Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Proganotisme - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.164.286 orang

Apa itu Proganotisme?

Prognatisme merupakan kondisi rahang yang menonjol. Ini juga disebut dagu panjang atau rahang Habsburg. Kondisi ini biasanya merupakan tanda dari kondisi yang mendasarinya.

Anda memiliki prognathisme mandibula jika rahang bawah Anda memanjang lebih jauh dari yang seharusnya. Prognatisme rahang atas terjadi ketika rahang atas Anda menonjol. Dalam prognathisme bimaxillary, kedua rahang menonjol lebih jauh dari bagian wajah lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Apa yang menyebabkan terjadinya proganotisme?

Beberapa orang dilahirkan dengan rahang atas atau bawah yang menonjol tanpa memiliki kondisi yang mendasarinya. Dalam kasus lain, prognatisme dapat dikaitkan dengan salah satu kondisi mendasar berikut ini:

  • Akromegali

Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan (GH), yang menyebabkan jaringan Anda membesar. Rahang bawah Anda akhirnya mencuat karena menjadi lebih besar.

  • Sindrom Nevus Sel Basal

Ini adalah kondisi bawaan langka yang menyebabkan karakteristik wajah abnormal, seperti hidung lebar, mata yang terlalu berjauhan, dan alis yang tebal..

  • Acrodysostosis

Ini adalah kondisi yang sangat jarang terjadi sejak lahir. Ini dapat menyebabkan lengan dan kaki pendek, masalah pendengaran, hidung pendek, rahang yang menonjol, dan keterbelakangan mental.

Apa saja gejala yang ditemukan pada proganotisme?

Prognathisme dapat menyebabkan kondisi yang disebut maloklusi gigi, yang menimbulkan barisan gigi Anda tidak sejajar. Ini dapat menyebabkan masalah dengan menggigit, mengunyah, dan berbicara. Gigi yang tidak sejajar juga sulit dibersihkan, yang meningkatkan risiko penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Akromegali dapat meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung jika tidak diobati. Ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti masalah penglihatan dan radang sendi. Gejala yang ditemukan bersamaan dengan adanya penonjolan rahang pada akromegali  seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1
  • tangan dan kaki bengkak
  • alis yang menonjol
  • pembengkakan pada persendian Anda
  • kelemahan otot
  • hidung melebar
  • peningkatan ruang di antara gigi Anda
  • nyeri sendi

Sindrom nevus sel basal dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kulit yang disebut karsinoma sel basal. Jika Anda memiliki pertumbuhan yang tidak biasa atau kelainan kulit, segera kunjungi dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan.

Kondisi ini juga dapat mempengaruhi sistem saraf Anda dan menyebabkan kebutaan, keterbelakangan mental, kejang, dan tuli. Penting untuk menemui dokter Anda jika Anda memiliki karakteristik fisik dari kondisi ini.

Acrodysostosis dapat menyebabkan radang sendi, gerakan terbatas di tangan, siku, dan tulang belakang, dan sindrom terowongan karpal.Konsultasikan ke dokter jika anak Anda memiliki tanda-tanda fisik dari masalah ini atau masalah perkembangan yang dapat dikaitkan dengan keterbelakangan mental

Bagaimana cara mengobati Proganostime

Perawatan gigi

Seorang ortodontis dapat memperbaiki rahang yang menonjol melalui operasi ortognatik. Anda harus mengenakan kawat gigi untuk mendorong gigi Anda bergerak ke posisi baru mereka. Dokter bedah mulut Anda akan mengeluarkan dan memposisikan ulang bagian tulang Anda sesuai kebutuhan. Rahang Anda akan ditahan dengan pelat, sekrup, atau kabel.

Perawatan medis

Dokter Anda dapat mendiagnosis dan mengobati segala kondisi mendasar yang menyebabkan rahang Anda menonjol.

Akromegali dapat diobati dengan operasi mengangkat tumor hipofisis yang menyebabkan produksi hormon pertumbuhan terlalu banyak. Anda mungkin perlu terapi radiasi jika tumornya terlalu besar. Dokter Anda juga dapat meresepkan obat untuk mengendalikan jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan atau memblokir efeknya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda menderita sindrom nevus sel basal, pengobatan tergantung pada bagian tubuh Anda yang terpengaruh dan apakah Anda menderita kanker atau tidak.

Perawatan untuk acrodysostosis melibatkan pendidikan khusus untuk keterbelakangan mental dan perawatan ortopedi untuk masalah tulang.

Apa Yang Terjadi Setelah Pembedahan Korektif?

Setelah operasi rahang korektif, Anda harus mengonsumsi makanan yang telah diberikan sesuai komposisi dari dokter. Obat-obatan dapat memberikan penghilang rasa sakit dan Anda akan dapat kembali bekerja sekitar satu hingga tiga minggu setelah operasi. Rahang Anda akan membutuhkan sekitar sembilan hingga 12 bulan untuk sepenuhnya pulih.

Bagaimana cara Mencegah Prognatisme

Anda tidak dapat mencegah prognathisme karena kondisi genetik, seperti sindrom nevus sel basal. Berkonsultasi dengan ahli genetik jika Anda berencana memiliki anak untuk mengetahui apakah ada kemungkinan untuk meneruskan kondisi tersebut kepada mereka.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit