HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Proganotisme - Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Dipublish tanggal: Sep 16, 2019 Update terakhir: Nov 6, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apa itu Proganotisme?

Prognatisme merupakan kondisi rahang yang menonjol. Ini juga disebut dagu panjang atau rahang Habsburg. Kondisi ini biasanya merupakan tanda dari kondisi yang mendasarinya.

Anda memiliki prognathisme mandibula jika rahang bawah Anda memanjang lebih jauh dari yang seharusnya. Prognatisme rahang atas terjadi ketika rahang atas Anda menonjol. Dalam prognathisme bimaxillary, kedua rahang menonjol lebih jauh dari bagian wajah lainnya.

Apa yang menyebabkan terjadinya proganotisme?

Beberapa orang dilahirkan dengan rahang atas atau bawah yang menonjol tanpa memiliki kondisi yang mendasarinya. Dalam kasus lain, prognatisme dapat dikaitkan dengan salah satu kondisi mendasar berikut ini:

Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan (GH), yang menyebabkan jaringan Anda membesar. Rahang bawah Anda akhirnya mencuat karena menjadi lebih besar.

Ini adalah kondisi bawaan langka yang menyebabkan karakteristik wajah abnormal, seperti hidung lebar, mata yang terlalu berjauhan, dan alis yang tebal..

  • Acrodysostosis

Ini adalah kondisi yang sangat jarang terjadi sejak lahir. Ini dapat menyebabkan lengan dan kaki pendek, masalah pendengaran, hidung pendek, rahang yang menonjol, dan keterbelakangan mental.

Apa saja gejala yang ditemukan pada proganotisme?

Prognathisme dapat menyebabkan kondisi yang disebut maloklusi gigi, yang menimbulkan barisan gigi Anda tidak sejajar. Ini dapat menyebabkan masalah dengan menggigit, mengunyah, dan berbicara. Gigi yang tidak sejajar juga sulit dibersihkan, yang meningkatkan risiko penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Akromegali dapat meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung jika tidak diobati. Ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti masalah penglihatan dan radang sendi. Gejala yang ditemukan bersamaan dengan adanya penonjolan rahang pada akromegali  seperti:

Sindrom nevus sel basal dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kulit yang disebut karsinoma sel basal. Jika Anda memiliki pertumbuhan yang tidak biasa atau kelainan kulit, segera kunjungi dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan.

Kondisi ini juga dapat mempengaruhi sistem saraf Anda dan menyebabkan kebutaan, keterbelakangan mental, kejang, dan tuli. Penting untuk menemui dokter Anda jika Anda memiliki karakteristik fisik dari kondisi ini.

Acrodysostosis dapat menyebabkan radang sendi, gerakan terbatas di tangan, siku, dan tulang belakang, dan sindrom terowongan karpal.Konsultasikan ke dokter jika anak Anda memiliki tanda-tanda fisik dari masalah ini atau masalah perkembangan yang dapat dikaitkan dengan keterbelakangan mental

Bagaimana cara mengobati Proganostime

Perawatan gigi

Seorang ortodontis dapat memperbaiki rahang yang menonjol melalui operasi ortognatik. Anda harus mengenakan kawat gigi untuk mendorong gigi Anda bergerak ke posisi baru mereka. Dokter bedah mulut Anda akan mengeluarkan dan memposisikan ulang bagian tulang Anda sesuai kebutuhan. Rahang Anda akan ditahan dengan pelat, sekrup, atau kabel.

Perawatan medis

Dokter Anda dapat mendiagnosis dan mengobati segala kondisi mendasar yang menyebabkan rahang Anda menonjol.

Akromegali dapat diobati dengan operasi mengangkat tumor hipofisis yang menyebabkan produksi hormon pertumbuhan terlalu banyak. Anda mungkin perlu terapi radiasi jika tumornya terlalu besar. Dokter Anda juga dapat meresepkan obat untuk mengendalikan jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan atau memblokir efeknya.

Jika Anda menderita sindrom nevus sel basal, pengobatan tergantung pada bagian tubuh Anda yang terpengaruh dan apakah Anda menderita kanker atau tidak.

Perawatan untuk acrodysostosis melibatkan pendidikan khusus untuk keterbelakangan mental dan perawatan ortopedi untuk masalah tulang.

Apa Yang Terjadi Setelah Pembedahan Korektif?

Setelah operasi rahang korektif, Anda harus mengonsumsi makanan yang telah diberikan sesuai komposisi dari dokter. Obat-obatan dapat memberikan penghilang rasa sakit dan Anda akan dapat kembali bekerja sekitar satu hingga tiga minggu setelah operasi. Rahang Anda akan membutuhkan sekitar sembilan hingga 12 bulan untuk sepenuhnya pulih.

Bagaimana cara Mencegah Prognatisme

Anda tidak dapat mencegah prognathisme karena kondisi genetik, seperti sindrom nevus sel basal. Berkonsultasi dengan ahli genetik jika Anda berencana memiliki anak untuk mengetahui apakah ada kemungkinan untuk meneruskan kondisi tersebut kepada mereka.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Buka di app