Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Sakit Lengan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.037.001 orang

Sakit lengan merupakan rasa tidak nyaman atau sakit yang dialami dimanapun di bagian lengan termasuk sakit pada pergelangan tangan, siku atau bahu. Sakit lengan dapat terjadi karena beberapa penyebab.

Penyebab paling umum adalah cedera dan terlalu sering digunakan. Rasa sakit dapat muncul tiba-tiba dan menghilang atau justru makin sakit secara bertahap tergantung dari penyebabnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Gejala sakit lengan

Gejala yang menyertai sakit lengan bergantung dari penyebabnya yaitu:

  1. Kemerahan pada lengan
  2. Kaku
  3. Bengkak
  4. Pembengkakan pembuluh limpa dibawah lengan
  5. Lengan terasa kebas atau terasa seperti kesetrum

Penyebab sakit lengan

Penyebab sakit lengan dan gejala yang menyertainya bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Beberapa penyebab sakit lengan yang mungkin yaitu:

  • Saraf terjepit, hal ini terjadi ketika saraf tertekan oleh struktur tulang, otot, kartilago atau tendon. Jika penyebab sakitnya lengan karena saraf terjepit, maka gejala yang muncul adalah rasa tertusuk, mati rasa, sakit seperti teriris, otot melemah, lengan seperti kesetrum.
  • Keseleo terjadi karena ligament atau tendon yang meregang atau sobek dan hal tersebut adalah cedera yang sering terjadi. Anda dapat merawat keseleo ringan di rumah namun keseleo berat membutuhkan tindakan operasi. Gejala umum dapat berupa pembengkakan, luka dan pergerakan sendi terbatas.
  1. Tendonitis, hal ini sering terjadi pada orang-orang yang kegiatannya melibatkan gerakan kepala seperti tukang cat atau pemain baseball. Gejala tersebut berupa pegal pada bahu dan otot tangan lebih lemah daripada biasanya.
  2. Patah tulang, hal ini menyebabkan sakit lengan yang sangat menyakitkan. Anda mungkin mendengar suara tulang patah. Beberapa gejalanya yaitu pembengkakan, memar, sakit berat, perubahan bentuk yang nampak, kesulitan membalik telapak tangan, gerakan terbatas.
  3. Radang sendi, gangguan kronis ini disebabkan oleh peradangan yang mempengaruhi sendi secara langsung. Beberapa gejala tersebut yaitu sendi terasa hangat dan lembut, bengkak, kaku dan merasa lelah.
  4. Angina, adalah nyeri dada yang terjadi ketika jantung tidak mendapat cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan sakit pada lengan dan bahu seperti rasa tertekan pada dada, leher dan punggung Anda. Angina sering mengindikasikan masalah jantung . Gejala lainnya yaitu nyeri dada, mual, nafas memendek dan pusing.
  5. Serangan jantung, terjadi ketika darah tidak dapat melalui jantung karena tersumbat, hal ini mengganggu suplai oksigen di jantung. Hal ini dapat menyebabkan otot jantung mati jika tidak segera mendapat suplai oksigen kembali. Ketika mengalami serangan jantung, Anda mungkin mengalami sakit pada kedua lengan, nafas pendek, sakit di bagian tubuh atas, mual, keringat dingin, nyeri dada dan pusing.

Diagnosa sakit lengan

Dokter memerlukan diagnosis ynag mendasari penyebab sakit untuk meresepkan pengobatan. Pertama-tama mereka menanyakan riwayat kesehatan dan tes fisik, menanyakan kegiatan Anda, cedera yang berpotensi membahayakan dan gejalanya.

Menurut gejala, beberapa tes berikut dapat membantu dokter Anda membuat diagnosis:

  1. Dokter mungkin meminta Anda untuk mengangkat lengan dan melakukan gerakan sederhana untuk mengevaluasi lingkup gerakan. Hal ini dapat membantu meraka mengidentifikasi lokasi dan penyebab cedera atau sakit.
  2. Tes darah dapat membantu mendeteksi beberapa kondisi penyebab sakit lengan seperti diabetes atau kondisi tertentu yang menyebabkan peradangan pada sendi.
  3. Rontgen atau X-Ray membantu dokter mendiagnosa tulang patah atau retak.
  4. Jika dokter berpikir sakit lengan Anda berhubungan dengan potensi komplikasi jantung, mereka mungkin menyarankan tes elektrokardiografi (rekam jantung).
  5. Ultrasound dengan gelombang suara frekuensi tinggi untuk mendapat gambaran di dalam tubuh, dan mereka dapat membantu dokter Anda mendeteksi masalah dengan sendi, ligament dan tendon.
  6. Dokter Anda dapat menggunakan MRI dan CT scan untum mendapat gambaran spesifik dari jaringan lunak dan tulang. Hal ini dapat membantu mereka mendeteksi masalah.

Kapan sebaiknya memeriksan sakit lengan?

Hampir setiap waktu sakit lengan tidak memiliki tanda medis khusus. Pada beberapa kasus, Anda dapat mengobati sakit lengan dengan perawatan di rumah. Bagaimanapun pada beberapa kasus Anda memerlukan penanganan darurat.

Anda sebaiknya menghubungi 911 atau pergi ke UGD terdekat jika kamu dicurigai memiliki patah tulang, serangan jantung atau masalah jantung lain yang menyebabkan sakit lengan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Gejala sakit lengan karena patah tulang yaitu:

  1. Sakit seperti tergores dan menusuk
  2. Perubahan bentuk yang Nampak, seperti lengan atau pergelangan tangan Anda bengkok.
  3. Tidak mampu menekuk atau memutar lengan, tangan atau jari.

Sementara gejala serangan jantung yaitu:

  1. Nyeri pada dada atau rasa seperti tertekan
  2. Sakit pada punggung, leher atau bagian atas tubuh
  3. Mual
  4. Nafas pendek / ngongsrong

Jika gejala di atas terjadi pada Anda segera hubungi rumah sakit terdekat.

Pengobatan sakit lengan

Pengobatan untuk sakit lengan bermacam-macam tergantung penyebab dan tingkat keparahannya. Beberapa pengobatan tersebut yaitu:

  1. Dalam beberapa kasus, sakit pada lengan mungkin cukup parah sehingga dokter meresepkan Anda penghilang sakit.
  2. Untuk sakit karena peradangan, obat anti peradangan seperti kortikosteroid dapat membantu mengurangi penyebab utama dan lainnya.
  3. Anda mungkin perlu merawat sakit lengan dengan terapi fisik, khususnya jika Anda memiliki gerakan yang terbatas.
  4. Pada beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan. Misalnya, operasi dapat membantu memperbaiki ligament yang sobek atau patah tulang.

Selain obat dari dokter, Anda dapat melakukan perawatan di rumah. Beberapa contoh perawatan sakit lengan yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu:

  1. Istirahat, tubuh memerlukan istirahat. Istirahatkan bagian tubuh yang sakit dan hindari gerakan dan latihan berat.
  2. Es batu, memberikan es batu pada bagian yang sakit membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Gunakan es batu yang dibungkus handuk pada bagian yang sakit selama 5 menit lalu lepas dan kompres lagi selama 5 menit selama total 20 menit.
  3. Penghilang rasa sakit tanpa resep, jika Anda merasa tidak perlu memeriksakan diri ke dokter dan sakit lengan cukup ringan, obat  seperti aspirin atau ibuprofen membantu mengobati ketidaknyamanan Anda. Jangan gunakan obat ini lebih lama daripada penggunaan yang disarankan.
  4. Kompres, membungkus daerah sakit dengan perban elastis atau penyokong membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah sendi memanjang terlalu jauh, serta mempercepat penyembuhan.
  5. Peninggi, menjaga agar lengan tetap di atas mengurangi bengkak dan sakit.

Jika perawatan rumahan ini membuat sakit lengan semakin parah, hentikan perawatan dan segera periksakan diri ke dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit