HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Pengobatan

Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Seputar Ortopedi, Sebelum Pergi Konsultasi

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Mei 1, 2020 Waktu baca: 3 menit
Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Seputar Ortopedi, Sebelum Pergi Konsultasi

Ketika cedera pertama kali terjadi, banyak orang beranggapan bahwa istirahat beberapa hari dan minum obat penghilang rasa sakit merupakan hal yang dapat dilakukan untuk meringankan kondisi pasca cedera. 

Hal tersebut umumnya dapat dilakukan dalam beberapa situasi, tetapi kebanyakan cedera yang tampak ringan pada awalnya dapat menimbulkan komplikasi jangka panjang tanpa intervensi medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Melakukan konsultasi pasca cedera ke dokter tulang atau dalam istilah medis disebut dengan dokter ortopedi merupakan salah satu tindakan yang tepat. Berikut hal yang perlu Anda tahu seputar ortopedi, sebelum pergi konsultasi.

Siapa sih Dokter Ortopedi itu?

Ortopedi merupakan spesialisasi medis yang berfokus pada diagnosis, koreksi, pencegahan, dan pengobatan orang dengan kelainan bentuk tulang, kelainan tulang, sendi, otot, ligamen, tendon, saraf, dan kulit. Elemen-elemen tersebutlah yang membentuk sistem muskuloskeletal.

Sistem muskuloskeletal tubuh merupakan cakupan dari sistem tulang, sendi, ligamen, tendon, otot, dan saraf yang kompleks dan memungkinkan Anda untuk bergerak, bekerja, dan menjadi lebih aktif. 

Setelah dikhususkan untuk merawat anak-anak dengan kelainan bentuk tulang belakang dan anggota gerak, sekarang ortopedi dapat merawat orang dari segala usia, dari bayi baru lahir dengan kelainan kaki, hingga atlet muda yang membutuhkan pembedahan arthroscopic, hingga orang lanjut usia yang menderita artritis.

 Dokter yang berspesialisasi dalam bidang tersebut disebut dengan ahli bedah ortopedi.

Kapan Anda harus berkonsultasi ke Dokter Ortopedi?

Jika Anda mengalami rasa sakit pada otot, persendian, atau tulang, Anda mungkin bertanya-tanya apakah harus ke dokter. Jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut, kami sarankan Anda membuat janji dengan dokter untuk dilakukan dievaluasi. Berikut beberapa gejala yang perlu Anda ketahui:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1
  • Anda memiliki rasa nyeri, kekakuan, atau ketidaknyamanan yang membuat Anda sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari
  • Anda mengalami nyeri kronis (nyeri yang bertahan lebih dari 12 minggu)
  • Anda mengalami penurunan dalam rentang gerak Anda
  • Anda merasa tidak stabil saat berjalan atau berdiri
  • Anda mengalami cedera jaringan lunak, dan kondisi tersebut tidak membaik setelah 48 jam

Apa yang diharapkan pada penanganan kasus Ortopedi?

Selama janji untuk bertemu dokter ortopedi, dokter ortopedi akan bertanya tentang kebiasaan aktivitas fisik Anda serta rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang Anda miliki. 

Tujuan dokter ortopedi adalah untuk memahami bagaimana kebiasaan sehari-hari Anda dapat mempengaruhi rasa sakit yang Anda alami, dan bagaimana Anda telah menanganinya.

Kemudian, dokter akan meninjau riwayat medis Anda dengan melihat tes-tes atau pemeriksaan sebelumnya yang pernah Anda lakukan. Dokter juga dapat menganjurkan pemeriksaan rontgen, tes darah, atau tes lainnya.

Tujuan dokter menanyakan semua hal tentang kondisi dan riwayat kesehatan Anda adalah untuk:

  • Mendiagnosis masalah dengan benar
  • Membantu mengurangi rasa sakit atau masalah yang Anda alami, dan
  • Membantu Anda kembali ke aktivitas Anda sehari-hari

Jenis Dokter seperti apa yang harus Anda datangi?

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda perlu mengunjungi dokter, Anda mungkin akan bertanya-tanya jenis spesialis mana yang paling tepat untuk mendiagnosis dan merawat Anda.

Ada sejumlah spesialisasi medis yang mengobati kondisi muskuloskeletal, seperti radang sendi, nyeri kronis, dan cedera. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Dokter dan spesialis bedah ortopedi, spesialis reumatologi, ahli saraf, dokter pengobatan rehabilitasi, dan ahli terapi fisik semuanya dapat mengobati beberapa kondisi yang berhubungan dengan otot, tulang, dan persendian. Anda mungkin perlu mengunjungi spesialis ortopedi jika Anda mengalami beberapa kondisi seperti berikut:

  • Nyeri otot, sendi, atau tulang yang dimulai setelah cedera atau kecelakaan
  • Tendon robek atau pecah
  • Ketidakstabilan atau dislokasi tulang
  • Nyeri pinggul atau lutut yang sudah berkembang
  • Rasa sakit di pinggul atau lutut Anda yang lebih buruk selama aktivitas menahan beban
  • Artritis di pinggul, lutut, atau siku Anda
  • Telah diagnosis dengan osteoartritis
  • Nyeri leher atau punggung
  • Nyeri lengan atau tungkai yang menjalar (“saraf terjepit”)

Anda mungkin juga ingin mengunjungi dokter ortopedi jika Anda pernah mendengar atau mencurigai bahwa Anda mungkin memerlukan operasi penggantian sendi atau operasi lain pada tulang, sendi, otot, atau tendon Anda.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencari dokter ortopedi yang bagus:

  • Bicaralah dengan dokter umum Anda, minta referensi dokter ortopedi mana yang bagus untuk kondisi yang Anda alami. Anda juga bisa minta rujukkan dari rumah sakit tempat Anda periksa.
  • Tanya-tanya pada teman atau rekan kerja Anda, beberapa di antaranya mungkin pernah menjalani operasi ortopedi atau kenal dengan dokter tulang. Pengalaman langsung dari kerabat atau teman bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih dokter ortopedi yang terpercaya 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Orthopedics & Types of Orthopedics Surgeries. WebMD. (https://www.webmd.com/orthopedics/default.htm)
Important Factors to Consider When Choosing an Orthopedic Surgeon. Healthline. (https://www.healthline.com/health/total-knee-replacement-surgery/orthopedic-surgeon)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app