disesuaikan dengan tujuannya. Biasanya, pasien yang ingin menggunakan obat tersebut sebagai pengobatan dapat melihat petunjuk penggunaan yang sesuai dengan dosis takarannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi obat Sertraline:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Manfaat dari obat Sertraline dapat dirasakan dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu. Jika peraaan pasien sudah membaik, disarankan untuk tetap mengonsumsi obat tersebut. Jika Anda ingin berhenti, konsultasikan kepada dokter. Penghentian tiba-tiba dapat memberikan efek samping yang buruk.
  • Pasien yang menderita gula darah atau diabetes disarankan berkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Obat Sertraline dapat mempengaruhi kadar gula darah.
  • Mengonsumsi obat Sertraline disarankan untuk selalu pada jam yang sama.
  • Obat Sertraline tidak disarankan untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun. Beberapa sumber mengatakan bahkan untuk anak-anak antara 6-18 tahun harus melalui resep dokter. Selain anak-anak, obat ini tidak disarankan untuk pasien 65 tahun ke atas.
  • Untuk beberapa orang, reaksi alergi atau efek samping dapat dirasakan langsung. Segera konsultasikan kepada dokter jika Anda merasakan efek samping seperti: pusing kepala, mengantuk, rasa semakin gelisah, mual dan diare, jantung berdebar, kejang otot hingga hilang kesadaran.
  • Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat Sertraline, perlu diketahui bahwa beberapa penyakit berikut bisa berinteraksi dengan obat Sertraline. Hindari mengonsumsi obat jika Anda memiliki penyakit seperti:
    - Bipolar Disorder
    - Riwayat kejang
    - Diabetes
    - Hiponatremia (natrium rendah)

Dosis Sertraline

Dosis obat Sertraline terdiri dari 25mg,50mg,100mg. Berikut penggunaan obat Sertraline (tanpa menggantikan petunjuk dokter):

  • Dosis awal dewasa untuk pengobatan depresi dan OCD: 50mg oral/hari
    Dosis dewasa untuk pemeliharaan meningkat bertahap hingga 200mg/hari
  • Dosis awal dewasa untuk pengobatan panic disorder (gangguan panik), social anxiety disorder dan post traumatic disorder: 25mg oral/hari
    Dosis dewasa untuk pemeliharaan meningkat bertahap hingga 200mg/hari

Untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum memulai untuk mengonsumsi obat ini.

Merek dagang: Merek: Anexin, Deptral, Fatral, Fridep, Iglodep, Serlof, Sernade, Zerlin, Zoloft, Antipres. 

Apakah obat Sertraline dapat menyebabkan overdosis?

Penggunaan yang tidak sesuai petunjuk penggunaan dapat menyebabkan berbagai efek samping yang buruk. Salah satu penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan overdosis. Berikut ciri-ciri gejala overdosis:

  • Mengalami lelah yang berlebihan
  • Rasa mengantuk terus menerus
  • Rambut rontok
  • Jantung mudah berdebar 
  • Sering berhalusinasi
  • Sering tidak sadarkan diri atau pingsan.

Terkadang, reaksi alergi dan overdosis sering susah untuk dibedakan. Jangan ragu untuk bertanya dan segera konsultasikan kepada dokter jika Anda merasakan sesuatu yang tidak menunjukan perbaikan pada penyakit Anda setelah mengonsumsi obat Sertraline.


16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp