Rhetoflam Gel: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Rhetoflam gel adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang seperti nyeri arthritis atau nyeri pasca trauma. Obat Rhetoflam gel mengandung Ketoprofen yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) derivat asam propionat.Berikut ini adalah informasi lengkap obat rhetoflam gel yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Pabrik

Sanbe farma

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

rhetoflam gel dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • rhetoflam gel : Tube 20 g

Kandungan

tiap kemasan obat rhetoflam gel mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Ketoprofen adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengobati nyeri arthritis atau sakit gigi yang parah yang mengakibatkan radang gusi. Obat ini adalah nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) derivat asam propionat yang mempunyai aktivitas antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik. Aktivitas anti inflamasi ketoprofen setara dengan ibuprofen tetapi efek sampingnya lebih banyak. Tetapi ketoprofen oral terbukti lebih baik dalam mengurangi nyeri sedang sampai berat, meningkatkan status fungsional dan kondisi umum dibandingkan dengan ibuprofen atau diclofenac.

Indikasi

Kegunaan rhetoflam gel (ketoprofen) adalah untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang seperti nyeri dan radang pada penyakit reumatik yang ringan dan gangguan otot skelet lainnya, nyeri sendi, nyeri setelah operasi terutama pembedahan ortopedik, gout akut dan nyeri post traumatic.

Kondisi/penyakit terkait :

Kontraindikasi

  • jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap ketoprofen.
  • jangan digunakan jika anda memiliki hipersensitivitas, dermatitis, eksim, infeksi.
  • Jangan digunakan pada selaput lendir (mucous membranes) atau mata.

Efek Samping rhetoflam gel

Berikut adalah beberapa efek samping rhetoflam gel (ketoprofen) yang mungkin terjadi :

  • Reaksi dermatologis yang jarang seperti dermatitis eksfoliatif, sindrom Stevens-Johnson, dan nekrolisis epidermal toksik, yang dapat berakibat fatal, dapat terjadi selama pemakaian NSAID. Pengobatan harus dihentikan jika tanda - tanda seperti ruam atau hipersensitivitas muncul.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien jika menggunakan obat rhetoflam gel (ketoprofen) adalah sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Penggunaan obat rhetoflam gel untuk ibu hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan ketoprofen kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Pada trimester akhir dikategorikan ke dakam kategori D :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia . namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Ketoprofen sebaiknya dihindari dipakai oleh wanita hamil. Namun pada pemakaian topikal, obat ini relatif aman.

interaksi obat

Berikut adalah interaksi obat ketoprofen dengan obat-obat lain :

  • ketoprofen tidak boleh dikombinasikan dengan NSAID lain atau kortikosteroid, karena hal ini meningkatkan resiko perdarahan saluran pencernaan.
  • Resiko yang sama juga terjadi pada penggunaan bersamaan dengan antikoagulan (misalnya warfarin).
  • NSAID dapat mengurangi efek antihipertensi ACE-inhibitor seperti captopril dan enalapril.
  • Sama dengan NSAID lainnya, pemberian bersamaan dengan aspirin umumnya tidak dianjurkan karena potensi efek samping meningkat.
  • NSAID dapat mengurangi efek natriuretik furosemide dan tiazid.
  • hidroklorotiazid, saat diberikan bersamaan dengan ketoprofen, menghasilkan penurunan kalium urin dan ekskresi klorida lebih tinggi dibandingkan dengan hidroklorotiazid saja. Oleh karena itu pasien yang memakai diuretik dan ketoprofen memiliki resiko lebih besar terkena gagal ginjal sekunder.
  • NSAID menyebabkan meningkatkan kadar plasma lithium dan mengurangi klirens lithium. Jika obat-obat golongan NSAID dan lithium diberikan bersamaan, harus diamati secara seksama terhadap adanya tanda-tanda toksisitas lithium.
  • ketoprofen, seperti NSAID lainnya, dapat menyebabkan penurunan klirens methotrexate yang menyebabkan kadar serum meningkat sehingga terjadi peningkatan toksisitas.
  • Probenesid meningkatkan kadar plasma ketoprofen sehingga meningkatkan efek sampingnya.

Dosis rhetoflam gel

obat rhetoflam gel (ketoprofen) diberikan dengan dosis :

  • 2 x sehari dioleskan secukupnya secara merata di area yang sakit. Maksimum 7 hari.

Terkait

  • merk-merk obat dengan kandungan ketoprofen
  • obat yang termasuk analgetic
  • obat yang termasuk antipyretic
  • obat yang termasuk NSAID
  • obat yang termasuk depresan syaraf pusat

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat rhetoflam gel harus sesuai dengan yang dianjurkan.


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ketoprofen – ketoprofen capsule: Ketoprofen- ketoprofen capsule, extended release. (2015). (http://dailymed.nlm.nih.gov/dailymed/drugInfo.cfm?setid=198a4140-f4c0-4478-9157-ee1d68d0bb96)
Nexcede (ketoprofen) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/ketoprofen-343291)
Ketoprofen - C16H14O3. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Ketoprofen)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app